Sinopsis Singkat Film Jab Tak Hai Jaan (2012)


Jab Tak Hai Jaan dirilis pada tanggal 13 November 2012, sebulan setelah kematian sang sutradara, Yash Chopra, dalam usia 80 tahun. Yash Chopra terakhir menyutradarai film untuk Shahrukh Khan adalah Veer Zaara (2004), setelahnya selama 8 tahun vakum dari menyutradarai.

Yash telah dinobatkan sebagai maestro film romantis. Pun dia pernah berujar bahwa sebelum meninggal dunia berharap dapat menyutradarai sebuah film romantis yang akan diperankan Shahrukh Khan lagi. Sepertinya doa Yash telah terkabul, meski dia tak sempat menyaksikan film ini dirilis di seluruh bioskop, baik di india maupun seluruh dunia. Selamat jalan Yash.

Film ini, Shahrukh untuk pertama kalinya beradu akting dengan aktris cantik, Katrina Kaif dan kedua kalinya dengan Anushka Sharma, sebelumnya mereka pernah bersama dalam film Rab Ne Bana Di Jodi (2008).

Sinopsis Singkat Film Jab Tak Hai Jaan (2012)


Mengisahkan Akira (Anushka Sharma) yang tak sengaja menemukan buku diary Samar Anand (Shahrukh Khan) dalam saku jaket yang diberikan Samar kepadanya. Samar telah menolongnya yang hampir saja mati tenggelam sewaktu berenang di sungai, diakibatkan dia mendadak mengalami kaki kram lantaran airnya terlalu dingin.

Dalam buku diary tersebut, mengisahkan kehidupan Samar menjadi imigran di kota London. Bekerja sebagai penyanyi jalanan, semrawutan atau apa saja, yang tinggal seatap dengan Zain (Sharib Hashmi) di apartemen kecil. Pada suatu hari ketika Samar sedang membersihkan salju di halaman gereja. Dia untuk pertama kali melihat Meera (Katrina Kaif) - bak bidadari - lari terburu-buru memasuki gereja. Lantas dia secara diam-diam menguping doa yang dipanjatkan oleh Meera. Pun sempat berkomentar nyeleneh bahwa Tuhan mendapatkan tugas yang sangat berat.

Tak dinyana mereka bertemu lagi dalam acara pesta pertunangan Meera. Saat itu Samar lagi bekerja sebagai pelayan restoran tempat acara tersebut berlangsung. Meera adalah gadis kaya yang tumbuh besar tanpa kasih sayang seorang Ibu. Dimana Ibunya telah lama pergi meninggalkan Ayahnya dan dia demi lelaki lain, saat itu dia berusia sekitar 12 tahun. Maka Ayahnya membesarkannya dengan penuh kasih sayang dan berjasa untuk hidupnya.

Singkat cerita Meera meminta tolong kepada Samar supaya mengajarinya bermain gitar dan bernyanyi lagu punjabi. Dia sangat ingin bisa melakukannya, sebab mau mempersembahkan satu buah lagu punjabi di hari Ulang Tahun Ke-50 Ayahnya (Anupam Kher).

Dan untuk melawan masa lalunya, Samar sekali waktu mengajak Meera mengunjungi Ibunya Meera, setelah bertemu akhirnya Meera bisa berdamai dengan Ibunya dan takdir pahit yang telah memisahkan mereka.

Karena sering menghabiskan waktu bersama, hubungan diantara Samar dan Meera telah berubah menjadi ikatan cinta. Sewaktu Meera akan memberitahu Ayahnya tentang keputusannya untuk membatalkan pertunanganya dan keseriusan hubungannya dengan Samar. Pun samar mengalami kecelakaan hebat dan nyawanya berada dalam bahaya, lantas Meera yang menyaksikan kejadian itu memohon kepada Tuhan untuk menyelamatkan hidup Samar dan bersumpah jika Samar selamat, dia tidak akan pernah menemuinya lagi. Rupanya Tuhan mendengar doanya, Samar yang sempat tak menyadarkan diri lekas terbangun.

Saat Samar sudah merasa baikan, Meera mendatanginya sekaligus mengucapkan perpisahan kerena janjinya pada Tuhan harus ditepati. Sekalian Meera juga memberitahu Samar kalau dia akan menikahi roger segera. Samar tak dapat menerima keputusan tak berdasar Meera dan sangat marah. Pun Samar meninggalkan Meera dan juga kota london, pulang ke India menjauh dari Meera. Selanjutnya, Samar masuk tentara India dan sangat ahli menjinakkan bom.

Setelah Akira selesai membaca buku harian Samar, lantas sebagai reporter yang suka berpetualang, dia sangat terkesan dengan kisah cinta dan keahlian Samar yang mampu menjinakkan bom. Lantas dia meminta izin untuk membuatkan film dokumenter kepada atasannya dan mendapatkan izin.

Dalam membuat filmnya Akira dibantu oleh Samar. Melihat kepribadian Samar yang berkharisma dan menawan, Akira terang-terangan mengaku menyukai dan mencintai Samar. Namun Samar menolak membalasnya karena cintanya pada Meera belumlah berakhir. Setelah beberapa hari, Akira menyelesaikan filmnya dan beranjak ke kota London.

Sesampai di London, Akira menghubungi Samar dan mengatakan filmnya akan diputar jika Samar datang ke London. Samar sebenarnya tidak ingin ke London lagi, tetapi dia akhirnya terbang ke kota London, namun naasnya sesampainya di sana dia ditabrak.

Oleh dokter yang menanganinya, Samar didiagnosa mengalami retrograde amnesia, dimana dia hanya ingat tentang dirinya sebelum kecelakaan pertama yang dulu terjadi padanya. Prihatin, Akira mencari keberadaan Meera dan memintanya dengan sangat untuk membantu memulihkan kesehatan Samar. Meera pun setuju dan akan berpura-pura menjadi istri Samar.

Melihat kemesraan mereka, dulunya Akira adalah gadis yang selalu ceria dan mudah bergaul, telah berubah menjadi gadis pendiam dan kesepian. Suatu hari, Samar berada di sekitar sitasiun kereta api melihat banyak orang digelayuti kepanikan dan ketakutan akibat ditemukan sebuah bom di kereta api, narulinya mengatakan kepadanya untuk menjinakkannya dan ternyata dia berhasil.

Dari kejadian tersebut, ingatannya kembali lagi. Pun dia mengetahui bahwa Meera telah berbohong padanya. Dalam berurusan dengan Meera, Samar memberikan pilihan, apakah Meera mau bersamanya atau dia akan terus mempertaruhkan nyawanya sampai dia mati. Meera pada saat itu bibirnya terkunci rapat.

Samar balik ke India dan bekerja lagi di kesatuan dalam urusan menjinakkan bom. Dalam sebuah obrolan dengan Akira, Meera menyadari bahwa keyakinan dan doanya yang selama ini telah menjadikan Samar mengalami penderitaan yang lebih buruk dari kematian. Menyadari kesalahannya,  Meera pun akhirnya terbang ke Khasmir menemui pujaan hatinya, Samar. Setelah berhasil menjinakkan bom terakhirnya, Samar kemudia melamar Meera.

Trailer Film Jab Tak Hai Jaan (2012)

advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()