13 Juni 2015

5 Film Bollywood Terlaris Tahun 2014 Yang Wajib Kamu Tonton

Baiklah, tahun 2014 telah berlalu, sekarang sudah memasuki tahun 2015 bulan keenam atau Juni. Pun tinta dalam catatan rekor film bollywood telah mengering. Kita boleh berpendapat bahwa tahun 2014 merupakan masa keemasan film Bollywood.

Sebab dalam sejarah perfilman bollywood, dari semua film yang pernah dirilis, film PK telah berhasil mencetak rekor pendapatan total, baik dari pasar domestik dan luar negeri menembus Rs 735 Crore. Melampaui jauh pendapatan  film Dhoom (2013), pemegang rekor sebelumnya yang telah membukukan Rs 540 Crore.

Sehingga Aamir Khan berhasil menduduki kursi nomor satu film bollywood terlaris tahun 2014, bahkan film bollywood terlaris sepanjang masa. Lalu, di bawah Aamir, film aktor bollywood siapakah yang bertengger?

Kita tahu King of Bollywood, Shahrukh Khan juga merilis film pada tahun 2014 yang berjudul Happy New Year. Apalagi Salman Khan merilis 2 film sekaligus yaitu film Jai Ho dan film Kick. Belum lagi film dari aktor - aktor lain yang jumlahnya mungkin ratusan.

Penasaran? Yuk! kita simak 5 film Bollywood terlaris sepanjang tahun 2014 di pasar domestik.

Baca juga : 5 Film Bollywood Terlaris Tahun 2013

1. Film PK : Aamir Khan dan Anushka Sharma



Film PK telah berhasil mematahkan rekor film yang pernah dirilis sebelumnya. Kita tahu film ini sendiri bergenre komedi Satir. Dibintangi Aamir Khan yang berperan sebagai PK, sama dengan judul film ini. Juga dibintangi Anushka Sharma yang berperan sebagai Jaggu. Dimana dalam film ini dia berprofesi sebagai reporter televisi yang tertarik berkenalan dengan PK, setelah melihat PK yang mengaku kehilangan Tuhan

Film ini sendiri mendapat respon yang sangat baik dan positif dari para kritikus. Tetapi film ini juga telah berhasil menyulut kontroversi di tengah - tengah masyarakat. Sebab mengangkat cerita dengan tema tentang Ketuhanan dan dogma kepercayaan beragama yang kita tahu sangat sensitif untuk diperbincangkan dan didiskusikan. Makanya film ini dianggap telah menyentil ketenangan beragama.

Kontroversi! Sehingga film PK berhasil membuat penasaran. Makanya, penonton berduyun - duyun memadati bioskop untuk menyaksikannya. Dengan jumlah penonton yang membludak, tentu saja akan selaras dengan jumlah pendapatan film, bukan? Maka dari itu, film PK mendulang banyak duit, bayangkan sebanyak Rs 339 crore di pasar domestik saja.

2. Film Kick : Salman Khan dan Jacqueline Fernandez  



Film Kick dibintangi aktor papan atas bollywood Salman bareng dengan si cantik Jacqueline Fernandez. Film ini sendiri rilis pada tanggal 25 juli 2014, yang disutradarai dan diproduseri oleh Sajid Nadiadwala.

Film Kick ternyata remake dari film Telugu dengan judul yang sama. Ada pun film ini mendapat beragam komentar dari para kritikus. Rahul Desai dari MumbaiMirror.com berkomentar pedas terhadap film ini yang menyebutnya konyol, sehingga dia cuma memberikan reting 2 dari 5 bintang.

Sedangkan Suhani Singh dari IndiaToday.com memberikan 1,5 dari 5 bintang. Dia menyebut film ini tidaklah imajinatif dan orisinil.

Tetapi ada juga yang berkomentar manis bahkan memuji film ini, Sarita Tanvar dari DNAIndia.com memberikan 4 dari 5 bintang. Dia mengkomentari kalau Kick adalah film terbaik Salman Khan yang sangat menghibur.

Terlepas dari banyaknya dan pedasnya kritikan yang ditujukan kepada film ini. Faktanya, film Kick berhasil meraup Rs 233 crore di pasar domestik, sehingga berhasil menduduki posisi ke-2 film bollywood terlaris tahun 2014.

3. Film Happy New Year : Shahrukh Khan dan Deepika Padukone



Film baru Shahrukh Khan bersama Deepika Padukone, Happy New Year, berhasil menduduki posisi ke-3 film bollywood terlaris tahun 2014.

Film ini rilis pada tanggal 24 oktober 214 lalu. Farah Khan untuk ketiga kalinya menyutradarai film yang dibintangi Shahrukh. Sebelumnya mereka pernah bekerja sama dalam film Main Hoon Na (2004) dan film Om Shanti Om (2007). Pun dibawah naungan rumah produksi yang sama, Red Chillies Entertainment, milik Shahrukh.

Film ini dihujani kritikan pedas. Salah satunya, Mihir Fadnavis dari FirtsPost.com yang mengkomentari bahwa film Happy New Year seperti proyek dalam membuat home video (video rumahan) yang dimaksudkan memberikan apresiasi atau penghargaan kepada 2 orang di semesta ini - yaitu Shahrukh dan Farah Khan. Juga ini film Hollywood, Ocean's Eleven, yang ditulis ulang oleh Babon.

Namun, kritikan apa pun nampaknya tak berpengaruh sama sekali. Malahan film ini berhasil mendatangkan banyak penonton ke bioskop. Sehingga tentu saja berimbas pada jumlah pendapatan film ini yang berhasil mengumpulkan Rs 203 crore di pasar domestik.

4. Film Bang Bang! : Hrithik Roshan dan Katrina Kaif



Sedangkan posisi ke-4 film bollywood terlaris tahun 2014 berhasil ditempati film Bang Bang!

Bang Bang! bergenre film aksi atau laga, disutradari Siddarth Anand. Film ini remake dari film Hollywood, Knight and Day. Lalu, untuk kedua kalinya Hrithik dan Katrina dipasangkan dalam film, sebelumnya mereka pernah membintangi film Zindagi Na Milegi Dobara (2011).

Film Bang Bang! juga mendapat beragam komentar dari kritikus film. Salah satunya, Raja Sen dari Rediff.com yang hanya memberikan 2 bintang dari 5 bintang. Dan menulis komentar kalau film ini tolol yang mencoba menjadi film apik, dengan anggaran film kelas A padahal yang dibuat hanyalah film kelas B.

Lagi, meskipun mendapat kritikan super pedas, tetapi tak berpengaruh sedikit pun. Orang tetap saja memadati bioskop untuk menyaksikan film ini walau dibilang film tolol. Sehingga berhasil mengumpulkan pendapatan sebesar Rs 181 crore.

(Baca juga : 5 Film Bollywood Terlaris Tahun 2012)

5. Film Singham Returns : Ajay Devgan dan Kareena Kapoor



Ada pun posisi ke-5 berhasil ditempati film Singham Returns yang dibintangi Ajay Devgan dan si cantik Kareena Kapoor.

Film ini disutradarai Rohit Shetti dan diproduseri Reliance Entertainment. Film ini rilis pada tanggal 15 agustus 2014 lalu. Ada pun penilaian para kritikus seperti biasa beragam. Mohar Basu dari Koimoi.com memberikan 2,5 bintang kepada film ini. Shubra Gupta dari IndiaExpress.com memberikan 1,5 bintang. Dan Shweta Kaushal dari HindustanTimes.com memberikan 2 bintang dan berkomentar berkata bahwa film ini memang penuh aksi (laga), bukanlah film komedi.

Film Singham Returns berhasil meraup pendapatan sebesar Rs 141 crore sehingga berhasil bertengger pada posisi ke-5 film Bollywood terlaris tahun 2014.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya!