20 Juni 2015

5 Film Bollywood Terlaris Tahun 2006 Yang Wajib Kamu Tonton

Fakta sejarah membuktikan dari tahun 1995 s/d 2014 kancah Box Office India selalu didominasi oleh ketiga Khan : Salman Khan, Shahrukh Khan dan Aamir Khan. Mereka biasanya saling sikut - sikutan dan bergantian menaiki podium pertama film terlaris setiap tahunnya.

Berikutnya, juga fakta sejarah membuktikan kalau cuma 2 aktor ini yang mampu menyerobot podium pertama dari ketiga Khan. Mereka adalah Sunny Deol - yang berhasil menyerobot 2 kali, tepatnya pada tahun 1997 dan 2001. Lalu, Hrithik Roshan - yang berhasil menyerobot podium pertama pada tahun 2000, 2003 dan 2006.

Wow! Rupanya Hirthik telah berhasil menaiki podium pertama sebanyak 3 kali. Sebuah pencapaian yang sangat luar biasa, bukan? Oleh sebab itu dia digadang - gadang satu - satunya ancaman yang sangat serius buat mereka, dimana kini Sunni sudah menua dan jarang ikut lomba.

Apalagi, usia Hrithik masih terpaut beberapa tahun lebih muda dari ketiga Khan. Sehingga perjalanan karirnya tentu saja masih panjang di Bollywood. Maka dari itu, dia diprediksi bakalan berpeluang besar mematahkan semua rekor yang telah dibukukan oleh ketiga Khan.

Hal ini bukan tidak mungkin buat Hrithik. Bila kita mengamati sejarah yang telah dia torehkan di kancah Box Office. Walapun memang bukan tidak mungkin juga sih aktor yang lebih muda dari Hrithik berpeluang menerobos dan menyerobot pula. Misalnya, Ranbir Kapoor dan Shahid Kapoor. Mungkin?

Oke! Yuk! Kita kembali saja pada topik 5 Film Bollywood terlaris tahun 2006. Film siapa saja?

Baca juga : 5 Film Bollywood Terlaris Tahun 2005

1. Film Dhoom 2 : Hrithik Roshan dan Aishwarya Rai 



Fantastis! untuk yang ketiga kalinya Hrithik Roshan berhasil menyerobot podium pertama dari ketiga Khan. Dhoom 2 yang dibintangi Hrithik bersama aktris cantik Bollywood, Aishwarya Rai. Dan Bipasha Basu, Abishek Bachchan serta Uday Chopra melaju sangat kencang dalam perlombaan kali ini. Film yang termasuk bergenre aksi ini berhasil meraup pendapatan sebanyak Rs 80 crore, sehingga dideklarasikan Blockbuster dan dinobatkan film terlaris tahun 2006.

Dhoom 2 telah berhasil membuat penonton menyukainya. Juga mampu menarik para kritikus untuk memberikan penilaian dan komentar positif terhadap film ini. Sebagaimana Taran Adarsh dari Bollywood Hungama memberikan 4,5 bintang untuk film ini.

Ethan Alter dari Film Journal International berkomentar kalau Dhoom 2 dengan anggaran besar tentu saja bisa menampilkan nama - nama aktor besar, tempat - tempat yang eksotis dari berbagai negara dan musik yang glamour.

2. Film Lage Raho Munna Bhai : Sanjay Dutt dan Vidya Balan 



Ada pun film yang berhasil menaiki podium kedua adalah Lage Raho Munna Bhai. Film yang dibintangi oleh nama - nama yang sudah lama malang melintang di Bollywood ini, sebut saja Sanjay Dutt, Arshad Warsi, Vidya Balan, Boman Irani dan Dia Mirza, berhasil meraup pendapatan sebanyak Rs 71 crore.

Film ini termasuk bergenre drama komedi, disutradari Raj Kumar Hirani dan dirilis pada tanggal 1 september 2006. Film ini juga tak luput dari penilaian dan komentar para kritikus. Namun menarik, film ini ternyata tidak hanya menjadi perhatian para kritikus di India, tetapi banyak kritikus di luar India mengulas film ini.

Salah satunya Phelim O'Nell dari The Guardian memberikan 4 bintang untuk film ini sekaligus mengkomentari bahwa kebanyakan film komedi produksi barat rasanya hambar dan tak menggigit, namun film ini memiliki pesan yang sarat perdamaian dan kita jangan lupa pula bila film ini juga sangat megah.

3. Film Krrish : Hrithik Roshan dan Priyanka Chopra



Gila! Ternyata Hrithik Roshan berhasil menempatkan 2 filmnya sekaligus dalam daftar 5 film Bollywood terlaris tahun 2006. Kali ini Hrithik benar - benar menguasai perlombaan. Padahal di tahun 2006 Shahrukh dan Aamir juga merilis sebanyak 2 judul film. Dimana Shahrukh merilis film Kabhi Alvida Naa Kehna dan Don.

Sedangkan Aamir Khan merilis film Faana dan Rang De Basanti. Apalagi Salman merilis hingga 4 film sekaligus diantaranya Shaadi Karke Phas Gaya Yaar, Sawa....The Love Season, Jaan-E-Mann dan Baabul. Namun, film mereka tak dapat berbuat banyak sepanjang perlombaan kali ini.

Berapa pendapatan film Krrish? Menurut perhitungan para analisis perdagangan film Bollywood, Krrish berhasil meraup pendapatan sebesar Rs 69 crore. Sehingga film ini dideklarasikan Blockbuster di kancah Box Office domestik atau India tahun 2006.

Lantas bagaimana penilaian dan komentar kritikus film? Taran Adarsh dari Bollywood Hungama memberikan 4,5 bintang untuk film ini. Baik Raja Sen dan Sukanya Verma dari Rediff cuma memberikan 3 bintang.

Beberapa kritikus dari luar India juga mengkomentari film ini. Salah satunya Laura Kern dari The New York Times menyebut film ini campuran dari kisah cinta yang riang dan pertunjukkan aksi yang memukau.

4. Film Fanaa : Aamir Khan dan Kajol  



Aamir harus puas dapat menempati podium keempat tahun 2006. Film Fanaa yang dibintanginya bersama Kajol hanya dapat meraup pendapatan sebanyak Rs 52 crore. Terpaut jauh dari film yang menempati posisi 3, apalagi posisi 1 yaitu film Dhoom 2. Film ini termasuk genre drama kriminal romantis, yang disutradarai oleh Kunal Kohli, di bawah naungan label Yash Raj Film.

Meskipun barangkali Aamir kecewa tak dapat mengalahkan Hrithik, tetapi setidaknya dia dapat mengalahkan seteru abadinya, Shahrukh Khan, yang sama - sama merilis 2 judul film pada tahun 2006.

Namun, baik Aamir atau pun Shahrukh melempem dan tak dapat berbuat banyak. Apalagi, Salman terseok - seok jauh dibelakang dengan keempat filmnya. Lantaran posisi ke-5 film Bollywood terlaris tahun 2006 ternyata berhasil direbut film Shahrukh, Don.

Baca juga : 5 Film Bollywood Terlaris Tahun 2004

5. Film Don : Shahrukh Khan dan Priyanka Chopra  



Don berhasil merebut podium kelima film bollywood terlaris tahun 2006. Dengan perolehan pendapatan sebanyak Rs 51 crore. Film ini kita tahu selain dibintangi oleh King Of Bollywood, Shahrukh Khan, juga dibintangi Priyanka Chopra, Arjun Rampal, Isha Koppikar, Om Puri dan Kareena Kapoor sebagai cameo dalam film ini.

Film ini merupakan remake dari film yang rilis pada tahun 1978 dengan judul yang sama, dibintangi oleh Amitab Bachchan. Seperti biasa, semua film yang dirilis selalu dinilai dan dikomentari oleh para kritikus.

Hal ini sangat baik, agar para pembuat film jangan hanya sekedar bikin film yang tak bermutu alias film sampah. Namun, memang pada akhirnya keputusan mutlak berada di tangan masing - masing penonton. Mau menonton film bagus atau jelek? Terserah sih!

Salah satu kritikus yang menilai dan mengkomentari film ini adalah Mayank Shekhar dari Mumbai Mirror yang memberi 4 bintang. Walau dia mempertanyakan apa saja yang dibutuhkan seperlunya untuk membuat sebuah film remake. Sebab katanya kita tidak ingin membayar tiket untuk menonton film yang pernah kita saksikan, kan?

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya! ^_^