15 Oktober 2015

15 Fakta Menarik Film Koi Mil Gaya (2003) Yang Harus Kamu Tahu


Yeay! Koi Mil Gaya salah satu film Sci-Fi pertama yang diproduksi bollywood. Tak heran jika para penonton sangat antusias ingin menyaksikan film ini di bioskop.

Tak ayal ketika film ini tayang, penonton membludak. Sehingga film ini pun mengumpulkan pundi - pundi berisi uang yang sangat banyak.

Dilaporkan bahwa film ini berhasil meraup pendapatan sebanyak Rs 42 crore, yang dideklarasikan blockbuster dan terlaris pada tahun 2003.

Padahal, Koi Mil Gaya berkompetisi di sirkuit Box Office dengan film drama romantis yang dibintangi oleh Shahrukh Khan, yakni Kal Ho Naa Ho. Tapi, nampaknya Koi Mil Gaya berhasil mengalahkan Kal Ho Naa Ho dari sisi pendapatan.

Lihat juga : Inilah Daftar Lagu Soundtrack Film Koi Mil Gaya

Barangkali, salah satu faktor penentu yang membuat film ini perkasa tahun 2003, disebabkan film ini layak ditonton oleh semua kalangan. Bahkan anak - anak sangat menyukai film ini lantaran tokoh Rohit dan Alien.

Seperti yang kita saksikan, bahwa Rohit (Hrithik Roshan) di film ini berprilaku laiknya anak - anak, walau sudah sepantasnya dewasa. Juga, bentuk dan karakter Jadoo (alien) yang sangat menggemaskan dan lucu, yang tentu saja disukai anak - anak.

Yuk! Kita simak fakta - fakta menarik film Koi Mil Gaya di bawah ini.

1. Koi Mil Gaya termasuk salah satu film bollywood pertama yang mengusung genre Science Fiction.

2. Ternyata di film ini Hrithik sangat sulit menyesuaikan tubuhnya yang kekar, menjelma laiknya anak berusia 11 tahunan. Ini disebabkan pada waktu yang bersamaan dia juga sedang syuting film Main Prem Ki Diwani Hoon.

Sehingga tim make-up berusaha sekeras mungkin melakukan yang terbaik. Maka jalan satu-satunya yang dapat ditempuh dan mudah yaitu Hrithik diharuskan mengenakan pakaian yang agak longgar.

3. Selama syuting film ini, Hrithik rupanya sedang menderita sakit di sekitar saraf lehernya. Sehingga dia rutin melakukan pijat leher dari terapis terbaik untuk meredakan sakit di lehernya dan memulihkannya.

4. Melodi atau nada yang digunakan untuk berkomunikasi dengan alien atau jadoo diambil dari  Album Trans Europe Express yang digarap oleh Kraftwerk.

5. Peran Nisha sebenarnya diperuntukkan buat Aishwarya Rai Bachchan, tapi Aish menolak peran ini. Dan seperti yang sudah kita saksikan, sangat apik diperankan oleh Preity Zinta.


6. Bentuk dan karakter Jadoo hasil karya dari James Colmer. Awalnya, suara Colmer yang akan digunakan dalam peran Jadoo, namun setelah film ini selesai suaranya digantikan oleh yang lain.

7. Orang yang ada di dalam tubuh Jadoo diperankan oleh Chotu Dada. Seluruh tubuh Chotu masuk dalam kostum atau pakaian Jadoo, sehingga dia sangat sulit melihat.


8. Owh! Ketika adegan Hrithik menggendong Jadoo itu rupanya hanyalah boneka Jadoo. Pengambilan gambar ini harus dipotong sehalus mungkin, untuk membuat adegan tersebut seolah - olah nyata dimana Jadoo kelihatan hidup.

9. Untuk menampilkan imej yang menggemaskan untuk seorang pemuda yang cacat mental, Hrithik tidak menemukan kacamata yang pantas untuknya, walau setelah berbagai model kacamata telah dicoba.

Lantas dia teringat kacamata keberuntungannya, yaitu kacamata Raj Chopra di film Kaho Na Pyaar Hai. Dan dia pun memakainya lagi di film ini.

10. Di film ini ada adegan ketika Rekha memarahi putranya (Rohit) yang asyik memainkan komputer tua milik mendiang suaminya. Di adegan tersebut Rekha berkata dengan tegas akan menampar putranya bila tak berhenti memain - mainkannya.

Ngenesnya, Hrithik pikir hanya akan mendapatkan tamparan kecil pada saat syuting adegan tersebut, namun Rekha ternyata terbawa emosi lantas menampar Hrithik dengan keras. Lalu, Hrithik seketika terkejut dan syok melihat aksi Rekha ini.

11. Di film Koi Mil Gaya ini, kita tahu ayah Rohit meninggal karena kecelakaan, hal ini sama yang dialami oleh ayah Preity, meninggal akibat kecelakaan ketika ia berusia 13 tahun.

12. Faktanya, sutradara film ini, Rakesh Roshan, mengincar Rekha memainkan peran Ibu Rohit, tapi ia khawatir Rekha akan menolaknya. Lantas, ia mengundang Rekha ke rumahnya, dengan dalih meminta pendapat Rekha tentang naskah film ini.

Setelah mendengarkan naskahnya, Rekha begitu bersemangat, lantas dengan sendirinya, ia mengatakan ingin memainkan peran Ibu Rohit di film ini.

13. Koi Mil Gaya bukan lah film E.T the Extra-Terrestrial (1982) dalam versi bollywood, namun cerita film ini paralel lebih mendekati ke film India - Amerika, The Alien (batal diproduksi) - yang disutradarai oleh Satyajit Ray.



14. Membanggakan, film ini di ajang Filmfare Award Ke-49 berhasil memboyong trofi sebanyak 5, antara lain : Best Actor, Best Actor Critics, Best Film, Best Director dan Best Choreography (untuk lagu Idhar Chala Main Udhar Chala).

Yuk! Nonton video klip lagu Idhar Chala Main Udhar Chala 


Kocak dan menggemaskan ya koreografinya, pantes aja menang.

15. Tepatnya, film ini dirilis pada tanggal, 8 agustus 2003. Dimana film ini syuting di India (Kasauli, Nainital, Bhimtal) dan Kanada (Banff National Park).

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya! ^_^