04 Juni 2015

Sinopsis Singkat Film Jab Tak Hai Jaan (2012)

Film Jab Tak Hai Jaan dirilis pada tanggal 13 November 2012, sebulan setelah kematian sang sutradara, Yash Chopra, dalam usia 80 tahun. Yash Chopra terakhir menyutradarai film Veer Zaara (2004). Setelah itu selama 8 tahun vakum dari menyutradarai. Yash dinobatkan sebagai maestro film romantis.


Pun dia pernah berujar bahwa sebelum meninggal dunia berharap dapat menyutradarai sebuah film romantis yang akan diperankan Shahrukh Khan. Sepertinya perkataan Yash telah terwujud, meski dia tak sempat menyaksikan film in dirilis di seluruh bioskop, baik di india maupun seluruh dunia. Selamat jalan Yash.
Lihat juga : Inilah Daftar Lagu Soundtrack Film Jab Tak Hai Jaan 
Kita tahu kalau di film ini, Shahrukh untuk pertama kalinya beradu akting dengan aktris cantik, Katrina Kaif. Dan kedua kalinya dengan Anushka Sharma, sebelumnya mereka pernah bersama dalam film Rab Ne Bana Di Jodi (2008).

Mengisahkan Akira (Anushka Sharma) yang tak sengaja menemukan buku diary Samar Anand (Shahrukh Khan) dalam saku jaket yang diberikan Samar kepadanya. Samar telah menolongnya yang hampir saja mati tenggelam sewaktu berenang di sungai. Diakibat Akira mendadak mengalami kram lantaran airnya terlalu dingin.

Terus Samar melepas jaket miliknya dan mengenakannya ke Akira untuk menghangatkan tubuhnya. Kemudian tanpa basa - basi meninggalkannya sendirian di tepi sungai.

Dalam buku diary tersebut, mengisahkan kehidupan Samar dahulu sewaktu dia menjadi imigran di kota London. Bekerja sebagai penyanyi jalanan, semrawutan atau apa saja. Yang tinggal seatap dengan Zain (Sharib Hashmi) di apartemen kecil.

Pada suatu hari ketika Samar sedang membersihkan salju di halaman gereja. Melihat Meera (Katrina Kaif) lari terburu - buru memasuki gereja. Lantas dia secara diam - diam menguping doa yang dipanjatkan Meera. Pun sempat berkomentar nyeleneh bahwa Tuhan mendapatkan tugas yang sangat berat.

Tak dinyana mereka bertemu lagi dalam acara pesta pertunangan Meera; Dimana Samar bekerja sebagai pelayan di restoran tempat acara tersebut berlansung. Tapi sebelumnya, Meera dan Samar pernah berpapasan di jalanan kota london. Dimana Samar sedang bernyanyi lagu hindi.

Singkat cerita Meera meminta tolong kepada Samar supaya mengajarinya bermain gitar dan bernyanyi lagu punjabi. Dia sangat ingin bisa melakukannya, sebab mau mempersembahkan satu buah lagu punjabi di hari Ulang Tahun Ke-50 Ayahnya (Anupam Kher).

Hubungan dan komunikasi mereka pun berlanjut. Hingga pada tahap saling jatuh cinta. Tetapi sewaktu Meera ingin memberitahu Ayahnya tentang keputusannya untuk membatalkan pertunanganya dan keseriusan hubungannya dengan Samar. Pun samar pulang dengan mengendarai sepeda motor, nahas ditabrak sebuah sedan silver hingga menyebabkan luka di bagian kepala yang cukup serius.

Meera yang menyaksikan sendiri kecelakaan itu, merasa khawatir, takut dan bersalah atas kejadian yang menimpa Samar. Lantas dia berdoa meminta kepada Tuhan agar menyelamatkan Samar. Bila Tuhan mengabulkan doanya, dia berjanji akan menjauhi Samar dan tidak akan menemuinya lagi selamanya. Rupanya Tuhan mendengar doanya, Samar yang sempat tak menyadarkan diri lekas terbangun.

Dalam masa perawatan di apartemennya, Meera sengaja mendatangi Samar sekaligus mengucapkan perpisahan. Dan memberitahu Samar kalau dia akan menikahi roger. Itu bukti kesungguhannya merealisasikan janjinya kepada Tuhan. Samar tak dapat menerima keputusan tak berdasar Meera. Dia sangat marah. Pun meninggalkan Meera dan juga kota london, pulang ke India seperti yang diminta Meera.
Baca juga : Sinopsis Singkat Film Happy New Year (2014)
Selanjutnya Samar masuk tentara. Disinilah dia bertemu dengan Akira yang sedang membuat film dokumenter. Samar di kesatuan bertugas sebagai penjinak bom. Setiap saat dia menantang Tuhan, agar menjaga hidupnya dengan sengaja membahayakan dirinya sendiri ketika menjinakkan bom tanpa pelindung apa pun. Maka Akira pun tertarik untuk membuat film dokumenter tentang Samar yang membuat judul 'The Man Who Cannot Die'.

Kisah film yang sangat menarik, kan? Sudahkah kamu pernah menontonnya? Belum. Kasihan sekali kamu. Yuk, nonton! sebab kelanjutannya sangat menarik dan bikin penasaran.

Mantap, komposer musik soundtrack film Jab Tak Hai Jaan adalah AR Rahman. Adapun album soundtrack film ini dirilis pada 2 oktober 2012. Yang menulis lirik lagu yaitu Gulzar. Di dalam album terdapat 9 judul, termasuk instrumental dan puisi yang ditulis Aditya Chopra.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook dan Twitter kamu. Dan Jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya! ^_^