18 Juni 2015

5 Film Bollywood Terlaris Tahun 2008 Yang Wajib Kamu Tonton

2008 adalah tahun bersejarah buat Aamir Khan dan mungkin perfilman Bollywood juga. Sebab dia berhasil membuat sejarah baru di box office, karena filmnya tercatat terlaris sepanjang masa.

Makanya, Aamir pantas meyombongkan diri kepada semua aktor bollywood. Karena dia telah membuktikan mampu mencetak rekor berpendapatan Rs 100 crore dan malah lebih, tepatnya Rs 114 crore dengan filmnya, Ghajini.

Walau pada tahun yang sama kita tahu juga Shahrukh Khan merilis satu buah film baru drama romantis yang berjudul Rab Ne Bana De Jodi. Tetapi nampaknya Rab Ne Bana Di Jodi tak dapat berbuat banyak dan masih kalah jauh dalam hal pendapatan dengan film Ghajini.

Oleh karena itu, Shahrukh harus mengakui kalah kepada Aamir. Begitu juga dengan Akshay Kumar, Saif Ali Khan dan Hrithik Roshan yang juga merilis film pada tahun 2008. Harus mengangkat kedua tangan mereka sebagai tanda menyerah kepada Aamir.

Oke! Kita sudah tahu sang juara yaitu Aamir Khan dengan filmnya, Ghajini, sebagai film Bollywood terlaris tahun 2008. Lalu, diantara Shahrukh, Saif dan Hrithik, siapa yang berhasil menempati posisi ke-2? Penarasan? Yuk! Kita simak saja 5 film Bollywood terlaris tahun 2008.

Baca juga : 5 Film Bollywood Terlaris Tahun 2007

1. Film Ghajini : Aamir Khan dan Asin



Film Ghajini telah mentorehkan sejarah baru perfilman Bollywood yang berhasil meraup pendapatan Rs 100 crore di pasar domestik atau India. Wow! Ternyata Aamir yang dapat melakukannya. Bukannya Shahrukh, Salman atau pun Hrithik. Sehingga mereka sebaiknya harus mengakui kehebatan dan ikhlas mengangkat Aamir sebagai Raja Box Office di pasar domestik.

Ghajini adalah sebuah film bergenre Thriller (Cerita Seru) Psikologi yang dirilis tepatnya pada tanggal 25 desember 2008 di seluruh bioskop India. Tetapi apakah kamu tahu kalau film Ghajini remake dari film Telugu dengan judul yang sama? Iya, Ghajini ternyata film remake.

Jika dalam versi telugu film ini dibintangi Surya Sivakumar. Sedangkan versi Bollywoodnya sebagaimana yang kita tahu film ini dibintangi Aamir Khan bersama pemeran utama wanita yang tetap sama. Baik versi tegulu mau pun versi bollywood yaitu Asin.

Walau berhasil menorehkan sejarah baru perfilman Bollywood, tetapi film ini masih mendapat penilaian rendah dan komentar negatif dari beberapa kritikus film. Contohnya, Gaurav Malani dari India Times yang hanya memberi 2 bintang untuk film ini.

Hindustan Times juga yang mengulas film ini hanya memberi 2 bintang. Sedangkan Raja Sen dari rediff sedikit berbaik hati dengan memberi 2,5 bintang. Lalu, berkomentar kalau penyesalan salah satu emosi yang dapat menguasai kita.

2. Film Rab Ne Bana Di Jodi : Shahrukh Khan dan Anushka Sharma



Dan ternyata yang berhasil merebut posisi 2 film Bollywood terlaris tahun 2008 yaitu film Rab Ne Bana Di Jodi. Kita tahu film ini dibintangi Shahrukh Khan dan si cantik, Anushka Sharma. Film ini termasuk genre komedi romantis. Sedangkan yang bertindak sebagai sutradara dan produser ditangani oleh Aditya Chopra di bawah naungan Yash Raj Film.

Lantas berapa pendapatan film Rab Na Di Jodi sehingga menempati posisi 2? Seperti yang dilansir situs adda today, film ini berhasil meraup pendapatan sebesar Rs 86 crore dan dideklarasikan Blockbuster. Bila kita selisihkan pendapatan antara film Ghajini dan Rab Ne Bana Di Jodi. Maka setelah disama dengankan kita mendapat hasil yang lumayan besar, Rs 24 crore.

Lalu, bagaimana penilaian dan komentar para kritikus setelah menyaksikan film Rab Ne Bana Di Jodi? Ternyata film ini tidak hanya mendapat respon dari kritikus dari India saja. Juga kritikus dari luar India ramai - ramai memberikan penilaian dan komentar.

Sebut saja Robert Abala dari Los Angeles Times, Frank Lovece dari Film Journal Internasional, Maitland McDonagh dari MissLickChick.com dan Rachel Saltz dari The New York Times - salah seorang yang sering memantau dan mengkomentari film Bollywood.

3. Singh Is Kinng : Akshay Kumar dan Katrina Kaif



Ada pun film yang berhasil merebut posisi 3 film bollywood terlaris tahun 2008 adalah film Singh Is Kinng. Tak ayal setiap kali Akhsay beradu akting dengan Katrina Kaif dalam satu layar, maka film yang mereka bintangi selalu dapat mencuri perhatian. Malahan beberapa diantaranya berhasil masuk dalam jajaran film terlaris sepanjang tahun, salah satunya film ini.

Berapa sih pendapatan film Singh Is Kinng? Menurut laporan dari para analisis perdagangan film Bollywood, mencatat kalau film ini berhasil meraup pendapatan sebanyak Rs 68 crore, juga film ini dideklarasikan Super Hit. 

Seperti biasanya setiap film yang dirilis dinilai dan dikomentari para kritikus. Nah, saran kami sih kita jangan sampai membenci mereka. Sebab ini adalah pekerjaan mereka loh. OK! Lantas apa penilaian dan komentar mereka terhadap film ini? Pada umumnya mereka memberi penilaian yang cukup bagus untuk film ini dan juga berkomentar baik.

4. Film Race : Saif Ali Khan dan Bipasha Basu



Sedangkan film yang berhasil merebut posisi 4 dalam perlombaan ini adalah film Race. Selain dibintangi oleh Saif Ali Khan dan Bipasha Basu, film ini juga didukung oleh Akshaye Khanna, Anil Kapoor dan si seksi, Katrina Kaif. Film ini disutradarai oleh Abbas-Muthan di bawah label Tips Film. Ada pun film ini dirilis tepat pada tanggal 21 maret 2008 di India dan pasar internasional.

Film ini pun tak luput dari penilaian dan komentar para kritikus. Taran Adarsh dari Bollywood Hungama memberikan 4 bintang untuk film ini dan berkomentar kalau film ini sangat menghibur, bukan saja hanya banyak gaya tetapi memiliki subtansi yang ingin disampaikan. Namun, Raja Sen dari Rediff hanya memberi 1,5 bintang sekaligus berkomentar kalau film ini seperti karnaval saja.

Tetapi walau mendapat penilaian dan komentar yang tak mengenakkan, rupanya hampir tidak berpengaruh. Orang masih saja menyaksikannya di bioskop, sehingga film ini meraup pendapatan yang lumayan besar dari hasil penjualan tiket. Film ini pun dapat meraup pendapatan sebanyak Rs 61 crore.

Baca juga : 5 Film Bollywood Terlaris Tahun 2006

5. Jodhaa Akbar : Hrithik Roshan dan Aishwarya Rai



Nah, sekarang kita berada di posisi ke-5 yang berhasil direbut oleh film Jodhaa Akbar. Film ini termasuk genre drama sejarah epik yang dirilis pada tanggal 15 pebruari 2008 lalu. Kita tahu film ini dibintangi Hrithik Roshan bersama aktris cantik bollywood, Aishwarya Rai. Dan juga didukung Sonu Sood yang berperan antagonis. 

Rupanya film ini banyak mendapatkan 4 bintang dari kritikus film. Sebut saja Anil Sinanan dari The Times, Rajeev Masand dari CNN-IBN dan Tajpal Rathore dari BBC. Sementara Nikhat Kazmi dari The Times Of India hanya memberi 3 bintang dan berkomentar bila film ini sangat mengena tepat di hati, mengisahkan kisah cinta yang dapat melintasi batasan agama, suku, ras dan budaya. 

Pun pendapatan film ini bisa merangsek pada posisi 5 film bollywood terlaris tahun 2008, karena berhasil meraup pendapatan sebesar Rs 59 crore. Juga telah dideklarasikan Semi Hit.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya! ^_^