5 Film Bollywood Terlaris Tahun 2011 Yang Wajib Kamu Tonton

2011 bisa jadi merupakan tahun duel paling sengit diantara Salman Khan dan Shahrukh Khan. Eits! tunggu dulu, ini bukan pertarungan adu jotos loh. Tetapi ini pertarungan kehebatan film mereka dalam mendulang pendapatan untuk membuktikan film siapa yang terlaris di kancah Box Office domestik.

Kita tahu Salman merilis 2 buah judul film pada tahun 2011 yaitu Bodyguard dan Ready. Begitu juga Shahrukh merilis 2 buah judul film yaitu Don 2 dan Ra.One. Pun menurut kabar yang beredar waktu itu bahwa Ra. One merupakan film ambisius dan impian Shahrukh sejak lama, sehingga dia rela menggelontorkan banyak uang untuk mewujudkannya.

Duel 2 lawan 2, lantas film siapakah yang akhirnya berhasil meraih podium pertama pada pertarungan film Bollywood terlaris tahun 2011? Salman atau Shahrukh? Siapa pilihanmu? Cekidot aja! 

1. Bodyguard - Salman Khan dan Kareena Kapoor


Congratulation! Salman Khan berhasil naik podium pertama pada tahun 2011 sebagai film Bollywood terlaris. Akhirnya dia berhasil juga mengalahkan film Shahrukh Khan dalam pertarungan kali ini. Itu pun setelah menunggu hingga tahun berakhir. Sebab Bodyguard lebih dulu tayang di bioskop atau dirilis, tepatnya pada bulan agustus 2011. Sementara film Shahrukh baik Don 2 dan Ra.One dirilis pada bulan oktober.

Namun, setelah melihat perolehan pendapatan dari semua film yang rilis pada tahun 2011. Bodyguard, film yang dibintangi Salman bersama aktris cantik bollywood, Kareena Kapoor, berhasil meraup pendapatan sebanyak Rs 148 crore, jauh mengalahkan jumlah pendapatan film Shahrukh, Don 2 dan Ra.One.

Bodyguard adalah film bergenre aksi yang disutradarai Shiddique. Film ini remake dari film Malayalam dengan judul yang sama. Meskipun Bodyguard menjadi film bollywood terlaris sepanjang tahun 2011, film ini pun tak lantas luput dari penilaian dan kritikan kritikus film. Salah satunya, Rajeev Masand dari CNN-IBN yang hanya memberi 2 bintang dan menyebut bodyguard sebuah film remake yang malas.

2. Ready - Salman Khan dan Asin 


Wah! Salman bukan saja berhasil merebut podium pertama. Dia juga berhasil merebut podium kedua. Kenyataan ini membuktikan kalau film Salman lebih diminati dari pada film Shahrukh pada tahun 2011. Ready, film yang dibintangi Salman dengan Asin ini berhasil mengumpulkan pendapatan sebanyak Rs 121 crore sehingga dideklarasikan blockbuster.

Sama dengan filmnya, Bodyguard. Film ini juga remake tetapi dari film Telugu dengan judul yang sama. Ready termasuk film bergenre drama komedi romantis yang dibumbui dengan aksi atau perkelahian. Selain Salman dan Asin, film ini juga didukung nama - nama besar bollywood. Sebut saja Sanjay Dutt, Ajay Devgan, Kangna Ranaut dan Zarine Khan. Sedangkan film ini disutradarai oleh Anees Bazmee.

Lantas bagaimana penilaian dan komentar para kritikus film? Nikhat Kazmi dari Time Of India memberi 3 bintang untuk film ini dan berkomentar bahwa Salman adalah seorang penghibur atau entertainer dari pada seorang aktor.

3. Ra.One - Shahrukh Khan dan Kareena Kapoor


Berapa sih pendapatan film Ra.One sehingga tak mampu merebut podium pertama dari Salman? Ternyata setelah dicatat dengan rapi dan dihitung dengan cermat film Ra.One hanya berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar Rs 118 crore.

Bila kita lihat pendapatan film Bodyguard lebih besar sebanyak selisih Rs 30 crore dari film Ra. One. Sebenarnya pencapaian film Ra.One sungguh jauh dari yang diharapkan, karena biasanya film bergenre superhero selalu diminati penonton. Apalagi, ditambah film ini dibintangi Shahrukh dan si aktris seksi bollywood, Kareena Kapoor. Tetapi! Ya sudahlah, Shahrukh harus legowo mengakui kekalahannya.

Namun, apakah penilaian dan komentar para kritikus berpengaruh, sehingga pendapatan film ini kalah jauh dari film Salman? Atau karena isu santer tentang Ra. One yang dituding plagiat film Hollywood. Diantaranya Terminator 2 : Judgment Day, The Batman Series, Iron Man dan Tron : Legacy. Tetapi isu plagiat ini sudah disangkal Shahrukh. Dia mengaku cuma terinspirasi saja dari banyak film superhero, termasuk yang disebutkan tadi.

Lantas bagaimana pendapatmu?

4. Don 2 - Shahrukh Khan dan Priyanka Chopra


Shahrukh masih dapat berbangga sebab kedua filmnya berhasil menempati 5 posisi teratas film Bollywood terlaris tahun 2011. Dari hasil perhitungan dan penjumlahan pendapatan film Don 2, didapat hasilnya meraup angka sebesar Rs 110 crore. Sehingga Don 2 berhasil mengamankan posisi ke-4. Dan nampaknya Don 2 dapat mengobati sedikit kekecewaannya.

Di film Don 2 Shahrukh beradu akting dengan aktris cantik bollywood, Priyanka Chopra. Selain mereka berdua film ini juga didukung oleh Lara Dutta, Boman Irani, Om Puri, Kunal Kapoor dan Hrithik Roshan sebagai cameo. Sedangkan yang menyutradarai film ini adalah Farhan Akhtar.

Don 2 mendapat beragam penilaian dan kritikan dari kritikus film. Mayank Shekhar dari Hindustan Times memberikan 3 bintang dan berpendapat kalau film Don yang pertama lebih bagus dari pada Don 2. Sedangkan Sify malah berpendapat Don (1978) yang dibintangi Amitab Bachchan jauh lebih bagus.

5. Singham - Ajay Devgan dan Kajal Aggarwal


Dan untuk posisi 5 dalam daftar film bollywood terlaris tahun 2011 ditempati film Ajay Devgan dan Kajal Aggarwal, Singham. Menurut laporan, film ini berhasil meraup pendapatan sebanyak Rs 100 crore. Terpaut selisih lebih sedikit dari Don 2, Rs 10 crore.

Singham merupakan film yang bergenre komedi aksi, disutradarai Rohit Shetty. Film ini sebenarnya remake dari film Tamil yang berjudul Singam. Film ini dirilis pada tanggal 22 juli 2011 di seluruh bioskop di India.  

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya! ^_^
advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()