10 Fakta Menarik Film Ra.One (2011) Yang Harus Kamu Tahu


Film Ra. One dibintangi Shahrukh Khan, Kareena Kapoor dan Arjun Rampal, ini merupakan film bergenre superhero. Nyaris tidak ada film produksi bollywood yang bertema manusia berkostum dan bertopeng ini.

Kebanyakan superhero dalam film produksi bollywood adalah manusia berpakaian biasa atau paling tidak berseragam polisi saja. Yang menumpas kejahatan, menegakkan keadilan dan merebut cinta sang kekasih.

Walaupun yang terakhir tidak berkonotasi negatif. Namun, seringkali Ayah sang gadis seorang gembong penjahat kelas kakap atau politikus korup yang tega menyengsarakan rakyatnya. Sehingga sang superhero cinta ini akan selalu mengalami dilema cinta.

Seingat kami masih ada 2 film bergenre superhero produksi bollywood. Pertama film Krrish - yang dibintangi Hrithik Roshan. Dan kedua film ini - yang sedang kita bahas. Menariknya, biasanya judul sebuah film superhero menunjukkan superhero itu sendiri.

Tetapi kita terkecoh oleh film ini. Sebenarnya Ra.One adalah musuh bebuyutan dari G.One, sang superhero sebenarnya. Jika kita menyaksikan film superhero lain, seperti Krrish, Batman, Spiderman, pasti mereka adalah sang superheronya, bukan?

Yuk! Kita simak beberapa fakta menarik yang patut kita tahu tentang film Ra.One. Sebenarnya, film ini sudah pernah tayang di siaran SCTV. Sedangkan DVD film ini barangkali sudah beredar luas di Indonesia, baik yang original/asli mau pun bajakan.

1. Rilis dalam versi 3D


Dalam versi 3D, film Ra.One disuguhkan tentu saja lebih mentereng dari biasanya. Disinyalir hampir menyamai kualitas Hollywood. Dengan tampilan 3D film ini dimaksudkan kian mampu menunjukkan keunggulannya.

2. Juga rilis dalam versi bahasa Telugu, Tamil bahkan Jerman


Demi memuaskan dahaga para fansnya, yang dinamai Rukhster. Film ini dibuatkan dalam berbagai versi bahasa, antara lain telugu dan tamil. Semantara itu, Ra.One juga didubbing dalam versi bahasa Jerman.

3. Dipersembahkan untuk Yash Johar dan anak-anaknya


Siapa Yash Johar? Dia adalah ayah Karan Johar - sutradara populer di bollywood. Shahrukh sudah beberapa kali ambil bagian dalam proyek Rumah Produksi Yash Johar sebagai pemeran utama. Diantaranya, film Kuch Kuch Hota Hai, Kabhi Khushi Kabhi Gham dan Kal Ho Naa Ho.

Sehingga Shahrukh sangat merasa dekat dengan Yash, bahkan sudah menganggapnya sebagai Ayah. Oleh karena itu, film ini dia persembahkan khusus buat Yash yang telah tenang di sana.

Pun film ini juga Shahrukh persembahkan buat anak - anaknya. Yaitu, Arya Khan, Suhana Khan dan Abram Khan. Dia ingin menunjukkan kepada anak-anaknya bahwa Ayah mereka sangat keren dan macho.

4. Diproduksi dengan biaya yang sangat mahal


Pada tahun 2011, film ini tercatat salah satu film yang paling mahal produksi bollywood. Tepat berada di bawah film Blue yang dibintangi Akhsay Kumar. Namun, sampai saat ini masih ada kesimpangsiuran mengenai biaya pembuatan film ini yang diklaim salah satu terbesar.

5. Penjahat yang super tangguh


Seperti yang disampaikan diawal kalau Ra.One adalah penjahat. Dengan kekuatan super yang amat dahsyat. Peran ini dimainkan sangat apik oleh Arjun Rampal. Sebelumnya Arjun pernah memerankan antagonis dalam film Om Shanti Om, dengan lawan main Shahrukh Khan. Kali ini mereka juga beradu akting di layar lebar dalam balutan dan genre film yang berbeda.

6. Dari televisi ke layar lebar


Anubhav Sinha bertugas dibangku sutradara dan penulis skenario. Siapa sangka? Cikal bakal munculnya ide cerita film ini terinspirasi oleh sebuah iklan di TV yang mempertontokan seorang anak memainkan robot mainannya.

Setelah itu, Anubhav mengusulkan ide cerita ini kepada Shahrukh. Dan lanjut cerita Anubhav diminta mengarahkan langsung pembuatan film ini.

7. Inspirasi atau plagiat?


Tak dapat dipungkiri kalau poster film Ra.One yang menggambarkan Shahrukh mengangkat Kareena mirip sekali dengan poster film Batman Begins. Tetapi, kemiripan poster bukan berarti memiliki kesamaan alur cerita. Film ini memiliki alur cerita yang sangat jauh dari film Batman Begins. Tetapi memiliki kesamaan genre yaitu superhero.

8. Proyek impian


Ra.One adalah film impian Shahrukh. Bayangkan, selama 2 tahun Shahrukh memeras otaknya untuk pembuatan film ini. Dia terlibat langsung di film ini yang langsung digawangi Rumah Produksinya, Red Chillies Entertainment. Walau ini merupakan mega proyek, dengan anggaran yang sangat besar, Shahrukh tidak mundur selangkah pun.

Malah dia optimis karena film ini ditangani oleh kru film handal. Bahkan salah satu playback singer soundtrack film Ra. One yang berjudul "Chammak Challo"  yaitu penyanyi populer internasional, Akon.

Pun Shahrukh ingin menciptakan sejarah perfilman bollywood melalui film Ra. One.

9. Peran ganda


Di film ini kita tahu Shahrukh berperan ganda. Dimana salah satu meninggal. Lantas peran G.One sendiri di film ini adalah manusia robot yang terlahir dari permaianan sebuah game.

10. Kisah superhero


Seperti yang disampaikan diawal kalau bollywood nyaris tidak memproduksi film bergenre superhero. Genre film ini dimonopoli oleh Hollywood. Sehingga barangkali inilah salah satu alasan Shahrukh ngebet memproduksi film ini.

Walaupun sebenarnya bollywood sudah kadung dikenal memproduksi film drama romantis, apalagi masyarakat Indonesia. Tetapi, kemajuan teknologi perfilman bollywood saat ini, bukan tidak mustahil film bergenre superhero akan diproduksi lebih banyak lagi. Dengan efek visual yang apik laiknya Hollywood. Lihat saja film Krrish 3.

Baiklah, mudah - mudahan Shahrukh memang berniat membuat sekuel film Ra.One, dengan yang lebih bagus. Semoga saja!

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya! ^_^
advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()