23 Juni 2015

Sinopsis Singkat Film Ghajini (2008)

Ghajini termasuk film yang bergenre thriller psikologi, yang rilis pada tanggal 25 Desember 2008. Rupanya film ini remake dari film telugu dengan judul yang sama, sutradara yang sama yaitu A.R Murugadoss, dan pemeran utama wanita yang sama yaitu Asin. Tetapi tidak untuk pemeran utama pria.

Pun sebagaimana yang kita tahu kalau film ini dibintangi oleh aktor tenar Bollywood, Aamir Khan. Selain Aamir dan Asin film ini juga didukung oleh Jiah Khan dan Riyaz Khan.
Baca juga : Sinopsis Singkat Film Dhoom 3 (2013)
Dan menurut kabarnya, film ini terinspirasi dari film Memento yang disutradarai oleh Christopher Nolan. Lagi, untuk memproduksi dan memasarkan film ini menghabiskan anggaran sebanyak USD 7,1 juta. Namun, rupanya sangat fantastis dalam meraup pendapatan.


Menurut laporan analisis perdagangan film Bollywood, film ini berhasil meraup pendapatan sebanyak USD 30 juta. Wow! Jumlah yang sangat banyak, kan? Maka dari itu film ini berhasil meraih prediket film Bollywood terlaris pada tahun 2008, dan sempat juga sepanjang masa sebelum akhirnya ditumbangkan oleh film Aamir yang lain yaitu 3 Idiots, 2009.

Aamir di film ini berperan sebagai Sanjay Singhania yang menderita kehilangan kemampuan mengingat sesuatu dalam jangka panjang, persisnya dia hanya mampu mengingat selama 15 menit. Lewat sedetik saja dia bakalan lupa lagi. Maka untuk mensiasatinya, dia selalu memfoto dan membawa foto orang yang mengaku mengenalnya atau baru dikenalnya.

Tidak lupa juga dia membawa foto rumahnya dan catatan yang berisi kejadian penting dalam hidupnya. Malah di tubuhnya terdapat beberapa catatan peting dalam hidupnya, salah satunya nama pembunuh kekasihnya, Kalpana (Asin) dan kapan tanggal kejadiannya?

Tragis! karena sebelum kejadiaan nahas tersebut, Sanjay dan Kalpana saat itu lagi asyik memadu cinta. Sehingga bagi mereka hidup di dunia ini terasa nikmat dan serasa milik berdua.

Menarik, bila kita ke awal, rupanya hubungan cinta mereka terjalin dari sebuah kebohongan. Kalpana, yang hanya seorang bintang pendukung dalam iklan sabun colek mengaku kepada wartawan bahwa dia adalah kekasih Sanjay, seorang pemilik perusahaan telekomunikasi.

Aksi bohong itu dilakukannya untuk memuluskan sangkaan Bosnya tempat dia bekerja, yang menyangka dia memiliki hubungan istimewa dengan Sanjay. Itu bermula ketika beberapa orang kepercayaan Sanjay mencari dan ingin berurusan dengannya yang sengaja mendatanginya di studio tempatnya bekerja.

Maka ketika mereka membicarakan urusan yang rupanya urusan pemasangan papan iklan di atas rumah kontrakannnya. Bosnya bersama rekannya yang lain berupaya mencuri pembicaraan mereka dari luar.

Nah, setelah orang kepercayaan Sanjay meninggalkan studio. Bosnya ternyata salah menangkap pembicaraan mereka. Dia menyangka Sanjay mengutus orang kepercanyaannya datang memohon maaf kepada Kalpana, untuk memperbaiki hubungan mereka.
Baca juga : Sinopsis Singkat Film Fanaa (2006)
Oleh sebab itu, Bosnya mendesaknya agar mau rujuk lagi dengan Sanjay. Karena bagi Bosnya, ini peluang yang sangat besar untuk kemajuan bisnis periklanannya. Mendapat klien besar tentu saja akan membawa keuntungan besar.

Ayo! Penasaran, ya? Angkat tangan buat yang belum pernah nonton film ini. Ghajini bakalan tidak menjadi film terlaris tahun 2008, jika ceritanya tidak menarik dan bikin penasaran. Pencapaian besar tersebut membuktikan bila film ini sangat diminati penonton. Ayo, nonton film Ghajini.

Ada pun ternyata komposer lagu dalam album soundtrack film ini dipercayakan kepada A R Rahman. Salah seorang pemerhati musik di India memberi 5 bintang untuk album soundtrack film ini dan berujar kalau album soundtrak film Ghajini termasuk salah satu yang terbaik yang pernah dibuat.