21 Fakta Menarik Film Kuch Kuch Hota Hai (1998) Yang Harus Kamu Tahu


Film Kuch Kuch Hota Hai  dibintangi oleh Shahrukh Khan, Kajol, Rani Mukherji dan Salman Khan. Sungguh ini merupakan film yang melambungkan nama Shahrukh di Indonesia.

Film ini  benar – benar mampu membuat hati trenyuh, sehingga banyak air mata berjatuhan. Ternyata cinta dalam hati memang menyakitkan. Inilah kisah pilu cinta segitiga dan dilema antara cinta dan persahabatan.

Sempurna buat sebuah film bergenre drama romantis melankolis.

Lalu, apa sih fakta - fakta menarik film Kuch Kuch Hota Hai? Dan apa saja yang melatarbelakangi pemilihan aktor dan aktris, serta tetek bengek dalam memproduksi film ini? Yuk! Kita simak.

Baca juga : Sinopsis Singkat Film Kuch Kuch Hota Hai (1998)

1. Awalnya, peran Tina Maholtra khusus dibuatkan Karan Johar – yang bertindak sebagai sutradara - kepada aktris Twinkle Khanna – kini istri Akshay Kumar.


Kabarnya, Karan sangat menggilai kecantikan Twinkle. Adapun nama Tina, juga memang sengaja memiliki kesamaan dengan nama binatang kesayangan Twinkle. Namun siapa sangka, Twinkle malah menolak peran tersebut.

2. Setelah peran Tina ditolak mentah-mentah oleh Twinkle, lalu Karan meminta aktris yang tak kalah cantik pula, Raveena Tandon, tetapi dia juga menolak.


Lantas, berturut – turut Karan meminta Aishwarya Rai, Tabu, Urmila Matondkar dan Kharisma Kapoor. Namun para aktris cantik tersebut juga menolak dengan sopan.

3. Atas rekomendasi Aditya Chopra, akhirnya peran Tina jatuh ketangan aktris yang juga berparas cantik, Rani Mukherji.

4. Faktanya, peran Tina berhasil dilakoni Rani sangat baik. Padahal, sebelumnya Karan juga tak percaya Rani akan mau memerankannya.


Namun, kabarnya Rani sangat tertarik memainkannya, setelah ia selesai membaca naskah film ini. Bahkan berujar bahwa hanya ia yang mampu memerankan Tina.

5. Karan menampilkan Tina dengan karakter bersuara serak. Tak dinyana, karakter bersuara serak Tina telah membawa berkah buat Rani, sehingga melekat dengan dirinya, dan dianggap sebagai ciri khasnya.

6. Untuk peran Aman Mehra, awalnya Karan menjatuhkan pilihannya kepada Saif Ali Khan, namun Saif menolak peran tersebut. Akan tetapi, ternyata bukan saja Saif, Ajay Devgan dan Chandrachur Singh juga menolak peran Aman.


7. Pada akhirnya Salman Khan lah yang memerankan Aman Mehra. Pada saat itu, hubungan Shahrukh dan Salman cukup baik, bahkan bisa dibilang bersahabat. Sebelumnya, mereka juga sudah pernah membintangi film bersama, yakni Karan Arjun (1995).

8. Shahrukh dan Kajol untuk memerankan karakter mereka sebagai Rahul dan Anjali di film ini dituntun bisa bermain basket.

Jadi, karena waktunya yang tidak memungkin lagi belajar bermain basket dengan baik. Alih alih Karan mensiasati adegan permainan basket di film ini dengan menggunakan trampolin ketika mereka melompat memasukkan bola ke keranjang.

9. Ketika Kajol beradegan bersepeda dalam lagu Yeh Ladka Hai, naasnya, ia mengalami kecelakaan yang mengakibatkan cedera pada lututnya. Dimana ia terhempas, mencium tanah cukup keras, yang membuatnya jatuh pingsan beberapa menit lamanya.

Tapi dari hasil jerih payah yang mengakibatkan luka serius tersebut tak sia – sia belaka. Karena ia berhasil memberikan nuansa dalam lagu tersebut menjadi lebih indah.

10. Lalu, dalam lagu Ladki Badhi Anjani Hai, Shahrukh dan Kajol benar – benar membuat penonton terbuai dan berfantasi.

Farah Khan, koreografer lagu tersebut berhasil membuatnya indah melalui sentuhan lembutnya.

Dimana adegan sari yang dikenakan Kajol dibikin melayang – layang dihembus angin, sehingga seketika Shahrukh menyadari kalau cintanya bakalan kembali lagi.

11. Di film ini Shahrukh berusia sekitar 33 tahun, makanya tampak masih muda banget, kan!

12. Banyak yang nggak tau, kalau sebenarnya Kajol dan Rani Mukherji sepupu lho.

13. Fantastis! Film ini meraup pendapatan total sebesar 45,25 crore, dan berhasil mencetak All Time Blockbuster. Sehingga ini film kedua Shahrukh - Kajol mencetak All Time Blockbuster, yang pertama Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995).

14. Kuch Kuch Hota Hai adalah debut film Karan bertindak sebagai Sutradara.

15. Selain bertindak sebagai sutradara, Karan juga ternyata sibuk banget sebagai Desainer Kostum, bareng dengan teman baiknya, Manish Malhotra.

Dengan film ini, Karan berkeinginan membuat level baru style di industri bollywood.

16. Lama syuting film ini berkisar 9,5 bulan. Adapun lokasi syutingnya sebagian besar diambil di Mauritius (Perancis).

Lalu, untuk lagu Kuch Kuch Hota Hai syutingnya diambil di tempat - tempat yang indah di Skotlandia, antara lain : Eilean Donan, Glen Coe, Loch Lomond, Tantallon Castle dan Bass Rock.


17. Javed Akhtar menolak menulis lirik untuk film ini. Alasannya, karena ia beranggapan judul film ini agak kotor (baca: senonoh).

Kemudian Saamer mengambil alih tugas ini, dan voila! lagu - lagu di film ini terkenal dimana - mana.

18. Laporan dari IMDb, kalau sebenarnya peran Anjali juga sempat ditawarkan kepada aktris cantik Juhi Chawla.

Tapi jujur ya, saya tidak bisa membayangkan aktris lain yang akan memainkan peran anjali kecuali Kajol.

19. Banyak yang nggak tahu kalau film Kuch Kuch Hota Hai didasarkan pada Komik Archie.


Dimana karakter Shahrukh adalah Archie, Kajol adalah Betty dan Rani adalah Veronica. Bukan cuma itu, bahkan karakter Anupham Kher didasarkan pada Mr. Weatherbee.

20. Majalah terkenal, TIME, sangat menghargai film ini, dengan menempatkannya termasuk salah satu dari 5 Essential Bollywood Movies yang harus tersedia di Netflix.

5 Essential Bollywood Movies To Netflix 


1. 3 Idiots (2009)
2. Jodhaa Akbar (2008)
3. Lagaan (2001)
4. Kuch Kuch Hota Hai (1998)
5. Dil Se (1998)

21. Karan telah mengkombinasikan dua cerita dan membaginya menjadi pertama dan kedua di film ini.


Sebagaimana cerita pertama adalah seorang playboy kampus yang jatuh cinta pada sahabatnya yang tomboy. Lalu, cerita kedua adalah seorang anak perempuan yang membantu Ayahnya mendapatkan cinta pertamanya kembali.

Lantas, dengan kekuatan kombinasi cerita ini, kita telah disajikan sebuah film yang hebat dalam sejarah bollywood.

Yuk! Nonton lagi film Kuch Kuch Hota Hai. Percayalah! Sesudah membaca artikel ini, kamu pasti akan memiliki pandangan dan perasaan berbeda ketika menyaksikan film ini lagi. Coba deh!

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya! ^_^
advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()