7 Film Bollywood Terlaris Sepanjang Masa Di Luar India Yang Wajib Banget Kamu Tonton

Fantastis! satu kata yang pas buat Aamir Khan. Dia bukan saja menjadi Raja Box Office di pasar domestik atau India. Tetapi di luar India atau pasar internasional dia juga pantas diberikan atau dianugerahi gelar tersebut. Lagipula, di luar India hanya 2 aktor ini yang ngotot ingin mengkudeta gelar tersebut darinya yaitu Shahrukh Khan dan Salman Khan.

Bayangkan saja dari 7 kursi film Bollywood terlaris sepanjang masa di luar india. Film Aamir Khan menduduki 3 kursi yang tersedia. Sementara sisanya diduduki oleh film Shahrukh sebanyak 3, Salman dapat jatah 1 kursi. Fakta ini membuktikan bahwa baik Aamir, Shahrukh dan Salman adalah aktor bollywood yang paling dikenal di luar India, sehingga film mereka laris manis.

Lantas fiilm Aamir, Shahrukh dan Salman manakah yang telah dapat mencuri perhatian penonton di luar India? Dan berapakah jumlah pendapatan yang diperoleh masing - masing film tersebut?

Yuk! Simak 7 film Bollywood terlaris sepanjang masa di luar India.

1. PK (2014) -  47 Juta USD


Fenomemal! Satu kata yang pas buat film Aamir yang satu ini. Film PK bukan saja menguasai Box Office domestik atau India. Tetapi juga menguasai pangsa pasar di luar India. Menurut laporan dari koimoi.com, film PK berhasil meraup pendapatan sebesar USD 38 juta dari hasil penanyangannya di luar India atau pasar internasional. 

Di amerika utara (Amerika dan Kanada) saja, film PK berhasil meraup USD 10 juta. Sehingga menjadi film Bollywood yang pertama meraih jumlah sebanyak itu dalam sejarahnya. Lalu, angka USD 38 juta rupanya baru jumlah sementara. Jumlah ini belum ditambahkan dengan pendapatan film PK dari hasil penanyangannya di negeri Cina baru - baru ini. Pun hasilnya telah didapatkan sehingga film ini berhasil meraup pendapatan USD 47 juta.

Seperti yang kita tahu kalau film PK disutaradarai Rajkumar Hirani, yang juga bertindak sebagai produser dibantu Vidhu Vinod Chopra. Bahkan skenario film ini ditulis oleh Hirani yang berkolaborasi dengan Abhijat Joshi. 


2. Bajrangi Bhaijaan (2015) - 29 Juta USD


Rupanya film ini tidak hanya bekerja sangat ajaib di Box Office domestik atau India. Tak dinyana film ini juga sangat disukai di luar india, sehingga para penonton memadati bioskop, yang tentu saja berimbas terhadap pendapatan film ini.

Lantas dari hasil penayangannya di luar India, sesuai catatan dari Koimoi film ini berhasil meraup pendapatan sebanyak USD 29 Juta. Benar - benar sangat ajaib, bukan?

Sekilas saja, film ini dibintangi Salman Khan, Kareena Kapoor, Nazawuddin Siddiqui dan si cute yang telah mencuri perhatian penonton, Harshsaali Malholtra.

Maka sepanjang karir Salman di industri film bollywood, inilah film terlaris dan tersuksesanya.

3. Dhoom 3 (2013) - 28 Juta USD


Lagi, film Aamir Khan, Dhoom 3, mampu merebut posisi ke-3 film Bollywood terlaris sepanjang masa di luar. Dhoom 3 berhasil meraup pendapatan sebesar USD 28 juta dari hasil penanyangannya di bioskop di luar India.

Yash Raj Film boleh berbangga diri yang telah memproduksi film ini. Karena film ini telah masuk dalam catatan sejarah yang luar biasa. Maka kemungkinan besar Yash Raj Film akan membuat sekuel  ke-4 film ini, Dhoom 4.

Yang tentu saja berambisi merebut kembali posisi pertama yang sempat mereka kenyam selama hampir setahun. Terhitung rilis film ini, tepatnya 22 desember 2013 lalu. Namun, kemudian harus rela berpindah duduk ke posisi ke-2 pada tanggal 19 desember 2014 lalu, dimana film PK mengambil kursi posisi pertama.

Tetapi buat Aamir Khan sendiri, ini merupakan pembuktian yang tak terbantahkan bahwa hanya dia sendiri yang bisa mematahkan rekor yang pernah dibuatnya.

4. 3 Idiots (2009) - 26 Juta USD


Bravo! Posisi 1, 3 dan 4 berhasil diduduki film Aamir Khan. Sehingga situasi ini akan sangat menyulitkan buat aktor bollywood lain yang ingin mengambil kursi kekuasaan dari Aamir. Lantaran bila kita lihat jumlah pendapatan yang telah dikumpulkan oleh film Aamir, PK, sebesar USD 47 juta.

Dhoom 3, sebesar USD 28 Juta. Dan sedangkan film Aamir yang berhasil duduk di posisi ke-4 ini, 3 Idiots, meraup pendapatan sebesar USD 26 Juta. Angka - angka ini jumlahnya sangat besar, bukan?

Film ini termasuk fenomemal juga karena sempat bertahan selama 3 tahun bertengger dengan nyantainya di posisi pertama film bollywood terlaris sepanjang masa. Itu pun baik di pasar domestik atau di luar India.

Rekor film ini baru bisa dipatahkan oleh film Aamir yang lain, Dhoom 3, pada tahun 2013 lalu di luar India. Tetapi untuk pasar domestik rupanya sudah dapat dipatahkan oleh film Shahrukh, Chennai Express dan film Salman, Kick.

5. My Name Is Khan (2010) - 23 Juta USD


Sebenarnya film My Name Is Khan kurang laku di India dibandingkan film Shahrukh yang lain. Tetapi di luar India film ini menjadi film Shahrukh yang paling diminati. Yang telah mampu menghasilkan uang lumayan gedek, sebesar USD 23 juta.

Film My Name Is Khan dirilis pada tanggal 12 pebruari 2010 lalu. Di film ini dia dipasangkan dengan Kajol. Film ini merupakan hasil produksi kolaborasi antara Dharma Productions, milik keluarga Karan Johar (Sutradara) dengan Red Chillies Entertainment, milik Shahrukh Khan. Dimana istrinya, Gauri Khan, sebagai CEO-nya.

Film My Name Is Khan mendapat respon positif di Amerika Serikat oleh para kritikus film di sana. Sebagaimana yang sudah kita saksikan bahwa My Name Is Khan bersetting di negeri Paman Sam yang mengangkat tema kondisi atau situasi kehidupan bermasyarakat kaum muslimin di sana, khususnya Rizwan Khan (Shahrukh Khan), pasca tragedi pengemboman WTC atau tragedi 9/11.

6. Dilwale (2015) - 22,5 Juta USD


Mengecewakan, di India film ini ternyata jauh dari harapan semua orang. Tak disangka film yang digadang - gadang akan memecahkan rekor ini terseok - seok di sirkuit pasar domestik atau India. Menurut catatan dari Koimoi, film ini hanya mampu meraup pendapatan sebesar 148 crore di pasar India. Kalah jauh dari film Bajirao Mastani yang sama - sama rilis, dimana Bajirao Mastani berhasil meraup pendapatan sebanyak 184 crore.

Namun, di pasar luar India atau International ternyata lain cerita pula. Film ini laris manis di pasaran dan tentu saja meng-KO-kan film Bajirao Mastani. Hal ini membuktikan kalau Shahrukh benar - benar terkenal di luar India. Laporan dari Koimoi film ini berhasil meraup pendapatan sebanyak USD 22, 5 juta.

7. Chennai Express (2013) - 19 Juta USD


Dengan pendapatan USD 19 Juta dari hasil penanyangannya di luar India film Chennai Express berhasil merangsek masuk di posisi terakhir dalam daftar 7 film Bollywood terlaris sepanjang masa di luar India.

Shahrukh Khan sepatutnya dapat berbangga sebab berhasil menduduki 3 tempat duduk, posisi 5,6 dan 7. Lantas jika daftar ini dibuat menjadi 10 film Bollywood terlaris sepanjang masa di luar India. Shahrukh berhasil menempatkan 5 filmnya duduk di kursi dalam daftar.

Ada pun filmnya yang paling diminati dan laris manis di luar India selain My Name Is Khan, Chennai Express dan film Dilwale (2015) yaitu Jab Tak Hai Jaan (2012), dan Happy New Year (2014).

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya! ^_^
advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()