15 Fakta Menarik Film Kal Ho Naa Ho (2003) Yang Harus Kamu Tahu


Air mata tak dapat terbendung, sehingga tumpah ruah membanjiri kedua pipi ini, manakala Shahrukh meninggalkan dunia yang fana dalam film ini. Sebuah akhir kisah film yang mengharukan.

Tidak hanya para pemain di dalam film ini yang larut dalam keharuan. Kami percaya. bahwa penonton pun turut merasakan keharuan yang serupa.

Shahrukh benar – benar lihai berakting, tak ayal, dia menjadi aktor bollywood peraih terbanyak penghargaan “Aktor Terbaik”  pada ajang Filmfare Award, oscarnya bollywood.

Disamping film ini sangat mengharukan. Juga, pada beberapa adegan, kita dibikin tergelitik, dan merasa gemes melihat tingkah para pemainnya.

Baca juga : Sinopsis Singkat Film Kal Ho Naa Ho (2003)

Meski film ini sudah sering banget tayang di layar kaca Indonesia, namun selalu saja dapat membuat penonton menghabiskan sekotak tisu. Tetapi apakah kamu sudah tahu beberapa fakta menarik tentang film Kal Ho Naa Ho? Yuk kita simak.

1. Ternyata, Kareena Kapoor yang seharusnya memerankan Naina di film ini. Namun, karena tidak adanya kesepakatan gaji antara Kareena dengan Karan Johar – selaku produser film ini - maka film yang sudah kita saksikan tidak melihat Kareena sama sekali.

Padahal ya, kabarnya Karan ketika menulis naskah film ini sudah berandai - andai peran Naina akan dimainkan Kareena. Sebab, Karan sangat terkesima melihat akting Kareena – sang Diva bollywood - pada film - film yang dibintanginya.

2. Sebenarnya, Neetu Sing (istri Rishi Kapoor atau Ibu Ranbir Kapoor) sudah menandatangani kontrak akan berperan sebagai Jennifer, ibu Naina. Namun, tanpa sebab yang jelas mendadak Neetu membatalkannya, sebelum syuting film ini dilaksanakan.

Hal ini tentu saja membuat kewalahan Karan, apalagi waktu syuting sudah mepet banget. Maka segera Karan mencari pengganti yang tepat berperan sebagai Jenny, akhirnya pilihannya jatuh pada Jaya Bachchan.

3. Untuk lokasi syuting film Kal Ho Naa Ho, sebenarnya sudah ditetapkan di kota Toronto, Kanada. Tetapi karena pada waktu itu virus SARS telah menjangkiti beberapa penduduk di kota itu, sehingga menyebabkan ketakukan para pemain dan kru film untuk syuting di kota Toronto.

Maka diambil inisiatif, syuting dilakukan di kota New York, Amerika Serikat. Namun, beberapa lagu seperti ‘Kuch To Hua Hai’ tetap gambarnya diambil di kota Toronto.

4. Dan demi menghemat pengeluaran, film Kal Ho Naa Ho hanya syuting di 2 kota ini saja : Toronto dan New York.

5. Pada awal film, kita menyaksikan Naina sedang berjoging. Tapi tahukah kamu kalau pada saat melakukan adegan tersebut, Naina (Preity Zinta) terjatuh, sehingga mengakibatkan cedera yang cukup serius.

Lantas, untuk mensiasati agar pengambilan gambar ini selesai, pun dicari seorang model yang memiliki kesamaan postur dengan Preity.

6. Di film ini kita juga menyaksikan ada adegan naina kecil bermain dengan ayahnya. Nah, peran sang ayah sebenarnya diperankan oleh Anil Mehta, sinematografi film ini.

7. Lalu, adegan nenek Naina menyanyikan lagu ‘Maar Dala’, sebenarnya itu salah satu lagu dalam film Shahrukh, Devdas.

8. Belajar dari tuntutan hukum pelanggaran hak cipta lagu yang menimpa film Kabhi Khushi Kabhi Gham. Maka tim film Kal Ho Naa Ho membeli hak cipta lagu Pretty Woman, yang dipopulerkan Roy Orbison.

9. Gia (Jhanak Shukla), gadis kecil yang selalu dikucilkan atau tak dianggap oleh neneknya, selalu membayangkan mempunyai keluarga yang utuh dan harmonis dengan bermain boneka kesayangannya. Menariknya, boneka mainan tersebut ternyata sengaja dibuat mirip oleh Townhouse, edisi spesial.

10. Lalu, rupanya yang membuatkan baju untuk boneka – boneka tersebut yaitu Preity Zinta.

11. Adapun film Kal Ho Naa Ho dibintangi oleh para seleb papan atas bollywood. Dan inilah para pemainnya : Shahrukh Khan (Aman), Preity Zinta (Naina), Saif Ali Khan (Rohit), Jaya Bachchan (Jenny), Reema Laago (Ibu Aman), Athit Naik (Shiv Kapur - Adek cowok Naina) dan Gia (Jhanak Shukla - Adek cewek Naina)

12. Laporan BoxOfficeIndia kalau film ini berhasil meraup pendapatan total 35 crore, dan dideklarasikan Hit.

13. Kal Ho Naa Ho adalah film kedua bollywood yang ditayangkan di Jerman (yang pertama film Kabhi Khushi Kabhi Gham), tepatnya pada awal tahun 2005. Sejak itu, film bollywood semakin populer di Jerman, dan film - film bollywood lainnya ditayangkan di TV pada prime time, juga DVD-nya laris manis.

14. Bukan saja di Jerman, ternyata di Perancis film ini juga dirilis dengan judul New York Masala, pada tahun 2005. Dan di Polandia dengan judul Gdyby Jutra Nie Bylo (If Tomorrow Never Comes), pada tahun 2006.

15. Oleh BBC Network menempatkan album soundtrack film Kal Ho Naa Ho pada posisi 5 dalam Top 40 Album Soundtrack Sepanjang Masa.

Demikian beberapa fakta menarik film Kal Ho Naa Ho.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya! ^_^
advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()