Sinopsis Singkat Film Chennai Express (2013)


Chennai Express termasuk film bergenre komedi komantis yang rilis pada tahun 2013, dibintangi King of Bollywood, Shahrukh Khan dipasangkan dengan si cantik Deepika Padukone. Ini kolaborasi kedua antara Shahrukh dan Deepikaa, pertama film Om Shanti Om yang rilis pada tahun 2007.

Anggaran membuat film ini menghabiskan dana USD 12 juta, tapi telah mengumpulkan penghasilan total yang sangat fantastis, USD 63 juta. Sehingga film ini berhasil bertengger di posisi ketiga film bollywood terlaris sepanjang masa saat itu.

Sinopsis Singkat Chennai Express (2013)

Rahul (Shahrukh Khan) berencana mau berlibur ke Goa bersama kedua sahabatnya, walau dia sebenarnya tahu kakeknya pasti tak akan memberi izin. Semenjak kecil Rahul tinggal bersama kakek dan neneknya hingga usianya kini menginjak 40 tahun, sebab kedua orangtuanya meninggal dunia akibat kecelakan mobil ketika dia berusia 8 tahun.

Namun, karena malam itu adalah menjelang ulang tahun kakeknya yang ke-100, malam yang tentu penuh bahagia. Maka kedua sahabat Rahul mencoba meminta izin kepada Kakeknya. Ternyata diberi izin, dengan alasan melihat peluang melebarkan usaha toko manisan mereka di Goa.

Kakeknya dan semua asyik menonton pertandingan kriket malam itu, tepat pemain idola kakeknya Sachin Tendulkar gagal memukul bola, neneknya mendadak histeris yang mengagetkan semua orang. Dimana neneknya hanya menunjuk ke arah Kakeknya yang duduk di kursi tergeletak tak bernyawa.

Sehabis membakar mayat kakeknya, Rahul menghampiri kedua temannya dan membisikkan kalau perjalanan ke Goa tidak batal. Malamnya, Rahul meminta izin kepada neneknya, dia tidak mengatakan akan ke Goa, tetapi dia sudah sejak lama ingin melakukan apa yang diinginkannya.

Neneknya sama sekali tak melarang Rahul, malah mendukungnya. Namun sebelum Rahul memenuhi keinginannya, neneknya memintanya memenuhi wasiat Kakeknya untuk membuang abunya ke Rameswaram. Sesuai rencana mereka yang akan tetap pergi ke Goa, diputuskan abu Kakeknya dibuang saja di sungai daerah Goa yang asumsinya airnya akan terus mengalir sampai ke Rameswaram.

Esoknya, Rahul berangkat menumpangi Kereta Api (Chennai Express). Neneknya mempertanyakan keretanya yang kayaknya salah jurusan, namun Rahul meyakinkan neneknya kalau dia sengaja melakukannya agar bisa lebih lama dengan abu kakeknya. Padahal Rahul berbohong, dia sudah berjanji dengan kedua sahabatnya agar menunggunya di stasiun berikutnya. Terus ke Goa.

Sesampainya di stasiun berikutnya, Rahul bergabung dengan kedua sahabatnya. Namun, Rahul seketika menyadari kalau abu kakeknya ternyata ketinggalan dalam kereta. Rahul bergegas cepat, takut keretanya akan pergi. Pun Rahul menarik nafas lega, ketika abu kakeknya masih dapat diselamatkan.

Namun, ketika dia mau turun, seorang wanita cantik sedang berusaha keras mengejar keretanya, Rahul bak pahlawan menolong wanita itu, Meena (Deepika Padukone). Lagi, secara beruntun 4 (empat) pria dia tolong, pun ketika dia mau turun lagi kereta sudah melaju cepat.

Di dalam kereta, Rahul menghubungi temannya agar menunggunya di stasiun berikutnya. Merasa senang ada gadis cantik di depannya, Rahul mencoba menggodanya. Mereka berkomunikasi dengan menyanyikan parodi lagu-lagu populer bollywood. Dimana ternyata keempat pria yang ditolongnya ingin menculik Meena.   

Sekali lagi Rahul bertindak sebagai pahlawan dengan meminjamkan ponselnya kepada Meena untuk menghubungi temannya. Tetapi keempat orang itu tahu rencana mereka, terus menyita ponselnya dan membuangnya ke laut. Rahul kesal banget, tetapi tidak bisa berbuat apa-apa mengingat keempatnya berbadan besar dan membawa senjata pula.

Pada saat petugas pemeriksa tiket menghampiri mereka, Rahul merasa ada angin segar untuknya dan memberi tahu petugas, bahwa 4 orang yang bersamanya ingin menculik Meena dan juga membawa senjata. Namun keempat orang tersebut melemparkan si petugas ke laut, Rahul panik seketika dan dipaksa ikut bersama mereka.

Di pemberhentian berikutnya saat istirahat, Rahul baru tahu bahwa keempat orang itu ternyata sepupu Meena, yang ditugaskan Ayahnya, Durgeswara (Sathyaraj), ketua mafia - untuk membawanya pulang, setelah Meena melarikan diri dari pernikahannya.

Sesampainya mereka turun dari kereta, Meena kemudian berhadapan dengan Ayahnya yang membawa sekitar ratusan orang. Melihatnya, Rahul ketakutan, tapi Meena dengan tenang mengatakan kepada Ayahnya bahwa Rahul adalah kekasihnya, berasal dari India Utara.

Berada di rumah Meena, Tanggabali (Nikiten Dheer), pria yang akan dinikahkan dengan Meera datang bersama beberapa anggotanya. Tanggabali malu mengetahui Meera jatuh hati dan lebih memilih pria lain, sehingga dia menantang Rahul berduel satu lawan satu sampai mati.

Rahul sangat takut dan ngeri akan bertarung dengan Tanggabali, sehingga dia memaksa Meena merencanakan untuk kabur malam itu juga.  Malamnya, Rahul yang dalam keadaan mabuk melarikan diri dibantu oleh seorang petugas Polisi - berasal dari Punjab tapi bertugas di sana. Paginya, ketika Rahul terbangun dia terkejut bukan kepalang telah berada di tengah lautan, dan tak berapa lama mereka ditahan oleh Polisi. Rahul menjelaskan panjang lebar kenapa dia sampai berada di sana.

Lantas Rahul dibawa oleh petugas Polisi kembali ke desa. Terkejut dan juga takut melihat Ayah Meena dan kerumunan orang yang siap menghabisinya. Rahul dengan cepat berinisiatif pura-pura menyandra Meena dan membawanya kabur. Namun belum terlalu jauh, mobil yang mereka kendarai rusak parah.

Mendapati takdir yang tak pernah dibayangkan sebelumnya, Rahul mengomel terus kepada Meena dan menuduhnya biang kerok kesialannya. Rahul dan Meena pun bertengkar lalu mereka mengambil jalan berbeda. Tapi Meena mengingatkan Rahul bahwa Ayahnya akan terus mencari mereka, apalagi Rahul juga masih buta daerah tersebut. Sehingga akhirnya Rahul ikut bersama Meena kemanapun. Sampailah mereka ke sebuah desa lain, mengaku pengantin baru yang tersesat dan bermalam bersama di salah satu rumah warga.

Esoknya, saat mereka melakukan ritual untuk pasangan pengantin baru, Meena merasakan degup jantung yang tak biasa terhadap Rahul. Tapi setelah itu Rahul pergi dengan seenaknya meninggalkan Meena, namun balik lagi dengan wajah terluka. Tanggabali sampai di desa itu memaksa mereka untuk pulang. Tapi warga setempat menghalanginya sehingga Rahul dan Meena bisa meloloskan diri.

Awalnya, Rahul adalah seorang pria yang manja dan egois, tapi setelah melewati serangkaian pengalaman berharga dalam hidupnya, dia telah berubah menjadi pria dewasa yang bertanggung jawab dan akan memenuhi wasiat Kakeknya. Rahul dengan ketulusan hatinya menuju ke Rameshwaram dan membuang abu Kakeknya di laut, ditemani oleh Meena - yang hatinya telah tertambat di hati Rahul.

Malamnya, mereka mengobrol tentang apa yang akan mereka lakukan setelahnya. Rahul mengajak Meena bersamanya ke Mumbai, tapi Meena menolaknya. Pun mereka sepakat akan berpisah. Namun dalam perjalanan, Rahul malah mengendarai mobilnya kembali ke desa.

Sesampainya di sana, Rahul mengaku mencintai Meena dan menantang siapa saja yang berani bertarung dengannya. Maka segerombolan anggota Ayahnya berlari menghabisinya, tetapi dia dengan nyali besar menghabisi semuanya. Lalu, Rahul bertarung juga dengan Tanggabali, yang sudah sangat kesal melihatnya. Dalam pertarungan tersebut akhirnya dimenangkan oleh Rahul, dan Tanggabali pun sangat salut melihat Rahul, mengatakan meski tubuh Rahul lebih kecil darinya, tetapi nyali dan keberaniannya jauh lebih besar darinya. Pun setelah memenangkan duel tersebut, Ayah Meena nampaknya bangga melihat Rahul dan mempersilahkan Rahul dan Meena menikah.

Trailer Film Chennai Express (2013)

advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()