17 Juni 2015

5 Film Bollywood Terlaris Tahun 2009 Yang Wajib Kamu Tonton

Aamir Khan membuktikan kalau hanya dia yang mampu mematahkan rekor yang dibuatnya sendiri. Kita tahu tahun sebelumnya, 2008, Aamir dengan filmnya, Ghajini, berhasil menguasai Box Office. Sehingga menjadi film Bollywood terlaris bukan saja pada tahun 2008, tetapi bahkan sepanjang masa perfilman Bollywood.

Menarik! Semua pasti berdecak kagum atas pencapaian luar biasa yang ditorehkan oleh Aamir. Tetapi ketika sebagian orang masih bengong dan tak percaya dengan apa yang terjadi di Box Office pada tahun 2008. Aamir kembali secara mengejutkan membuat semua orang tercengang dengan apa yang terjadi di Box Office juga pada tahun 2009.

Lantas kenapa sih orang tercengang? Film Ghajini (2009) berhasil mengumpulkan pendapatan di atas Rs 100 crore. Ini untuk yang pertama kalinya dalam sejarah perfilman Bollywood mampu mencapai torehan tersebut. Pun tahun 2009, Aamir mematahkan rekor tersebut. Membuat rekor baru untuk pertama kalinya film Bollywood dapat meraup pendapatan di atas Rs 200 crore. Wow!

Oke! Yuk kita simak film apa saja yang berhasil meduduki 5 film Bollywood terlaris tahun 2009.

Baca juga : 5 Film Bollywood Terlaris Tahun 2008

1. Film 3 Idiots : Aamir Khan dan Kareena Kapoor 



Lantas berapa pendapatan film 3 Idiots sehingga dapat mematahkan rekor film Ghajini yang telah berhasil meraup Rs 114 crore? Eng Ing Eng! Luar biasa, ternyata film 3 Idiots berhasil meraup pendapatan sebesar Rs 202 crore. Nyaris 2 kali pendapatan film Ghajini. Pun film 3 Idiots berhak dinobatkan sebagai film bollywood terlaris tahun 2009, bahkan sepanjang masa di pasar domestik atau India pada waktu itu.

Seperti kita tahu film 3 Idiots dibintangi Aamir Khan bersama aktris cantik bollywood, Kareena Kapoor. Didukung R. Madhavan dan Sharman Josi yang keduanya berperan sebagai sahabat Aamir. Juga Boman Irani yang berperan sebagai profesor di tempat Aamir menimba ilmu di film ini. Mereka benar - benar memukau dalam memerankan karakternya masing - masing. Betul tidak?

Sedangkan respon para kritikus setelah menyaksikan film ini nyaris semuanya memberikan komentar yang baik dan memuji film ini. Sebagaimana Raja Sen dari Rediff mengatakan kalau sutradara film ini, Rajkumar Hirani, yang terbaik, cerdas dan bertalenta.

2. Film Love Aaj Kal : Saif Ali Khan dan Deepika Padukone



Film bergenre drama komedi romantis ini merebut kursi posisi 2 dalam daftar 5 film Bollywood terlaris tahun 2009. Walau pendapatan yang dikumpulkan film ini sangat jauh terpaut dari pendaptan film 3 Idiots. Setelah penjumlahan pendapatan film ini dirampungkan, akhirnya diperoleh sebesar Rs 67 crore.

Love Aaj Kal dibintangi aktor ganteng bollywood, Saif Ali Khan yang dipasangkan dengan aktris cantik bollywood, Deepika Padukone. Juga didukung Rahul Khanna, Rishi Kapoor dan Giselli Monteiro. Dan sedangkan sutradara dibalik kesuksesan film ini yaitu Imtiaz Ali. Sekaligus yang menulis skenario film. Love Aaj Kal dirilis tepatnya pada tanggal 31 Juli 2009.

Ada pun penilaian dan komentar kritikus terhadap film ini beragam. Taran Adarsh dari Bollywood Hungama memberi film ini 4 bintang. Nikhat Kazmi dari Times Of India juga memberikan 4 bintang. Beberapa cuma memberi 2 bintang salah satunya Rajeev Masand dari CNN-IBN.

3. Film Wanted : Salman Khan dan Ayesha Takia  



Sedangkan posisi ke-3 direbut oleh film Wanted yang rilis 18 september 2009 lalu. Film ini meraup pendapatan sebesar Rs 63 crore. Nampaknya pada tahun 2009 Salman benar - benar tak dapat berkutik sama sekali kepada Aamir. Sungguh pendapatan film ini sangat kecil sekali bagi seorang aktor sekelas Salman bila dibandingkan dengan pendapatan film Aamir, 3 Idiots. Bagaikan langit dan bumi.

Ternyata sebenarnya film Wanted remake dari film Telugu yang berjudul Pokiri. Yang dibintangi Mahesh Babu dan Illeana D'cruz. Sedangkan film Wanted dibintangi Salman Khan yang dipasangkan dengan aktris seksi Bollywood, Ayesha Takia.

Lantas bagaimana penilaian dan komentar kritikus? Taran Adarsh dari Bollywood Hungama memberi film ini 4 bintang. Nikhat Kazmi dari Times Of India juga memberikan 4 bintang. Sedangkan Raja Sen dari Rediff hanya memberi 3 bintang. Dan berkomentar kalau Salman terlalu tua untuk berperan dalam film ini, nah sudah saatnya bollywood mencari dan menemukan bintang muda berbakat dan bertalenta.

4. Film Ajab Prem Ki Ghazab Kahani : Ranbir Kapoor dan Katrina Kaif



Menurut laporan dari adda today kalau film Ajab Prem Ki Ghazab Kahani berhasil menduduki posisi ke-4 film Bollywood terlaris tahun 2009. Film ini meraup pendapatan sebesar Rs 63 crore di pasar domestik atau India, sehingga film ini juga dideklarasaikan Super Hit.

Ajab Prem Ki Ghazab Kahani dirilis tepatnya pada tanggal 6 Nover 2009. Film ini bergenre drama romantis yang dibintangi Ranbir Kapoor dan aktris cantik Bollywood, Katrina Kaif. Juga Salman tetapi cuma lewat saja alias hanya menjadi cameo. Sedangkan bangku sutradara diduduki Rajkumar Santoshi.

Film ini juga tak luput dari pengamatan dan komentar dari kritikus. Kebanyakan para pengkritik ternyata memberikan tanggapan positif bahkan memuji film ini. Taran Adarsh dari Bollywood Hungama memberi 4 bintang. Omar Qureshi dari Zoom memberi 3,5 bintang. Tetapi salah seorang kritikus cuma memberikan 1 bintang untuk film ini yaitu Mayank Shekhar dari Hindustan Times. Dan mengkomentari kalau film ini tak ada lucunya sama sekali.

Baca juga : 5 Film Bollywood Terlaris Tahun 2007

5. Film De Dana Dan : Akhsay Kumar dan Katrina Kaif


 
Tada! inilah film yang berada diurutan ke-5 film Bollywood terlaris tahun 2009. De Dana Dana termasuk salah satu film yang bergenre komedi. Selain dibintangi Akhsay Kumar dan si cantik Katrina Kaif, film ini juga didukung oleh aktor bollywood yang sudah lama malang melintang yaitu Sunil Shetti dan Sameera Raddy.

Lantas berapa pendapatan film ini sehingga masuk dalam daftar 5 film bollywood terlaris tahun 2009? Menurut laporan dari adda today, De Dana Dan berhasil mengumpulkan pendapatan sebanyak Rs 48 crore, terpaut Rs 15 crore dari film yang berada di posisi ke-4.

Dan jika dibandingkan dengan film 3 Idiots, maka pendapatan film De Dana Dan hanya seperempat dari pendapatan 3 Idiots. Jauh banget, kan?

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya! ^_^