21 Juni 2015

Sinopsis Singkat Film Fanaa (2006)

Fanaa termasuk film bergenre drama kriminal romantis, dirilis di India pada tanggal 26 Mei 2006 lalu. Film ini dibintangi oleh Aamir Khan yang untuk pertama kalinya dipasangkan dengan Kajol. Memang mereka pernah tampil bersama dalam satu layar di film Ishq (1997), tetapi mereka bukan sepasang kekasih.


Lalu, bagi Aamir ini juga untuk pertama kalinya bekerja di bawah naungan label Yash Raj Film. Begitu juga bagi Kajol, film ini pertanda dia mulai kembali eksis lagi di Bollywood setelah selama hampir 5 tahun menghilang, persisnya setelah membintangi film Kabhi Kushi Kabhi Gham (2001).

Rehan Qadri (Aamir Khan) adalah cucu ketua gembong pemberontak Khasmir yang menuntut dan menginginkan baik India mau pun Pakistan angkat kaki dari Khasmir. Mereka menginginkan Khasmir merdeka, yang berarti berdaulat di atas kaki sendiri.

Maka Rehan mendapat misi dari Kakeknya untuk melancarkan serangan teror, mengebom kantor Perdana Menteri India di New Delhi. Sebelum melakukan aksi tersebut Rehan sementara waktu menyamar menjadi seorang pemandu wisata.

Ini bukan tanpa alasan, karena sebagai seorang pemandu wisata dia akan memiliki akses ke tempat - tempat bersejarah, museum atau pun gedung pemerintahan, sewaktu dia membawa rombongan para wisatawan.

Mendekati perayaan Hari Kemerdekaan India, rombangan penari dari Khasmir datang ke New Delhi yang akan turut tampil memeriahkan perayaan tersebut. Zooni Ali Beg (Kajol) seorang gadis buta yang ikut dalam rombongan seketika membuat kepincut hati Rehan setelah melihatnya.

Rehan mulai menggoda Zooni dengan rayuan gombal begitu puitis. Tak ayal, Zooni akhirnya merasakan ada cinta dalam hatinya kepada Rehan, padahal dia tidak dapat melihat tampang Rehan. Singkat cerita, mereka berdua saling jatuh cinta, dan bahkan memadu cinta di malam yang basah.

Lantas Zooni pun memilih ikut bersama Rehan, ingin mengikatkan tali cinta mereka dengan pernikahan, padahal Zooni bersama rombonganya sudah berada dalam kereta api yang sedang melaju menuju kampung halamannya.

Pun selagi di New Delhi Zooni memeriksakan kembali matanya di rumah sakit, ditemani oleh Rehan. Dokter yang memeriksa mata Zooni mengatakan bahwa masih ada peluang buat Zooni untuk dapat melihat.

Mendapat kabar bahagia tersebut Zooni lalu memberi tahu kedua orang tuanya supaya datang ke New Delhi, menemaninya melalui proses operasi dan detik - detik berharga membuka kelopak matanya untuk melihat keindahan dunia ini.

Pada saat bersamaan Rehan pun melakukan aksinya, mengebom kantor Perdana Menteri. Tetapi dia disinyalir melalui berita salah satu korban dalam pengemboman tersebut. Zooni yang sedang merasa bahagia karena dapat melihat, sontak saja mulai merasa takut lantaran mengetahui kabar kematian Rehan dari kedua orang tuanya.

Lalu, mereka pun beranjak dibawa oleh Polisi untuk melihat mayat para korban yang bertepatan dibawa di rumah sakit tersebut. Para korban ternyata sangat sulit dikenali, yang bisa diidentifikasi hanyalah sepotong baju yang ditemukan di tempat kejadian. Zooni terkesiap melihat sweater yang dia rajut dan berikan kepada Rehan sudah robek dan penuh noda darah. Seketika dia percaya bahwa Rehan memang sudah pergi selamanya.

Ayo! Penasaran cerita selanjutnya? Kelanjutan cerita film ini sangat menarik dan tak terduga loh. Apalagi, Aamir dan Kajol nampaknya memiliki chemistry yang sangat kuat. Film ini sangat kami rekomendasikan banget buat para pecinta film Bollywood.

Ada pun komposer musik soundtrack film Fanaa dikerjakan oleh Jatin-Lalin. Sebanyak 7 judul lagu dalam album soundtrack film ini. Lagu - lagu dalam film ini romantis dan sangat enak didengar telinga. Sehingga Gaurav Sathe dari Planet Bollywood bahkan memberikan 8 bintang buat album soundtrack film Fanaa.