23 Fakta Menarik Film Om Shanti Om (2007) Yang Harus Kamu Tahu


Film Om Shanti Om dibintangi oleh Shahrukh Khan, Deepika Padukone dan Arjun Rampal, yang rilis pada tahun 2007 di seluruh bioskop di India.

Dimana film ini disuguhkan oleh Farah Khan (Sutradara) dengan warna yang sangat mencolok. Apakah ini semacam identitas? Sebab, pada film yang terakhir disutradarai Farah, yaitu film Happy New Year (2014), juga warnanya sangat mencolok.

Oke! Tapi apakah kamu tahu fakta - fakta menarik pada saat mau menggarap film Om Shanti Om? Yuk! Simak. 

1. Ternyata, awalnya Farah ingin lebih dahulu menggarap film Happy New Year, dari pada film ini. Bahkan dia sudah memiliki daftar nama aktor dan aktris yang akan membintanginya.

Sebut saja : Shahrukh Khan, Juhi Chawla, Raveena Tandon, Amitabh Bachchan, Manisha Koirala, Sanjay Dutt, Zayed Khan dan Priyanka Chopra.

Namun, sayang ide untuk membuat film Happy New Year tak dapat diwujudkan. Sebab, jadwal para aktor dan aktris yang diinginkannya pada saat itu gak ketemu, atau saling berbenturan.

Baca juga : Sinopsis Singkat Film Om Shanti Om (2007)

2. Oleh karena Farah kepingin banget membuat film. Maka dia terlintas akan naskah film yang sudah lama ditulisnya. Dia buka kembali catatannya, ternyata dia pernah menulis naskah film yang bersetting tahun 70-an. Lantas, mulai lah digarap film ini.

3. Tentu saja, langkah berikutnya mencari komposer musik yang pas untuk film ini dengan setting tahun 70-an. Sebenarnya, produser film ini menginginkan A.R Rahman yang akan menggarap musiknya, lantaran dia dianggap memiliki kemampuan, dan keahlian untuk itu.

Tetapi, karena A.R Rahman dan Produser tak menemukan kata sepakat dalam pembagian royalti. Akhirnya, A.R Rahman urung terlibat dalam film ini.

4. Maka, produser sibuk lagi mencari - cari komposer lain, akhirnya deal dengan Vishal-Shekar, duo komposer handal yang dapat membuat musik jenis apa pun.


5. Sebenarnya, judul film Om Shanti Om diambil dari judul lagu disko bollywood tahun 70-an, salah satu lagu soundtrack film Karz (1980), yang sutradarai oleh Subhash Ghai.

6. Adapun aktor yang menyanyikan lagu Om Shanti Om dalam film ini, diperankan seseorang yang mirip banget dengan Rishi Kapoor.

7. Nama Om Prakash Makhija yang diperankan Shahrukh Khan, diambil dari nama aktor tahun 70-an.

8. Dan Shanti Priya yang diperankan Deepika Padukone - Dream Girl (Gadis Impian) pada tahun 70-an, melekat pada citra Hema Malini.


9. Mobil yang digunakan dalam film Om Shanti Om, adalah milik pribadi Rajesh Khanna dan Hema Malini.

10. Lagu Dard-E-Disco awalnya Farah ingin dinyanyikan Shakira, karena dia sangat tertarik dengan penampilan Shakira. Namun, untuk mengajaknya kerja sama, dan mendatangkannya ke bollywood tak kesampaian, disebabkan jadwal Shakira yang padat saat itu. Farah pun akhirnya mengurungkan keinginannya itu.

11. Farah teringat pernah bernjanji kepada Shahrukh, dimana dia ingin SRK memperlihatkan perut berototnya yang seksi, seperti dalam lagu Jiya Jale – film Dil Se.

Untuk mewujudkannya, Farah pun menyarankan SRK agar melakukan fitnes, membentuk perut six-pack, agar nanti kelihatan fantastis dalam lagu Dard-E-Disco. Lalu, SRK mengikuti saran Farah, berlatih selama hampir 3 bulan, sebelum syuting lagu Dard-E-Disco.


12. Farah juga pernah bermimpi mengumpulkan dan menampilkan aktor Sanjay Dutt, Shah Rukh Khan, Salman Khan, Aamir Khan, dan Saif Ali Khan dalam satu video klip. Sayangnya, Aamir menolak untuk tampil.

13. Aktor senior bolllywood, Dev Anand, juga turut ambil bagian dalam film ini. Lantas dia pun tak percaya dengan penampilannya.

14. Rajesh Kapoor (Ayah Om Kapoor) diibaratkan aktor senior bollywood, Rajesh Khanna, pada tahun 70-an.


15. Awalnya, sebenarnya Vivek Oberai yang ditawarkan untuk memerakan Mukesh Mehra. Sayangnya dia menolak. Farah pun langsung kepikiran dan menawarkan kepada Arjun Rampal. Dan arjun pun bilang ya.


16. Jika kita perhatikan dengan seksama, ternyata dalam lagu Dastaan-E-Om Shanti Om dan hantu Shanti Priya mengenakan baju yang sama, dengan ketika Shanti dibakar hidup - hidup.

17. Pun Farah Khan sekilas nongol dalam video klip lagu Om Shanti Om, sebagai penggemar Om.

18. Menarik, film ini berhasil menampilkan secara spesial para aktor dan aktris bollywood dalam lagu Dewaangi Deewangi, tercatat 30 nama yang tampil lho.

Rani MukherjiKarisma KapoorKajol
Zayed KhanArbaaz KhanPreity Zinta
Vidya BalanMaliaka Arora KhanDobby Deol
JeetendraDino MoreaRekha
Tusshar KapoorAmrita AroraRitesh Deshmukh
Priyanka ChopraJuhi ChawlaSalman Khan
Shilpa ShettyAftab ShivdasaniSaif Ali Khan
DharmendraTabuSanjay Dutt
Shabana AzmiGovindaLara Dutta
Urmila MatondkarMithun ChakrabortySunil Shetty

19. Film ini merupakan kedua kalinya Farah Khan duduk sebagai sutradara - dimana selama ini dia selalu duduk di bangku koreografer - yang pertama film Main Hoon Na (2004).

20. Buat Deepika Padukone, Om Shanti Om merupakan debut filmnya di bollywood.

21. Sebenarnya, suara Deepika di film ini didubbing oleh seniman suara, Mona Gosh Shetty.

22. Mustaq Sheikh menulis sebuah buku yang berjudul "The Making of Om Shanti Om", sehari setelah film ini rilis, yang berisi tentang tetek bengek dengan produksi dan di belakang kamera film ini.

23. Film ini juga didukung sejumlah aktor dan aktris bollywood sebagai cameo, tercatat sebanyak 27 nama lho.

Abishek BachchanDia MirzaV. Manikanda
Akshay KumarFarah KhanKaran Johan
Amisha PatelFeroz KhanPriya Patil
Amitab BachchanGauri KhanRakes Roshan
Arshad WarsiHrithik RoshanRishi Kapoor
Bappi LahiriKoena MitraShabana Azmi
Bipasha BasuMalaika Arora KhanSoumnya Seth
Chunky PandeyMayur PuriSubhash Ghai
Dhananjay SinghVishal DadlaniYash Chopra

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya! ^_^
advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()