Sinopsis Singkat Film Ek Tha Tiger (2012)


Ek Tha Tiger dibintangi oleh Salman Khan dan Katrina kaif, dirilis pada 15 agustus 2012. Menurut laporan kalau Ek Tha Tiger merupakan film terlaris pada tahun 2012 . Biaya pembuatan film ini menghabiskan dana USD 12 juta, dengan pendapatan total film ini yang telah meraup USD 51 juta.

Ek Tha Tiger termasuk salah satu film paling sukses produksi Yash Raj Film. Juga salah satu film yang masuk dalam jajaran 10 film Bollywood terlaris sepanjang masa bersama film PK, Dhoom 3, Chennai Express, Kick, Happy New Year dan yang lainnya.

Film ini disutradarai oleh Kabir Khan, dimana dia dulu pernah berkolaborasi dengan Yash Raj Film dengan menyutradarai film Kabul Express (2006) dan New York (2009). Sebenarnya Film ini mulai diproduksi pada pertengahan tahun 2010, tepat setelah naskahnya selesai. Mengambil gambar di 5 negara antara lain Cuba, Italia, Inggris, Afrika Selatan dan tentu saja India.

Sinopsis Singkat Film Ek Tha Tiger (2012)

Ek Tha Tiger berfokus pada cerita perjalanan atau kehidupan Tiger (Salman Khan). Kode nama seorang mata-mata top di India dan bekerja di Research And Anilysis Wing (RAW).  Melakukan misi ke Irak Utara, Tiger terpaksa membunuh salah satu rekannya yang telah membelot ke agen mata-mata Pakistan, Inter Service Intelligence (ISI) dan juga menghabisi banyak agen ISI dalam melaksakan misinya tersebut. Misi berhasil, dia pun pulang ke India dan melapor kepada atasannya, Shenoy (Girish Karnad) di markas mereka di New Delhi.

Tak lama Tiger kemudian mendapat misi ke dublin menginvestigasi seorang ilmuwan atau profesor berkebangsaan India yang diduga telah ikut membangun pertahanan Pakistan dengan penemuannya. Tiger dalam misinya menyamar sebagai seorang jurnalis yang mempunyai maksud menulis buku berisi kisah sukses orang India, salah satunya sang Profesor.

Tujuan menulis buku tersebut supaya dapat menginspirasi generasi muda India. Sewaktu dia mendatangi rumah sang Profesor, dia juga bertemu seorang wanita cantik bernama Zoya (Katrina Kaif),  asisten rumah tangga sang profesor. Maka strateginya, Tiger berusaha menjadi teman Zoya, agar dapat mengekstrak informasi penting tentang profesor.

Ada pun Zoya ternyata seorang mahasiswa Akademi Tari. Namun, bukannya Tiger harusnya menghabiskan waktunya mengobservasi dan mencari tahu tentang sang Profesor. Malah Tiger menghabiskan waktunya bersama Zoya dalam rangka pendekatan (PDKT). Melihat ini, Gopi (Ranvir Shorey) agen ISI yang menemani dan membantunya dalam misi ini, meminta Tiger agar kembali fokus pada misi. Menjauhi Zoya dan apalagi jangan sampai jatuh cinta.

Tetapi terlambat, Tiger tak dapat menghentikan perasaanya kepada Zoya, apalagi ditambah Zoya yang telah memberikan isyarat cinta kepadanya. Namun, sebelum Tiger akan mengutarakan perasaanya, dia dikejutkan oleh kenyataan bahwa Zoya rupanya seorang agen mata-mata Pakistan (ISI), yang juga sedang mengincar informasi penting di rumah sang profesor.

Dimana Zoya tertangkap tangan oleh Tiger sedang menyalin file dari komputer milik profesor. Tiger mengalami dilema, lantas meminta Zoya agar kabur sebelum digrebek Agen RAW yang sudah beranjak menuju rumah profesor. Beberapa waktu kemudian, Tiger dan Zoya bertemu lagi di pertemuan antar Menteri Luar Negeri PBB di Istanbul. Perasaan cinta yang terbenam selama ini, kembali lagi muncul ke permukaan, lantas dengan segala resiko yang akan mereka hadapi, mereka nekat menyatukan cinta mereka. Dimana mereka terbang ke Kuba, tetapi memberi tahu agensi mereka kalau mereka ada di Kazakhstan.

Ya, jalan terbaik untuk mengamankan cinta mereka tak lain dan tak bukan harus melarikan diri dari kejaran para agen mata-mata 2 negara. Cinta mereka sebenarnya terlarang, karena mereka akan diduga saling membocorkan rahasia negara masing-masing.

Beberapa tahun kemudian, keberadaan keduanya diketahui di Kuba. Baik ISI dan RAW segera ke sana untuk menangkap mereka. Gopi, rekan Tiger di RAW bertemu dengannya, berbohong kepada Gopi bahwa dia dan Zoya bersedia pulang ke India dan bekerja lagi di RAW. Namun dia meyakinkan Gopi pertama untuk menyelamatkan Zoya dari ISI.

Setelah Zoya sudah aman, alih-alih pasangan ini balik ke India, mereka menipu Gopi dan melarikan diri dengan naik sebuah pesawat jet. Tak lama kemudian, Tiger menghubungi bosnya, Shenoy, dimana Shenoy mengatakan bahwa RAW pasti akan menemukan mereka, dan dalam panggilan tersebut dia memanggil Tiger dengan nama aslinya, Avinash Singh Rathore.

Sebelum menutup teleponnya, Tiger pun mengatakan kepada Shenoy, mereka akan pulang ketika India dan Pakistan tidak butuh lagi RAW dan ISI. Dalam epilog, beberapa gambar menunjukkan Tiger dan Zoya telah bertandang ke beberapa kota di berbagai belahan dunia, termasuk Venesia, Cape Town, Zurich dan London. Namun sejauh itu, baik RAW dan ISI belum berhasil menangkap mereka.

Trailer Film Ek Tha Tiger (2012)

advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()