17 Fakta Menarik Film Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001) Yang Harus Kamu Tahu


Sudah tak asing lagi film Kabhi Khushi Kabhie Gham bagi pemirsa TV Indonesia, karena sudah tak terhitung berapa kali film ini tayang. Salah satu film bollywood yang abadi di TV.

Namun, keharuan atau kesedihan yang menyebabkan tetesan air mata, masih saja dialami tiap kali menonton film ini. Bagi kami, Kabhi Khushi Kabhie Gham merupakan film keluarga terbaik bollywood sepanjang masa.

Tak usah diragukan, sukses film ini tak lepas dari peran sutradara dan para pemainnya. Nama – nama seperti Shahrukh Khan, Amitabh Bachchan, Kajol, Hrithik Roshan, Jaya Bachchan dan Kareena Kapoor, merupakan sederetan bintang film papan atas bollywood.

Mereka memerankan karakternya masing - masing dalam film ini sangat fantastis, yang benar - benar mampu mengutak – atik perasaan penonton.

Baca juga : Sinopsis Singkat Film Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001)

Meskipun, juga sebenarnya tak lepas dari alur cerita yang menarik. Jika pun aktingnya menarik, tetapi alur ceritanya ngawur, pun film yang dihasilkan tak bakalan membekas di hati.

Namun, film ini benar – benar perpaduan dari alur cerita menarik, akting memukau, sutradara handal dan produser berpengalaman. Sehingga film ini nyaris sempurna.

Akan tetapi, tahukah kamu fakta - fakta menarik film Kabhi Khushi Kabhie Gham? Apa saja? Yuk! kita simak.

1. Shahrukh Khan dan Kajol benar - benar sangat serasi di depan layar. Sejarahnya, film ini bukanlah untuk yang pertama kali buat mereka menjadi sepasang kekasih. Sebelumnya, mereka pernah menjadi sepasang kekasih di film Baazigar (1993), Karan Arjun (1995), Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995) dan Kuch Kuch Hota Hai (1998).

2. Hebatnya, bahwa film yang mereka bintangi selalu sukses besar. Sehingga mereka pantas disebut Pasangan Fenomenal bollywood. Pun seperti film ini, sukses besar.

3. Sang sutradara, Karan Johar, dianggap memiliki andil besar dalam kesuksesan film ini. Berkat tangan dinginnya film ini mendapat sambutan yang meriah dari penonton. Boleh jadi, kesuksesan film ini ada hubungannya dengan kesuksesan film yang dibesutnya sebelumnya, yaitu Kuch Kuch Hota Hai.

Yang mana, ada beberapa adegan yang mungkin dia sengaja miripkan diantara keduanya. Meski lokasinya tak sama, tapi rasanya (feel) sama.

Contohnya, ketika Shahrukh berlari menuju rumah, setelah turun dari Helikopter, sama seperti ketika dia berlari di jembatan menuju perkemahan putrinya di film Kuch Kuch Hota Hai (1998).

Pun Shahrukh disambut di kedua film dengan ritual yang sama, kan!


4. Juga, adanya penggunaan nama pemeran tokoh utama yang jelas - jelas sama antara film Kabhi Khushi dan Kuch Kuch Hota Hai, yakni Shahrukh sebagai Rahul dan Kajol sebagai Anjali.

5. Hrithik Roshan (Rohan) yang turut berperan dalam film ini, ternyata menemukan kesulitan berakting. Maklum saja, dia masih baru di industri bollywood pada saat itu. Kalau tak salah, ini film ketiga yang dibintanginya.

Dimana dia merasa sangat sulit melakukan akting adegan yang mengharukan atau sedih. Sehingga dia selalu merasa tampil sangat buruk. Bahkan, dia menganggap dirinya tak akan pernah bisa sebaik Shahrukh dan Amitabh.

Hal itu, menyebabkan emosinya terkadang tak terkontrol di lokasi syuting. Sehingga dia menjadi merasa gugup dan gusar pada dirinya sendiri.

Biasanya, Amitabh yang akan turun tangan memberikan motivasi dan berusaha menenangkannya, mengatakan kepada Hrithik bahwa apa yang dia lakukan semuanya baik – baik saja.

Maka kadang syuting akan ditunda dan dilanjutkan esok harinya, menunggu emosinya sudah reda dan terkontrol.

6. Kareena Kapoor (Poo) di film ini tampil seksi banget, yang dapat mengundang hasrat para lelaki. Juga, Kareena termasuk salah satu primadona kampus, yang bebas memilih pria mana pun menjadi teman kencannya.

Menarik, ketika Kareena (Poo) berjalan, dia selalu saja diiringi oleh salah satu lagu yang dipopulerkan Geri Halliwell, "It’s Raining Men".


Nah! Akibat memutar lagu tersebut tanpa meminta izin dari pemegang Hak Cipta. Akhirnya, berbuntut panjang di pengadilan Inggris. Dimana produser film ini pun divonis untuk membayar denda atas tuduhan melanggar hak cipta.

7. Ternyata, Kabhi Khushi Kabhie Gham termasuk film termahal yang diproduksi pada tahun 2001.

8. Kabarnya, naskah film ini telah dibukukan dalam versi cetak. Wow!

9. Telah terjadi perombakan pemain film ini. Abishek Bachchan yang awalnya turut andil dalam film ini sebagai cameo, ditengah kegiatan syuting mengundurkan diri. Sehingga sang sutradara menghapus naskahnya.

10. Lalu, Aishwarya rai juga menolak peran yang sempat ditawarkan padanya. Alasannya, karena hanya peran kecil.

11. Begitu juga Jhon Abraham menolak memerankan Robby, pria yang selalu mengejar – ngejar Poo. Pun alasan yang sama dengan Aishwarya.

12. Waheeda Rahman telah menandatangani kontrak untuk memerankan nenek Shahrukh. Malahan, dia juga sudah syuting beberapa kali. Tapi ditengah kegiatan syuting, dia mengundurkan diri. karena suaminya meninggal dunia.


13. Menurut kabar, penggemar berat film ini telah mendesak Karan agar membuat sekuelnya. Namun, Karan menolaknya, dengan alasan bahwa Kabhi Khushi Kabhie Gham adalah film favorit mendiang Ayahnya. Lagipula, dia juga takut jika sekuelnya tak semenarik film ini.

14. Menggembirakan, album musik soundtrack film ini terjual sebanyak 2,5 juta copy (salin) dalam kurun 30 hari setelah rilis.

15. Adapun sebagian besar gambar film ini, atau lokasi syutingnya, diambil di kota LONDON. Tepatnya, di Wales Millenium Centre, Bluewater, Blenheim Place, St Paul's Cathedral dan di tepi River Thames (Sungai Thames).


Sebagaimana, halaman rumah keluarga Raichand sebenarnya diambil di Waddesdon Manor. Nah! Adegan emosional antara Jaya Bachchan dan Shahrukh Khan, yang mereka kali pertama bertemu setelah sekian lama berpisah, itu tepatnya diambil di Komplek Bluewater.

Sedangkan lagu Suraj Hua Maddham, syutingnya di lakukan di sekitar Piramida Giza, kota Kairo, Mesir.


16. Karan terinspirasi untuk membuat film ini, berasal dari film Yash Chopra yang berjudul Kabhi Kabhie (1976). Tapi dia meyakinkan semua orang, kalau film ini dengan film Kabhi Kabhie sangat berbeda.


17. Penulisan yang benar judul film ini adalah Kabhi Khushi Kabhie Gham, bukan Kabhi Khushi Kabhi Gham. Alasan penambahan huruf "e" pada Kabhi(e) yang kedua karena numerologi aja.

(Numerologi : Ilmu tentang angka dengan menggunakan matematika sederhana. Fokusnya, tentang kepribadian setiap angka, dan bagaimana angka tersebut mempengaruhi kehidupan kita)

17 fakta yang menarik, bukan? Ditambah, Kabhi Khushi Kabhie Gham biasa disingkat K3G.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya! ^_^
advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()