15 Fakta Menarik Film Jab Tak Hai Jaan (2012) Yang Harus Kamu Tahu


Yuk! Simak 15 fakta menarik film Jab Tak Hai Jaan yang harus kamu tahu, apalagi jika kamu penggemar film bollywood.

Tapi, sebelumnya mari kita simak dulu deh penilaian dan komentar para kritikus terhadap film ini. Ternyata Raja Sen dari Rediff.com, Anupama Chopra dari HindustanTimes.com dan Vinayak Charavorty dari IndiaToday.com sama - sama memberikan 3 bintang dari 5 bintang buat film ini. Artinya, mereka menilai film ini lumayan bagus.

Sebagaimana menurut Raja Sen, bahwa kejutan terbesar di film ini adalah Katrina Kaif. Yang ternyata Kat memainkan perannya dengan sangat baik, bahkan dalam ekspresi diam, yang sepatutnya diacungi jempol.

Baca juga : Sinopsis Singkat Film Jab Tak Hai Jaan (2012)

Tapi, sayang ini bukan filmnya. Jab Tak Hai Jaan sepanjang durasi semua tentang Shahrukh Khan. Bahkan karakternya tampak lebih besar dari film ini sendiri.

Baiklah, kami sangat yakin kamu sudah menonton film ini berkali - kali, kan? Lantas menurut kamu berapa bintang yang pantas buat film ini? Dan bagaimana pendapatmu tentang film ini? Dijawab ya.

Pun kita tahu kalau Shahrukh, The King of Romance, sangat ditunggu - tunggu penampilannya di film ini. Ini lantaran begitu lama dia absen membintangi film bergenre romantis. Maka mendengar kabar Shahrukh yang akan membintangi film ini, para penggemar sangat senang sekali.


Ditambah, setelah tahu kalau ternyata aktris bollywood yang bakalan dipasangkan dengannya di film ini yaitu Katrina Kaif dan Anushka Sharma. Tentu penggemar makin kegirangan, dan semakin tak sabar melihat untuk pertama kalinya Shahrukh - Katrina di layar.

Oke! Lantas apakah kamu sudah tahu fakta - fakta menarik tentang film ini. Cekidot! di bawah ini kami telah merangkumnya buat kamu.  

1. Film ini dirilis bertepatan dengan 50 tahun karir Yash Chopra di Bollywood. Namun sangat sedih, lantaran ini film terakhirnya juga, dimana sebelum film ini tayang di bioskop Yash telah menghembuskan nafas terakhirnya, di umur 80 tahun.


2. Tercatat, Jab Tak Hai Jaan film ke-22 yang telah dibesut Yash Chopra sepanjang karirnya sebagai sutradara.

3. Ternyata, film ini menandakan kembalinya Yash Chopra duduk di bangku sutradara, setelah 8 tahun lamanya dia cuma duduk di bangku Produser, tepatnya setelah film Veer-Zaara (2004).

4. Yash merancang film ini 2 - 3 tahun. Pun dia berkeinginan diakhir karirnya sebagai sutradara, Shahrukh adalah bintangnya.

5. Yash rencananya akan memulai syuting film ini pada November 2011. Namun, Shahrukh tidak bisa, lantaran dia dan sekeluarga mau berlibur, setelah dia menyelesaikan dua film aksinya, Ra. One (2011) dan DON 2 (2011). Pun akhirnya syuting film ini dimulai 9 Januari 2012.

6. Sama seperti dengan film Veer - Zaara, ternyata judul film ini juga ditentukan pada saat sudah di atas meja Central Board of Film Certification atau Lembaga Sensor Film India.

7. Ada pun judul film ini diumumkan ke publik pada bulan september 2012, dua bulan sebelum film ini rilis.

8. Ternyata dipilihnya judul Jab Tak Hai Jaan terinpirasi dari salah satu judul lagu soundtrack film Sholay (1975).

9. Setelah syuting selesai di India, film ini kemudian syuting di LONDON, yang menghabiskan waktu 35 hari.

Ada pun tempat lokasi syutingnya di LONDON, di Borough Market, Jubilee Walk, The Great Conservatory, O2 Arena, The Palace of Westminster, Trafalgar Square, The Hungerford Bridge, Golden Jubilee Bridge, Tower Bridge, dan Canary Wharf.


10. Rencananya, Yash Chopra ingin beberapa adegan untuk video klip lagu Jab Tak Hai Jaan diambil di Alpen, Swiss. Namun, syuting di sana dibatalkan karena kematian Yash.

11. Klimaks film ini sebenarnya direncanakan diselesaikan di pegunungan Kashmir, tapi dibatalkan dan dipindahkan ke Ladakh. Kabarnya, itu atas saran Shahrukh, sebab dia sudah pernah syuting di sana (Kashmir) untuk film Dil Se.


12. Ada pun lagu soundtrack pertama film ini, Challa, selesai pada desember 2011. Lantas pada pebruari 2012, AR Rahman mengumumkan bahwa tiga lagu film ini sudah selesai dikerjakannya. AR Rahman mengaku sangat antusias menggarap musik soundtrack film ini, lantaran sesuai dengan warna musiknya.

13. Selama syuting, sempat tersiar gosip bahwa film ini adalah remake dari film Yash Chopra sendiri yaitu Daag - A Poem of Love (1973). Namun Yash menampik gosip tersebut.


14. Lalu, puisi yang dibacakan oleh Shahrukh berjudul "Jab Tak Hai Jaan", ternyata karya Aditya Chopra. Nampaknya, dia mengikuti jejak sang ayah untuk memberikan unsur romantis dalam film, seperti di film Dilwale Dulhaniya Le Jayenge, Mohabbatein, dan Rab Ne Bana Di Jodi.


15. Nah! Untuk adegan - adegan romantis di film ini ternyata disutradarai oleh Aditya. Dimana dia dengan sengaja memberikan nuansa romantis kontemporer atau kekinian, supaya dapat diterima anak muda zaman sekarang.

Itulah 15 fakta film Jab Tak Hai Jaan, sedikit tambahan saja kalau film ini biasa disingkat JTHJ.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya! ^_^
advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()