24 Mei 2015

Nah! Ini Dia 9 Cara Shahrukh Khan Jadi Kaya Raya

Shahrukh Khan berhasil menempatkan namanya sebagai Aktor Terkaya Kedua di dunia, mengalahkan nama-nama besar Hollywood seperti Tom Cruise, Tom Hanks, Clint Eastwood atau Adam Sandler perihal kekayaan dan status. Laporan Wealth-X mengkalkulasikan kekayaan SRK ditaksir USD 600 Juta.


Kita tahu dia bukan saja seorang aktor hebat, produser atau host televisi tetapi juga pemilik salah satu Tim Kriket IPL. Dia pandai, cerdik dan memiliki kecerdasan bisnis mumpuni. Baik itu film, endorse ataupun bisnis patungan, apapun yang SRK sentuh jadi emas.

Nah! Ini dia 9 cara Shahrukh jadi kaya raya.


1. Ide Inovatif


Ketika sebuah film baru akan rilis, aktivitas promosi selalu mengambil gumpalan besar dari kantong belanja anggaran. Mengadakan konferensi pers dari kota ke kota atau jamuan makan siang. Kegiatan promosi ini sangat penting untuk kesuksesan sebuah film.

Tetapi bagaimana sih cara membuat promosi menjadi lebih menarik sehingga mendapatkan hasil sebesar - besarnya? Itulah persis yang Shahrukh Khan lakukan ketika mempromosikan film Happy New Year - yang rilis Hari Raya Diwali 2014.

Laporan Mumbai Mirror menyebutkan bahwa dari pada sekedar meminta para pemain film memberikan sesi wawancara dan foto. SRK sudah mempunyai sebuah rencana permainan baru di dalam pikirannya. Adapun itu mengadakan pertunjukkan ke seluruh dunia dengan para pemain film termasuk Deepika Padukone, Abishek Bachchan, Sonu Sood dan Boman irani sebelum rilis film.

Disebut “Slam! The Tour”, SRK dan timya tampil di US dan UK. Organisator dan promotor “SLAM! Of The Tour” berhasil menyedot banyak keramaian sehingga setiap pertunjukkan dilaporkan diperkirakan meraup 7 crore.

2. Endorse 


Dari endorse minunam dingin, mobil bahkan krim pelembab, tak seorang pun yang bisa mengalahkan Shahrukh Khan di dunia periklanan. Rupanya baru - baru ini dia sudah mengantongi 20 crore nilai kesepatan untuk endorse merek Pan Masala. Digembar – gembor salah satu kesepakatan endorse paling mahal yang ditandatangani oleh aktor bollywood.

Sebenarnya King Khan endorse begitu banyak brand atau merek yang sudah jadi miliknya, ‘BRAND SRK’. Dia sangat populer di dunia periklanan, sepertinya dia mampu menghubungkan kedua kelas (film dan iklan) sebaik - baiknya. Kehangatannya dan kepribadiannya berhasil membuatnya jadi favorit di dunia periklanan. Juga dia telah berhasil membuat gambaran dirinya sendiri lebih menarik lagi.

3. Jual Hak Siar 


Shahrukh adalah seorang pembuat film cerdik. Dia tahu bahwa lebih banyak penonton yang tidak bisa menonton film di Bioskop. Makanya jika film sudah tayang di TV tak ada lagi cara mereka untuk mengabaikannya. Oleh karena itu ide SKR pada saat rilis film Chennai Express sangat luar biasa sekali di Box Office, SRK menjual hak siar film tersebut kepada Zee Entertainment sebesar 40 Crore.

Menurut laporan TOI bahwa SRK juga sudah sepakat dengan stasiun TV tersebut jika film ini menembus angka 100 crore, mereka akan mendapat lebih banyak uang untuk penjualan hak siar. Menarik, ini untuk pertama kalinya pernah hak siar film terjual dengan pra kondisi seperti itu. Seorang sumber menambahkan bahwa SRK terlibat dalam setiap area pemasaran dan branding film tersebut.

4. Tampil Di Pesta Pernikahan 


Tak mudah meminta King Khan menari dan tak seorang pun tahu lebih baik daripada pengusaha atau politisi yang membayar Shahrukh Khan dalam jumlah crore untuk tampil di pesta pernikahan keluarga mereka.

Berita Mumbai Mirror menyebutkan bahwa bayaran King Khan sekitar USD15 ribu tampil untuk sebuah pesta biasa dan hampir 8 crore pada pesta pernikahan. Sebenarnya, berita ini muncul karena dia memberikan 30 menit pertunjukkan pada pesta pernikahan kalangan atas di dubai tahun lalu.

Bisa saja dikatakan bahwa SRK menikmati memonopoli jenis ini, sebagaimana Salman Khan dianjurkan agar tidak menari karena kondisi kesehatannya, sedangkan Aamir dan Saif tidak suka tampil. Oleh karena itu dia mendapat bayaran yang dia minta.

Dan ternyata seperti yang diberitakan Mirror bahwa dia mendapat sekitar 250 undangan untuk tampil atau perform di pesta pernikahan pada tahun 2012 tetapi hanya 10 saja yang dipenuhi. Artinya, dia mudah saja menghasilkan 80 crore tiap tahun dari cuma tampil pada pesta pernikahan kalangan atas.

5. Strategi Pemasaran 


Ketika menyangkut promosi film dan strategi pemasaran, Shahrukh juga tak terkalahkan. Dan ini sudah dibuktikan atas sukses luar biasa film Happy New Year tahun 2014 lalu. Dia berhasil memperkenalkan konsep kampanye promosi yang lebih besar sebelum dan sesudah film rilis.

SRK melakukan semuanya, tour ke tiap kota, mengadakan konferensi pers dan mendatangi acara Reality Show di televisi. Bahkan ide 1 tiket gratis dalam pembelian 2 tiket di Delhi salah satu strategi SRK. Dia juga mengambil keuntungan dari kehebohan film tersebut dengan menaikkan harga tiket sebelum rilis film. Meskipun 10 rupee per tiket saja tetapi sangat berdampak besar pada pendapatan total film tersebut.

6. Investasi Cerdas 


Shahrukh menilai uang dan kerpercayaan dalam investasi dengan cerdas. Dia sudah menginvestasikan uangnya bidang properti di penjuru dunia, sebuah Tim IPL dan Rumah Produksi Red Chilli Entertainmet. Sebuah Laporan Mid Day menyebutkan King Kan telah berinvestasi pada Imagination Edutainment India Pvt Ltd.

Sebuah bisnis waralaba lokal, KidZania, jaringan global taman bermain anak – anak dalam ruangan atau gedung. Dengan berinvestasi cerdas, SRK tahu dia bukan akan hanya mendapatkan keuntungan lebih besar tetapi juga mampu menggandakan uangnya.

7. Persentase Keuntungan Film 


Meskipun Shahrukh bukanlah satu – satunya aktor yang meminta persentase keuntungan dari sebuah film yang dibintangi, dia merupakan salah satu dari sedikit aktor yang memulai trend ini. Sementara Aamir Khan dilaporkan mengklaim 33 persen keuntungan film Dhoom 3.

Shahrukh lebih dari itu. Berita TOI menyebutkan bahwa dia mendapat persentase yang sangat besar keuntungan film Vishal Bhardwaj yang diproduseri Sajid Nadiawala. Rumor menyebutkan setidaknya di mendapat sekitar 60% keuntungan.

8. Acara TV 


Kamu akan terkejut jika mengetahui bahwa Shahrukh memulai karirnya dari Opera Sabun Fauji dan Circus, dia termasuk diantara aktor televisi bayaran tertinggi saat itu.

Setelah menguasai Box Office, SRK akan terjun lagi ke TV sebagai Host pada 3 Reality Show : Kaun Banega Crorepati Season 3, Kya Aap Paanchvi Se Tez Hain? Dan Zor Ka Jhatka : Total Wipeout. Pastinya SRK dibayar di 3 acara tersebut. Laporan TOI menyebutkan pada tahun 2011, dia dibayar 2,5 crore di Zor Ka Jhatka, adaptasi reality show Amerika, Wipeout. Dilihat dari penghasilan ini saja, maka tak heran SRK aktor terkaya di India.

9. Haus Ilmu Pengetahuan 


Shahrukh memiliki nafsu sangat besar pada ilmu pengetahuan. Dia cinta membaca. Dia salah satu yang paling update yang tahu informasi di industri film. Ruang kerjanya dipenuhi buku dari berbagai bidang ilmu pengetahuan. Dia sengaja membuat seperti itu agar tetap dapat mengikuti berita terbaru dan pengetahuan dari manfaat buku.

Dan satu hal yang mesti kita tahu, bahwa King Khan dikenal sebagai aktor pekerja keras yang mencintai pekerjaannya.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook dan Twitter kamu. Dan Jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya! ^_^