Sinopsis Singkat Film Rab Ne Bana Di Jodi (2008)


Rab Ne Bana Di Jodi termasuk film bergenre komedi romantis yang dirilis di India pada tanggal 12 Desember 2008 lalu. Film ini dibintangi King Of Bollywood, Shahrukh Khan yang dipasangkan untuk pertama kalinya dengan aktris cantik Bollywood, Anushka Sharma. Menarik, film ini juga debut Anushka terjun di dunia seni peran atau akting, karena sebelumnya dia sibuk menggeluti dunia modeling.

Film ini ditulis dan disutradarai oleh Aditya Chopra di bawah naungan label Yash Raj Film, rumah produksi keluarganya. Ada pun film ini menghabiskan dana sekitar USD 3,2 juta untuk biaya produksi dan promosi. Meskipun lumayan besar, tetapi film ini rupanya meraup pendapatan yang sangat besar, sekitar USD 25 juta.

Wah! Ternyata naskah film ini sudah ada di Perpustakaan Margaret Herrick milik Academy of Motion Picture Arts and Sciences, beberapa hari setelah film ini rilis. Tujuannya, untuk dipelajari, dikaji dan diulas oleh pelajar, pembuat film dan penulis film.

Sinopsis Singkat Film Rab Ne Bana Di Jodi (2008)

Awal kisah, Taani (Anushka Sharma) harus menerima kenyataan pahit. Rombongan calon suaminya mengalami kecelakaan yang hendak menuju rumah mereka. Semuanya tewas seketika termasuk calon suaminya. Taani histeris ketika mendengar kabar tersebut dari seseorang yang baru saja tiba di rumah mereka. Ayahnya bahkan mengalami serangan jantung mendadak, tak menyadarkan diri. Sehingga buru-buru harus dilarikan ke rumah sakit terdekat.

Betapa malangnya nasib putrinya yang harus mengalami itu semua. Memikirkannya membuat keadaannya memburuk akibat pedihnya kenyataan. Mendapati mungkin hidupnya tidak bakal lama lagi. Dia memohon kepada murid kesayangannya, Surinder. Agar mau menikahi putrinya yang malang. Sebab dia sangat percaya kepada Surinder akan menjaga putrinya sebagaimana dirinya.

Surinder pun tak dapat menolak permintaan profesornya tersebut. Lagipula, sejak pertama kali melihat Taani, sebenarnya dia sudah merasakan getaran cinta. Tetapi perasaan itu harus dia benamkan, lantaran Taani bakalan menjadi milik orang lain segera.

Namun, Tuhan memang telah memilih Taani sebagai jodohnya. Tetapi, bertepatan di saat hati Taani sedang diselimuti awan mendung. Setelah membakar jasad Profesornya dan melangsungkan pernikahan ala kadarnya. Surinder membawa Taani ke rumahnya di Amritsar. Sesampainya di sana Taani masih murung di kamar. Dia merasa kehidupan sangat kejam baginya. Di saat seharusnya berbahagia, dia malah diterpa nestapa. Ditambah lagi harus menikahi seorang pria yang bukan tipenya.

Surinder "Suri" Sahni adalah seorang pria pemalu, introvert dan baik hati, yang bekerja sehari-hari di Punjab Power. Sementara istrinya, Taani, dahulu sebelum dirundung awan sedih adalah seorang gadis yang ceria dan ekstrovert. Namun, kini Taani lebih banyak diam dan melakukan tugasnya sebaik mungkin sebagai istri, pula dia mengaku kepada Surinder tak akan bisa mencintai selamanya.

Beberapa malam berlalu dengan menghabiskan waktu menonton di bioskop, Surinder menyadari kalau Taani nampaknya menyukai pria yang macho dan maskulin, jauh beda dengan dirinya. Untuk mengisi hari-harinya yang kosong setelah menyelesaikan pekerjaan rumah, Taani meminta izin kepada Surinder untuk ikut kelas tari. Surinder mengizinkannya dan memberikan biaya pendaftarannya.

Surinder meminta sahabat baiknya, Bobby (Vinay Pathak) untuk makeover penampilannya. Bobby pun melakukannya dengan baik - mencukur habis kumisnya, mengubah gaya rambutnya dan memilihkan pakaian kasual (jeans dan kaos) untuk penampilan baru Surinder.

Malamnya, dengan tampilan barunya, Surinder mendatangi kelas tari Taani dan dipaksa instrukturnya untuk ikut menari bersama. Setelah selesai latihan, dibagikan nomor untuk kelompok sebelah kiri dan kanan. Dan masing-masing kelompok akan berpasangan bila nomor mereka sama. Tak dinyana, nomor Surinder kebetulan sama dengan Taani. Awalnya Surinder sangat malu dan enggan akan berpatner dengan istrinya, tetapi demi cintanya, Surinder dengan percaya diri mengenalkan dirinya sebagai Raj - nama karakter bintang film yang disukai Taani.

Setelah semua mendapatkan pasangannya masing-masing, lalu instruktur mengumumkan akan mengadakan kontes tari berpasangan. Hari berikutnya, Taani kesal kenapa bisa berpatner dengan Raj yang menurutnya norak dan tidak bisa menari dengan baik. Menyadari hal itu, Raj memutuskan memilih untuk tidak menjadi pasangan Taani lagi. Namun apa yang terjadi? Ternyata Taani malah terkesan dengan sikap Raj yang dianggapnya sangat gentle, lantas mereka pun berlatih keras untuk memenangkannya. Dimana akhirnya mereka berhasil masuk ke babak final.

Di rumah, Raj yang kembali menjadi Surinder, sangat senang mendengar kabar bahagia keberhasilan Taani masuk babak final. Juga, Surinder menanyakan nama patner Taani, dan dijawab Taani dengan wajah sumringah, Raj. Sehingga Surinder, menyadari senyum Taani telah kembali, tetapi sayangnya bukan dia orangnya, tetapi Raj yang telah menceriakan hati Taani.

Dalam rangka merayakan hari ulang tahun Raj, Taani telah mengiyakan akan menemani Raj seharian kemanapun pergi. Raj pun membawa Taani berkeliling ke tempat-tempat ibadah dan malamnya Raj telah mempersiapkan kejutan buat Taani, dari atas Taani melihat lampu rumah warga padam dan kemudian menyala secara bertahap tetapi tertulis jelas dari atas I LOVE YOU. Raj berterus terang mencintai Taani dan sudah tahu bahwa dia telah bersuami. Terkejut, Taani tak tahu harus bagimana menanggapinya, lantas dia bergegas meninggalkan Raj.

Setelah kejadian semalam, Taani mengalami konflik batin, di sisi lain suaminya, Surinder masih selalu ingin menarik perhatiannya dengan sikapnya yang baik dan penuh perhatian. Surinder pun mengajak Taani ke festival Jepang. Di sana Taani tidak bisa tenang dan pulang lebih awal, sementara Surinder bertarung sampai berdarah-darah dengan Shumo demi meraih hadiah 2 tiket berlibur ke Jepang.

Surinder berhasil memenangkan tiketnya, bukannya Taani senang, malah merasa sangat sedih sekali. Bahkan Taani meminta kepada Surinder untuk tidak melakukan apapun buatnya. Esok malamnya, Surinder mengajak Taani menonton di bioskop, sekali lagi Taani masih belum bisa tenang, sehingga dia meninggalkan Surinder dan menemui Raj. Bertemu dengan Raj, Taani bertanya kenapa Raj mencintainya, dijawab oleh Raj kalau dia melihat Tuhan di dalam diri Taani. Lantas Taani bertekad dalam hatinya dan mengatakan bahwa dia juga mencintai Raj dan memintanya untuk membawanya pergi.

Dilema, Surinder benar-benar berada dalam situasi dilema. Di satu sisi, dengan segala upaya yang telah dilakukannya buat Taani yang akhirnya mendapatkan kebahagiaannya dan mencintai lagi setelah bertemu dengan Raj, yang tak lain dan tak bukan Surinder. Tapi di sisi lain, Surinder tidak berani mengungkapkan tentang penyamarannya selama ini sebagai Raj, karena takut Taani akan menjadi Taani yang tidak bisa hidup bahagia dan mencintai.

Akhirnya, Surinder memutuskan akan menjadi Raj untuk Taani. Tapi esoknya, menjelang malam final kontes tari Taani, Surinder mengajak Taani ke kuil untuk sembahyang dan memanjatkan doa. Di sana, Taani tertegun, doanya dikabulkan tentang orang yang dalam dirinya ada Tuhan, ternyata adalah Surinder bukan Raj. Malam sebelum giliran Taani tampil, dia yang sudah sadar atas kekeliruannya selama ini, mengaku kesalahan kepada Surinder yang tidak peka melihat ketulusan dan betapa besarnya cinta yang telah dilimpahkan oleh Surinder untuknya. Pun dia memutuskan akan mencintai Surinder dan menjadi kekasih yang baik untuknya.

Saat Taani dan Raj dipanggil maju ke atas panggung untuk tampil, Taani berjalan tak bersemangat karena sudah tahu patnernya tidak akan datang. Tapi setelah beberapa kali dipanggil, tiba-tiba Surinder muncul dan maju di atas panggung. Taani terheran-heran bukan kepalang, lantas ketika musik diputar, Surinder dan Taani mulai menari, setiap langkahnya Taani sekelabat mengingat-ingat momennya bersama Raj, hingga dia sadar bahwa Raj ternyata adalah Surinder.

Selesai menari, Taani yang masih terheran-heran dan tak menyangka, mengungkapkan terima kasihnya kepada Surinder yang telah menghujaninya banyak cinta dan kebahagiaan, meski sekalipun dia tidak pernah membalasnya. Terungkapnya ini, membuat Taani semakin cinta kepada suaminya itu, maka mereka berpelukan dengan erat merayakan kebahagiaan. Pun kebahagiaan mereka bertambah setelah mereka diumumkan juara pertama kontes tari tersebut.

Akhir kisah, Surinder dan Taani berwisata ke Jepang, menggunakan 2 tiket yang dulu berhasil dimenangkan oleh Surinder.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook dan Twitter kamu. Dan Jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya!

Trailer Film Rab Ne Bana Di Jodi (2008)

advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()