28 Desember 2016

15 Fakta Menarik Tentang Film Sultan (2016) Yang Tidak Kamu Ketahui


Adapun film ini dibintangi oleh Salman Khan dan Anushka Sharma. Dimana cerita film ini terfokus pada kehidupan dan perjuangan Sultan Ali Khan (Salman), seorang pegulat yang telah memenangkan emas di Olympiade. Tapi, ia kalah telak di arena rumah tangga.

Sukanya Verma dari Rediff.com berkomentar kalau film ini sejatinya cuma mengandalkan imej Salman, yang digandrungi penggemar bollywood. Dari segi cerita, klise, cuma memoles permukaan alias kulitnya saja.

Terlepas dari komentar gak enak Sukanya terhadap film ini, kamu sudah nonton film ini, gak? Nggak! Parah! Rugi banget kalau kamu belum nonton film menginspirasi dan memotivasi gini. Bukan cuma itu, juga seperti film Salman yang lain, menghibur banget. Oleh karena itu, kamu wajib nonton film ini.

Tapi sebelum nonton, simak dulu deh fakta-fakta menarik tentang film Sultan (2016) yang saya percaya belum kamu ketahui. Namun saya jamin, setelah kamu tahu ini, kamu makin kepingin buru-buru nonton film ini segera.

1. Faktanya, Anushka Sharma bukan lah pilihan pertama produser Aditya Chopra untuk aktris utama wanita di film ini.



Lalu siapa? Ternyata pilihan pertama Aditya adalah Parineeti Chopra. Namun, sutradara dan penulis naskah film ini, Ali Abbas Zafar, kurang sreg dengan Parineeti. Sebabnya, dulu ketika ia sedang menulis naskah film ini, yang ada dalam fikiran dan gambarannya yaitu Anushka.

Sekedar informasi : Untuk perannya sebagai seorang pegulat wanita di film ini, Anushka bela belain belajar gulat lho.

2. Aktris senior Rekha dirumorkan akan terlibat dalam film ini sebagai Ibu Salman Khan.



Entahlah! Kenapa Rekha urung terlibat di film ini. Mungkin, hanya Tuhan dan si pak kumis Aditya yang tahu.

3. Mengejutkan, film ini awalnya akan diberi judul Dangal.



Kebetulan, Aamir Khan juga membintangi dan memproduseri film yang diberi judul Dangal dan dirilis bulan desember ini, dimana filmnya mengangkat cerita tentang olahraga gulat.

Oleh karena itu, film ini pun berganti judul jadi SULTAN.

4. Sebenarnya, film ini dirilis bertepatan dengan rilis film Shahrukh Khan, Raees.



Tepatnya, film ini dirilis pada tanggal 6 juli lalu (Hari Raya Idul Fitri). Namun menariknya, ternyata film Raees tunda rilis pada hari yang sama, entah kenapa, tapi mungkin nampaknya Raees tidak siap bentrok dengan Sultan.

Terkonfirmasi, kalau Raees akan dirilis tanggal 25 Januari 2017, bertepatan dengan rilis film Hrithik Roshan, Kaabil.

5. Randeep Hooda memainkan peran pelatih Sultan di film ini, tapi rupanya ia juga bukan pilihan pertama.



Adapun pilihan pertama dijatuhkan kepada Sylvester Stallone, namun ia menolak untuk memainkannya. Selamjutnya, mereka pun mendekati Sanjay Dutt, namun karena Sanjay pada saat itu keburu masuk penjara, maka mereka beralih dan memilih Randeep.

6. Rumornya, aktor muda Arjun Kapoor dipertimbangkan sebuah peran dalam film ini.



Tidak ada yang tahu peran yang mana akan dimainkan Arjun di film ini. Oh What?! Jangan-jangan peran Salman, sebagai pemeran utama pria.

7. Salman menaikkan berat badannya untuk film ini.



Karena tuntutan peran, Salman menaikkan berat badannya di film ini, dari 65 kg ke 95 kg. Selain itu, di film ini ia juga mengubah gaya rambutnya dan berkumis.

8. Kisah Sultan tidak didasarkan pada karakter (orang) pada kehidupan nyata.



Memang, pada tahun 1996, WWE/WWF telah memperkenalkan pegulat profesional bernama "The Sultan", yang belakangan ia lebih dikenal sebagai Rikishi.

Lalu, tahun 2016 ini, Bollywood merilis film SULTAN, namun sebagaimana ditegaskan oleh sutradara film ini, bahwa tidak ada unsur kesengajaan menggunakan nama Sultan dalam film ini dengan karakter kehidupan nyata, artinya ini murni fiksi belaka lho.


9. SULTAN menjadi film kedua Salman dan film bollywood ketiga menembus pendapatan di atas 300 crore.



Adapun filmnya yang pertama menembus pendapatan di atas 300 crore yaitu Bajrangi Bhaijaan.

3 Film Bollywood Yang Menembus Pendapatan Di Atas 300 Crore


1. PK (2014) = 339,50 crore
2. Bajrangi Bhaijan (2015) = 320,34 crore
3. Sultan (2016) = 300,45 crore

(Sumber: koimoi.com)

10. SULTAN menjadi film ketiga Ali Abbas dengan Yash Raj Films (YRF).



Ketiga filmnya di bawah banner YRF, yaitu :  Mere Brother Ki Dulhan (2011), Gunday (2014), Sultan (2016)

11. Farah Khan menggantikan posisi Vaibhavi Merchant sebagai Koreografer Tari dalam film ini.



Kabarnya, Vaibhavi mengundurkan diri dari film ini karena keinginan sendiri. Lalu, pada bulan pebruari 2016, dikonfimasikan kalau Farah telah menandatangani kontrak dalam film ini menggantikan Vaibhavi.

12. Petarung MMA, Tyron Woodley, terlibat dan menjadi lawan Salman di film ini.



Perlu kamu tahu, kalau Tyron adalah seorang petarung dan penantang top kelas berat MMA. Singkatnya, ia adalah salah satu petarung terhebat di dunia ini, yang memiliki banyak knockout dalam MMA.

(Knockout : Kemenangan telak dengan menjatuhkan lawan yang tak sanggup bangkit lagi).

 13. Aakash dan Aman adalah 2 (dua) nama karakter dalam film blockbuster, Saajan (1991), yang diperankan oleh Salman dan Sanjay Dutt.



Dalam film Saajan (1991), Sanjay sebagai Aman, dan Salman sebagai Aakash. Sementara di film ini, Aakash diperankan oleh Amit Shad, temannya Salman. Lalu, Aman adalah nama karakter anak Salman dan Anushka di film ini.

14. SULTAN menjadi film kedua Salman bekerja sama dengan Yash Raj Films (YRF)



Owh! Selama karir 27 tahun Salman di industri bollywood, ternyata baru 2 (dua) kali toh Salman bekerja di bawah banner YRF. Adapun film pertamanya dengan YRF yaitu Ek Tha Tiger (2012).

15. Suzi Khan, penggemar cilik Salman diberikan peran sebagai putrinya di film ini.


Video Suzi yang menangis tersedu-sedu dan bilang cinta Salman setelah menonton film Bajrangi Bhaijaan sempat viral di dunia maya.

Yang akhirnya berbuah manis buat Suzie, dimana ia secara khusus dipertemukan dengan Salman di lokasi syuting film Sultan, dan juga ternyata ditawari peran kecil sebagai putri Salman di film ini.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu, ya. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook atau FOLLOW Twitter kami juga, ya!