5 Lagu Soundtrack Film Bollywood Dengan Lirik Terbaik Tahun 2011

Gulzar dinobatkan sebagai penulis lirik lagu yang meraih trofi kategori "Best Lyricist" terbanyak sepanjang sejarah Filmfare Awards. Terhitung penghargaan untuk kategori ini pertama kali dianugerahkan kepada penulis lirik pada tahun 1958 dan berlanjut hingga sekarang.

Sebanyak 11 trofi telah dikoleksi Gulzar. Selanjutnya, yang paling mendekati perolehan Gulzar yaitu penulis lirik, Javed Akhtar. Ayah kandung Farhan Akhtar ini telah berhasil membawa pulang 8 trofi kategori "Best Lyricist". Usia terpaut 10 tahun lebih muda dari Gulzar, peluang Javed untuk menyamai rekor masih sangat terbuka lebar.


Peraih trofi terbanyak ketiga yaitu Anand Bakshi dengan 4. Kemudian dibuntuti oleh empat penulis lirik yang telah berhasil mengumpulkan 3 trofi. Sebut saja Shakel Badayuni, Shailendra, Sameer dan Prasoon Joshi. Pun menarik, Badayuni, berhasil membawa pulang trofi tersebut sekejap dalam 3 tahun berturut - turut, 1961 s/d 1963.

Yang mengejutkan, pada ajang Filmfare Awards 2015 barusan, untuk pertama kalinya penulis lirik wanita berhasil mencuri trofi tersebut dari tangan pria. Rashmi Singh telah membuat sejarah baru.

Yup! Kita beralih ke judul. Di bawah ini merupakan 5 lagu soundtrack dengan lirik terbaik tahun 2011 menurut juri Filmfare.

1. Nadaan Parindey - Soundtrack Film Rockstar



Lirik lagu Nadaan Parindey ditulis oleh Irshad Kamil. Berkat lagu ini Irshad berhasil membawa pulang trofi kategori "Best Lyricist" pada ajang Filmfare Awards 2012. Menariknya, 14 judul lagu dalam album soundtrack film ini semua liriknya ditulis Irshad. Tapi yang dapat mencuri perhatian para juri yaitu lagu ini dan lagu Sadda Haq. 

Lantas yang mengaransemen semua lagu soundtrack di film Rockstar hasil kreasi dari sang maestro, A.R. Rahman. Ada pun yang menyutradai film ini yaitu Imtiaz Ali. Nah, mungkin bagi yang belum tahu, film ini dibintangi oleh Ranbir Kapoor dan si seksi, Nargis Fakhri. 

Lalu, berkat akting Ranbir yang benar - benar total di film ini. Dia juga berhasil membawa pulang trofi kategori "Best Male Actor", untuk yang pertama kalinya. 


2. Darling - Soundtrack Film 7 Khoon Maaf 



Juga yang masuk dalam daftar 5 lagu soundtrack film bollywood dengan lirik terbaik tahun 2011 yaitu lagu "Darling" dari soundtrack film 7 Khoon Maaf. Ada pun yang menulis lirik lagu ini yaitu Gulzar. Sementara yang mengaransemen lagu ini menjadi sangat kece dan asyik yaitu Vishal Bhardwaj - yang sekaligus menyutradarai film ini.

Sebenarnya, lagu ini gubahan ulang dari lagu tradisional Rusia yang berjudul "Kalinka".

Pun yang membintangi film ini selain Priyanka Chopra, juga dibintangi Neil Nitin Mukesh. Dan didukung para bintang film yang telah lama berkarir di bollywood. Sebut saja Naseeruddin Shah, Irfan Khan, Annu Kapoor dan Jhon Abraham.

3. Sadda Haq - Soundtrack film Rockstar



Inilah lagu kedua dari album soundtrack film Rockstar yang berhasil mencuri perhatian juri Filmfare. Menarik, lagu ini yang paling populer di album soundtrack film Rockstar dan juga dijuluki "Youth Anthem". Lantaran lirik lagu ini mewakili tumpahan isi hati anak muda. 

Ceritanya, kan kita tahu di film ini Ranbir dibuat patah hati oleh gadis pujaannya, Nargis Fakhri. Lantas dia menciptakan lagu ini dan beberapa lagu lain yang berisi tumpahan isi hatinya. Yang rupanya sangat digemari banyak orang dan hits di film ini. Begitu juga di luar film.

4. Senorita - Soundtrack Film Zindagi Na Milegi Dobara 



Berikutnya, lagu senorita dari soundtrack film Zindagi Na Milegi Dobara yang dianggap memiliki lirik terbaik tahun 2011. Yang menarik selain lagu ini masuk nominasi, juga lagu ini dinyanyikan oleh para pemain film ini. 

Hrithik Roshan, Farhan Akhtar dan Abhay Deol yang menyanyikan lagu ini. Ternyata mereka bisa juga loh nyanyi. Bagaimana pendapatmu? Ada pun yang menulis lirik lagu ini yaitu Javed Akhtar. Film ini kerja sama keluarga Akhtar. Dimana yang menyutradarai film ini yaitu Zoya Akhtar. Dan diproduksi oleh Excel Entertainment, milik Farhan Akhtar - yang turut membintangi film ini. Mantap, bukan?

Film ini juga dibintangi Katrina Kaif dan Kalki Koechlin. Nah, di film inilah Hrithik dan Katrina dipertemukan untuk pertama kalinya di layar lebar. 

5. Chammak Challo - Soundtrack Film Ra.One  



Akhirnya, sampai juga pada urutun 5. Lagu "Chammak Challo" dianggap memiliki lirik terbaik tahun 2011 oleh juri Filmfare. Lagu ini dinyanyikan penyanyi internasional, Akon, featuring Hamsike Iyer. Ada pun yang menulis lirik lagu ini hasil kolaborasi dari Vishal Dadlani dan Niranjar Inyengar.

Untuk pemain film Ra.One mungkin kita sudah tahu, kan? Film ini dibintangi Shahrukh Khan dan si seksi Kareena Kapoor. Untuk genre, film ini termasuk bergenre superhero. Kabarnya, film ini proyek ambisius Shahrukh. Tak tanggung - tanggung film ini termasuk salah satu film beranggaran terbesar di bollywood.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook dan Twitter kamu. Dan jangan pernah ketinggalan artikel terbaru, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami sekarang, juga!
advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()