5 Film Bollywood Terlaris Tahun 2010 Yang Wajib Kamu Tonton

Siapakah sang kampiun tahun 2010? Tada! Salman Khan. Selamat! Salman berhak naik podium pertama setelah pembukuan pendapatan semua film selesai dicatatkan. Sehingga para analaisis perdagangan perfilman Bollywood bergegas merilis daftar 5 film Bollywood terlaris tahun 2010.

Mereka pun serempak menobatkan film Salman, Dabangg, sebagai film bollywood terlaris sepanjang tahun 2010. Dimana film Dabangg setelah dijumlahkan meraup pandapatan sebesar Rs 145 crore. Sangat jauh mengalahkan film yang berada pada posisi ke-2. Bayangkan saja hingga terpaut Rs 40 crore.

Ayo? Penasaran film aktor siapakah yang telah berhasil merebut posisi ke-2? Siapakah dugaanmu? Oke! Biar kita tidak penasaran dan dari pada menduga yang salah sehingga menyebabkan rasa kecewa. Yuk! Kita simak saja artikel ini yang membahas 5 film Bollywood terlaris tahun 2010 di pasar domestik atau India.

1. Dabangg - Salman Khan dan Sonakshi Sinha


Salman pantas berbangga ria tahun 2010. Sebab tidak ada satu pun film aktor bollywood yang lain hampir mendekati perolehan film Dabangg. Bahkan film Shahrukh yang rilis tahun 2010 yaitu My Name Is Khan tidak bisa berbuat banyak, malah terseok - seok tertinggal jauh di belakang. 

Dabangg yang dibintangi Salman dan Sonakshi mendominasi dan menguasai Box Office pasar domestik. Kita tahu film ini disutradarai Abhinav Kashyap dan diproduseri sauadara kandung Salman, Arbaaz Khan. Film ini dirilis tepatnya pada tanggal 10 september 2010.

Ada pun penilaian dan komentar dari para kritikus film setelah menyaksikan Dabangg cukup beragam. Taran Adarsh dari Bollywood Hungama memberikan 4,5 bintang. Komal Nahta dari Koimoi juga memberikan 4,5 bintang. Ditambah Aniruddha Guha dari Daily News and Analysis memberikan 4,5 bintang. Mereka serempak memberikan 4,5 bintang karena menilai film ini sangat menghibur.

2. Golmaal 3 - Ajay Devgan dan Kareena Kapoor


Wah! Ternyata yang berhasil merebut posisi ke-2 dalam perlombaan ini adalah film Golmaal 3. Film ini dibintangi Ajay Devgan dan aktris cantik bollywood, Kareena Kapoor. Juga didukung beberapa aktor bollywood yang telah lama malang melintang. Sebut saja Arshad Warsi, Tusshar Kapoor, Shreyas Telpade, Mithun Chakraborty dan Kunal Khemu. 

Lalu, berapa pendapatan film ini? Setelah dihitung, maka film ini berhasil mengumpulkan pendapatan sebanyak Rs 105 crore. Sehingga film ini layak menempati posisi ke-2 film bollywood terlaris tahun 2010. 

Tapi meski mendapat pendapatan yang lumayan besar, film ini ternyata mendapat penilaian buruk dan komentar negatif dari para kritikus. Mayank Shekhar dari Hindustan Times hanya memberi 1,5 bintang. Raja Sen dari Rediff juga memberikan penilaian rendah terhadap film ini. Dan mengkomentari kalau film ini bagus untuk ditonton bagi orang yang ingin mencari lelucon atau humor baik, tetapi tidak untuk orang yang mencari kecerdasan. 


3. Raajneeti - Ranbir Kapoor dan Katrina Kaif 


Raajneeti selain dibintangi Ranbir Kapoor dan Katrina Kaif, juga turut didukung aktor Bollywood yang telah berpengalaman lama. Sebut saja Ajay Devgan, Nana Patekar, Arjun Rampal, Manoj Bajpayee dan Naseeruddin Shah. Film ini disutradarai dan diproduseri oleh Prakash Jha. Sedangkan perilisannya tepat pada tanggal 4 Juni 2010 lalu. 

Bagaimana penilaian dan komentar kritikus terhadap film ini yang mengangkat perpolitikan di India? Mayank Shekhar dari Hindustan Times memberikan 3 dari 5 bintang. Nikhat Kazmi dari Times Of India bahkan memberi 4 bintang. Film ini sempat juga dikomentari oleh Rachel Saltz dari The New York Times, yang mengatakan Film ini terlalu melebar kepada cerita cinta, intrik dan perselisihan saudara, sehingga porsi untuk politik menjadi berkurang.

Lantas berapa pendapatan film ini sehingga menempati posisi ke-3 film bollywood terlaris tahun 2010? Menurut hasil laporan dari Adda Today, film ini berhasil mengumpulkan pendapatan sebanyak Rs 92 crore.

4. My Name Is Khan - Shahrukh Khan dan Kajol   


Shahrukh Khan harus berpuas diri menempati posisi ke-4 film bollywood terlaris tahun 2010. Film My Name Is Khan yang dibintanginya bersama Kajol ini hanya mampu mengumpulkan pendapatan sebanyak Rs 72 crore. 

Sehingga sangat jauh untuk mendekati perolehan pendapatan film Salman, Dabangg. Meskipun kalah telak di pasar domestik, tetapi menurut laporan kalau pendapatan film ini berhasil menempati posisi pertama film Bollywood terlaris tahun 2010 di luar India atau pasar Internasional.

Ada pun film ini sangat sering diperbincangkan di luar India, khususnya di Amerika Serikat. Sebab film ini mengangkat cerita sensitif mengenai teroris, yang mencuat setelah tragedi 9/11. Sehingga sangkaan teroris selalu diafiliasi kepada muslim. Padahal semua orang bisa saja menjadi teroris, baik orang yang beragama apa pun, warga negara mana pun dan intinya siapa pun. Betul tidak?


5. Film Housefull : Akshay Kumar dan Deepika Padukone


Nah, tibalah kita pada posisi ke-5 yang ditempati film Housefull. Film ini dibintangi Akshay Kumar, Deepika Padukone, Ritesh Deshmukh, Lara Dutta, Boman Irani dan Jiah Khan. Housefull adalah film drama komedi yang dirilis tepatnya pada tanggal 30 april 2010 lalu. 

Lantas berapa pendapatan film Housefull? Ternyata Housefull berhasil mengumpulkan pendapatan sebanyak Rs 72 crore di pasar domestik. 

Meskipun berhasil merebut posisi ke-5, maka tak lantas film ini tidak dihujani kritikan para kritikus film. Mereka umumnya memberikan penilaian rendah dan komentar negatif kepada film ini. Seperti Gaurav Malani dari India Times memberikan 2 dari 5 bintang. 

Noyon Jyoti Parasara dari AOL India, juga memberikan 2 bintang. Dan berujar bahwa yang sangat mengganggu dari film ini adalah pernyataan Sajid Khan, sang sutradara, kalau film ini merupakan penghormatan tertingginya kepada sutradara terkenal dahulu, Manmohan Desai dan Hrishikesh Mukherjee karena telah membuat film - film hebat. Nah, lho! Padahal film yang dibuat Sajid serasa menampar pipinya sendiri.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya! ^_^
advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()