21 Fakta Menarik Film Veer-Zaara (2004) Yang Harus Kamu Tahu


Veer-Zaara adalah film drama romantis bollywood yang dibintangi oleh Shahrukh Khan bareng Preity Zinta dan Rani Mukherji, dan dirilis pada tahun 2004.

Banyak orang mengatakan, bahwa Shahrukh dan Preity di film ini lebih dapat chemistry-nya, bila dibandingkan dengan film mereka yang lain, Kal Ho Naa Ho (2003).

Adapun film ini mengangkat kisah cinta 2 insan manusia dari 2 negara, India - Pakistan. Yang mana kedua negara, India - Pakistan, hingga saat ini masih sering berseteru dan bersitegang, namun tidak menyurutkan Yash Chopra (Sutradara) untuk membuat film ini.

Veer Pratap Singh - diperankan Shahrukh Khan - seorang pria berkebangsaan india, berprofesi sebagai Pilot Angkatan Udara India, bertugas dalam misi penyelamatan para korban kecelakaan bus yang terjun bebas ke jurang.


Dan dalam upaya menyelamatkan korban terakhir, seorang wanita cantik nan rupawan, bernama Zaara Hayat Khan - diperankan Preity Zinta -  berkebangsaan Pakistan.

Sebuah awal pertemuan yang tidak biasa.

Lalu, bagaimana kisah selanjutnya? Tonton aja ya, dimana film ini sudah sering tayang di TV kok. Tunggu aja tanggal mainnya.

Sih tak dapat dimungkiri kalau film ini berhasil mengaduk emosi para penonton. Bagaimana tidak teraduk sih? Menyaksikan perngorbanan Veer dan Zaara dalam mempertahankan CINTA mereka. Betul tidak?

Baca juga : Sinopsis Singkat Film Veer Zaara (2004)

Jelas, sebenarnya ini merupakan keberhasilan dari para pemain dalam film ini, yang sangat apik memainkan perannya masing – masing.

Pantes saja lah, wong Shahrukh, Preity dan Rani sudah pernah menyabet trofi "Aktor dan Aktris Terbaik", maka dijamin mereka sangat berkualitas dalam berakting.

Oke, apa sih fakta – fakta menarik di seputar pembuatan film Veer-Zaara?

1. Film Veer Zaara dibuat dengan setting yang sangat jauh dari imej modern dan kebarat – baratan.

Sehingga Yash juga menginginkan jenis musik yang menjadi soundtrack film ini beraliran klasik, dengan irama kuat dan musik akustik ringan nan merdu, yang dapat mencerminkan nuansa film Veer-Zaara.

Maka untuk mewujudkannya, Yash dibantu anaknya, Aditya Chopra, memilih beberapa koleksi dari Madan Mohan yang berjumlah ratusan lagu untuk disortir, lalu terpilih lah 11 lagu yang sesuai dengan film ini.


2. Sebenarnya Yash sudah menetapkan judul film ini "Yeh Kahan Aa Gaye Hum", tapi belakangan Yash merasa judul tersebut kurang cocok untuk film ini, padahal Yash sangat menyukainya.

Faktanya, ketika film ini sudah di atas meja Lembaga Sensor Film India, baru lah Yash menemukan judul yang pas untuk film ini, yakni Veer-Zaara, diambil dari nama para tokoh utamanya.

Menarik, meski film ini tidak jadi berjudul "Yeh Hum Aa Gaye", akan tetapi Yash tetap memasukkan judul tersebut dalam salah satu lagu di film ini, 'Yeh Hum Aa Gaye Yeh Kahan'.

3. Adapun karakter Samiya Siddiqui - diperankan Rani Mukherji - terinspirasi seorang aktivis dari Pakistan yang menjadi pengacara terkenal di negaranya bernama Asma Jehangir. Pun sebenarnya peran Samiya sendiri awalnya untuk Aishwarya Rai Bachchan, namun Yash tak berhasil membujuknya.


4. Amitabh Bachchan menyarankan penyanyi Gurdas Mann kepada Yash Chopra untuk menyanyikan lagu "Lodi", karena menurut Amitabh suara Mann sangat cocok dengan dirinya.

Pun sebenarnya lagu 'Aisa Des Hai Mera' diambil dari lagu soundtrack film Naya Daur (1957) yang berjudul 'Yeh Des Hai Veer Jawaano Ka'.


5. Meskipun Pakistan – India sering berseteru, dan film ini sengaja mengangkatnya ke layar lebar, nyatanya para pecinta film Bollywood tetap berbondong - bondong mendatangi bioskop untuk menonton Veer-Zaara.

6. Sebenarnya perjalanan bus antara Amritsar - Lahore sebelumnya memang tidak pernah ada. Namun, karena film ini membuat seolah – olah ada, maka para biro perjalanan (travel) membuka jalur Amritsar - Lahore pada 20 Januari 2006, 2 tahun setelah Veer-Zaara rilis.

7. Pasangan suami – istri, Anupam Kher dan Kirron Kher sama – sama terlibat dalam film Veer-Zaara, namun mereka tidak pernah dalam satu frame.


8. Hrithik Roshan sangat menyukai film Veer-Zaara, mengingat dia dan mantan istrinya, Sussanne Khan, memiliki kesamaan kisah cinta dengan film ini, namun memang tidak sampai setragis Veer.

9. Karan Johar yang merancang semua kostum Shahrukh Khan. Sementara untuk kostum Preity dan Rani, dipersiapkan selemari penuh pakaian cantik oleh Manish Malhotra.

10. Adegan dalam penjara dilakukan dalam satu hari. Dimana dalam adegan ini, Shahrukh memakai wig untuk menyesuaikan usia Veer yang sudah tua.


11. Adapun Yash memutuskan memilih Preity Zinta karena sifat Preity yang tomboy, manja dan juga kebarat-baratan.

12. Anil Mehta mempercantik tampilan film ini dengan sengaja memberikan efek warna sepia. Hal ini bertujuan mengenang masa lalu dan memberikan nuansa oldies. Ide Anil Mehta ini kemudian ditiru banyak sinematografer lainnya.

13. Maati, yang diperankan Hema Malini memanggil Veer dengan Veeru. Hema melakukannya karena dia teringat kembali aktingnya dalam film Sholay (1975) bareng suaminya (Dharmendra), yang mana Hema memanggilnya dengan Veeru.

14. Film ini banyak meraih penghargaan bergengsi di India, termasuk "Most Popular Film" di ajang National Film Awards. Dan menyabet penghargaan "Best Film" di ajang Filmfare Awards.

15. Catatan laporan addatoday.com kalau film ini berhasil meraup pendapatan sebanyak 40 crore, dan menjadi film bollywood terlaris tahun 2004.

16. Gala premier film Veer-Zaara di Negeri Perancis diselenggarakan pada tanggal 26 April 2006, di The Grand Rex, teater terbesar di Perancis.


17. Rupanya, Veer-Zaara diputar di Festival Film Berlin, dimana film ini mendapatkan renspon dan komentar yang bagus dari penonton.

18. Adapun DVD film ini dirilis Yash Raj Film pada tanggal 6 Juni 2005, dan dalam paket penjualannya para pembeli akan mendapatkan 2 Disc. Yang mana Dics 1 berisi film ini, terus Disc 2 berisi beberapa fitur spesial, semisal adegan yang dihapus di film ini.

Video Adegan - Adegan Yang Dihapus Di Film Veer-Zaara


19. Sebenarnya, Veer-Zaara adalah film ketiga Shahrukh bermain film bareng dengan Preity Zinta, sebelumnya mereka pernah main bareng di film Dil Se (1998) dan Kal Ho Naa Ho (2003).


20. Sama seperti film Yash lainnya, di film ini Aktor Utama (Hero) dan Aktris Utama (Heroin) berlari menuju satu sama lain dari arah yang berlawanan, untuk memberikan pelukan yang erat dan bergairah.

Selain itu, ciri khas filmnya, banyak linangan air mata, hujan yang mengguyur tiba - tiba dan chemistry yang sensual dari pemain utama.

21. Adegan paling romantis di film ini menurut banyak penonton, yakni ketika Veer dan Zaara menyeberangi sungai, naasnya kaki kanan Zaara terperosok karena kayu jembatan yang sudah rapuh banget.

Sehingga menyebabkan kakinya keseleo dan tak kuat berjalan kaki lagi. Lantas, Veer dengan sikap gentle-nya, menggendong Zaara.

Oleh penonton percaya itu lah momen benih - benih cinta mulai bersemi dalam ladang hati mereka.

Video Adegan Paling Romantis Di Film Veer-Zaara


Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya! ^_^
advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()