02 Juli 2015

20 Fakta Menarik Film Rab Ne Bana Di Jodi (2008) Yang Harus Kamu Tahu


Tidak banyak film bollywood yang mengangkat cerita sulitnya menaklukkan hati seorang wanita yang telah dinikahinya. Kebanyakan film bollywood bercerita menaklukkan hati seorang gadis yang berakhir bahagia dengan pernikahan impian, yaitu, pernikahan yang diikat oleh cinta.

Alkisah, Taani (Anushka Sharma) tak dapat menolak permintaan terakhir Ayahnya, agar mau menikahi Surinder Sani (Shahrukh Khan), murid kesayangan Ayahnya. Pun pernikahan digelar tanpa ikatan cinta diantara mereka, kemudian tirai panggung kehidupan diangkat untuk menyaksikan kisah mereka selanjutnya.


Surinder tak dapat membohongi hatinya bahwa dia telah jatuh cinta pada pandangan pertama kepada Taani, dan menyadari sepenuhnya kalau Taani tak bakalan mencintainya selamanya. Namun dia sangat bersyukur kepada Tuhan yang telah memilihkan Taani sebagai jodohnya.

Tidak mau menyia – nyiakan anugerah Tuhan, Surinder berusaha keras menaklukkan hati Taani, meskipun itu dia harus menyamar menjadi orang lain, Raj Kapoor.

Taani yang masih dirundung kesedihan mendalam, setelah ditinggal mati Ayahnya dan calon suaminya. Lantas harus menjalani takdirnya menjadi istri seorang pria yang sama sekali tidak dicintainya, dan bukan pula termasuk tipenya.

Walau begitu, Taani tetap mengerjakan tugasnya sebagai istri, akan tetapi telah menolak untuk jatuh cinta lagi selamanya.

Lalu, apa yang terjadi selanjutnya? Yuk! Nonton film ini.

Tapi sebelum nonton, yuk cekidot fakta - fakta menarik film Rab Ne Bana Di Jodi yang harus kamu tahu.

1. Shahrukh Khan berperan ganda di fim ini, 2 karakter yang diperankannya sebenarnya terinspirasi dari 2 kontestan program Kya Aap Paanchvi Paas Se Tez Hain? Game Show yang tayang di Televisi India, Star Plus, dimana Shahrukh sebagai Hostnya.

2. Kalimat yang sering diucapkan Shahrukh di film ini yaitu Hum Hain Rahi Pyar Ke, Phir Milenge Chalte Chalte. Rupanya diambil dari 3 judul film ketiga Khan. Hum Hain Rahi Pyar Ke (1993), film Aamir Khan. Phir Milenge (2004), film Salman Khan dan Chalte Chalte (2003), film Shahrukh .

3. Di Film ini Shahrukh mengenakan wig dan kumis palsu bila berperan sebagai Surinder, dan ia mengaku merasa tidak nyaman ketika mengenakan keduanya.

4. Aktris cantik bollywood, Sonam Kapoor, mengikuti casting untuk pemeran utama wanita di film ini. Pun dia termasuk salah satu yang diutamakan. Tapi sayang dia tak terpilih.


5. Anushka berhasil memerankan Taani sangat bagus, sehingga ia masuk dalam nominasi Aktris Terbaik dalam ajang Filmfare Award.

6. Adalah Rab Ne Bana Di Jodi debut film Anushka di bollywood, dan berkecimpung di dunia akting.

7. Promosi musik pertama film ini, yakni lagu Haule Haule dirilis pada tanggal 2 November 2008, di semua saluran televisi terkemuka di India, bertepatan hari ulang tahun Shahrukh yang ke-43 tahun.

8. Yash Raj Films, biasanya selalu mempercayakan kepada Lata Mangeshkar sebagai Female Playback Singer di banyak film mereka sebelumnya. Namun, kali ini Yash Raj lebih memilih Sunidhi Chauhan dan Shreya Goshal.

9. Begitu juga dengan Male Playback Singer, dipercayakan kepada Sonu Nigam, Roop Kumar Rathod, Sukhwinder Singh dan Labh Janjua. Padahal, Shahrukh sangat mengharapkan penyanyi favoritnya, Udit Narayan dan Abhijeet.

10. Poster film Rab Ne Bana Di Jodi menampilkan Surinder dan Taani dalam pose menari. Ternyata, pose itu terinspirasi dari film Baarsat (1949), yang dibintangi Raj Kapoor dan Nargis.


11. Yash Raj Films membayar royalti kepada sejumlah aktor legendaris bollywood, antara lain : Raj Kapoor, Shammi Kapoor, Rishi Kapoor, Dev Anand dan Rajesh Khanna. Atas setiap bait lagu dan judul dari film-film mereka yang dinyanyikan dalam lagu Phir Milenge Chalte Chalte.

12. Rab Ne Bana Di Jodi termasuk film yang bergenre komedi romantis, dirilis tepatnya pada tanggal 12 desember 2008 lalu, serentak di 30 negara.

13. Sehari rilis, nashkah film ini telah diakui sejumlah kritikus dan diundang untuk dimasukkan dalam Perpustakaan Margaret Herrick dari Academy of Motion Picture Arts And Sciences (AMPAS). Tujuannya, supaya naskah film ini dapat diakses untuk penelitian oleh para pelajar, pembuat film atau para pengunjung perpustakaan.

14. Soundtrack film ini digubah oleh Salim - Sulaiman, dan menjadi yang pertama soundtrack film bollywood mencapai top 10 album paling laris di toko iTunes.

15. Rab Ne Bana Di Jodi mengisahkan sebuah cerita dari sudut pandang orang biasa, yang menyampaikan sebuah pesan penting, bahwa menjadi "biasa" adalah keren.

16. Shahrukh yang sudah bersusah payah membentuk perut six-packnya untuk lagu Dard-E-Disco (Ost. film Om Shanti Om), harus rela menghilangkannya, karena tuntutan peran sebagai Surinder di film ini, lelaki biasa - biasa saja.

17. Syuting film ini dimulai pada bulan Mei tahun 2008, dimana sebagian tempat syutingnya dilakukan dengan Shahrukh di Golden Template (Kuil Emas) daerah Amritsar, Punjab.


18. Para aktris cantik bollywood yang nongol di lagu Phir Milenge Chalte Chalte berdandan ala aktris legendaris bollywood, untuk memberikan penghormatan.

Adapun mereka : Kajol sebagai Nargis, Bipasha Basu sebagai Sadhana, Lara Dutta sebagai Helen, Preity Zinta sebagai Sharmila Tagore dan Rani Mukherji sebagai Neetu Singh.

19. Untuk cewek, pelajaran apa yang bisa kamu petik dari menonton film ini? Jawabannya, adalah jika seorang pria benar - benar mencintaimu dengan tulus, ia tidak akan memintamu untuk mengubah apapun tentang dirimu.

(Ingat Surinder) Ciri seorang pria sejati, dimana ia akan mengubah segalanya tentang dirinya hanya buat KAMU.

20. Terdapat 2 (dua) kesalahan di film ini yang banyak penggemar tidak menyadarinya. Apa saja?

1) Ketika Surinder sarapan tidak ada vas bunga di atas meja makan.


Tapi, ketika ia akan meninggalkan memo untuk taani, sebuah vas bunga tampak di atas meja, lalu ia pun mengambil setangkai rose dai vas-nya untuk diletakkan di atas memo.


2) Lihat, kedua tangan Raj dalam keadaan kosong. 


Abrakadabra, ia sudah punya kacamata untuk tebar pesona di kelas tari Taani.


Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya! ^_^