18 Fakta Menarik Tentang Film Fan (2016) Yang Tidak Kamu Ketahui


So, kamu memang penggemar setia Shahrukh Khan atau cuma ngaku - ngaku sih? Jika iya, kamu sudah nonton film ini atau belum? Jawab dengan jujur ya.

Oke! Jangan ngamuk gitu dong, kami percaya kok kalau kamu adalah penggemarnya, dan juga sudah nonton film ini. Bahkan jika pun kamu tidak termasuk salah satu penggemarnya, saya percaya juga, kamu sudah menonton film ini. Karena yah, ini film Shahrukh lho, yang selalu menarik dan bikin penasaran.

Lantas, apa kamu juga sudah tahu fakta-fakta menarik tentang film ini? Yeay! Kalau tentang ini, kami percaya kamu tidak mengetahuinya.

Oleh karena itu, cekidot! di bawah ini kami telah merangkumnya dari berbagai sumber khusus untuk kamu.

1. Film Fan mengalami penundaan sebanyak 2 kali, karena Shahrukh cedera dan penggarapan Visual Efek yang rumit.


Shahrukh sebenarnya berharap banget film ini dirilis lebih dahulu dari pada film Dilwale (2015), rencananya awal tahun 2015. Namun akibat cedera lutut yang dialaminya ketika syuting Happy New Year (2014), maka film ini dijadwal ulang akan dirilis 14 agustus 2015.

Akan tetapi, tertunda lagi, disebabkan tim visual efek film ini tidak bisa mengejar deadline karena pekerjaan mereka yang belum selesai. Lantas, film ini kembali dijadwal ulang, dan akhirnya dirilis pada tanggal 15 april 2016.

2. Logo film dikreasikan dari kolase gambar penggemar setia Shahrukh.


Sekilas, kita cuma melihat 3 huruf yang didominasi warna merah pada logo film Fan. Namun jika diperhatikan dengan seksama, kita akan melihat dalam setiap huruf ada rangkaian gambar berbagai wajah penggemar setia Shahrukh.

Kabarnya, gambar-gambar wajah tersebut berjumlah 100 buah, yang terpilih dari kontes yang diadakan oleh tim film ini, yang pesertanya spesial penggemar setia Shahrukh.

(Kolase : Komposisi artistik yang dibuat dari berbagai bahan (kain, kertas, kayu) yang ditempelkan pada permukaan gambar)

3. Kediaman Shahrukh atau Mannat di film ini replika dari aslinya.


Film ini awalnya berniat syuting di kediaman Shahrukh, Mannat. Namun, karena alasan keamanan, mereka tidak mendapatkan izin syuting di Mannat dan sekitarnya.

Oleh sebab itu, sutradara film ini, Maneesh Sharma dan tim berinisiatif membuatkan replika Mannat di studio Film City, Mumbai.

4. Untuk memainkan penggemarnya sendiri atau Gaurav, Shahrukh menjalani pemindaian (Scanning) 3D.


Kita tahu banget, Shahrukh sangat cinta kesempurnaan. Maka, untuk membuat peran Gaurav, seorang penggemar yang mirip denganya, harus lah tampak nyata dan relatable, sehingga Shahrukh menjalani pemindaian (Scanning) 3D wajahnya.

Lantas, untuk melakukannya, ternyata Shahrukh harus terbang ke Amerika Serikat, karena di India teknologinya belum ada. Pun ini pertama kalinya ia menggunakan teknologi ini dalam filmnya.

5. Make up Artist dari Hollywood didatangkan untuk mempermak Shahrukh.


Tak tanggung tanggung, Greg Cannom, profesional make up artist kelas dunia dari Hollywood dipekerjakan mempermak Shahrukh, untuk mendapatkan tampilan terbaik Gaurav.

Sekedar informasi saja, Greg Cannom telah 3 kali memenangkan Academy Award (Piala Oscar), yang telah bekerja untuk film-film, seperti The Curious Case of Benyamin Button, Van Helsing, A Beatufiul Mind, Kapoor And Sons dll.

6. Ide untuk membuat film Fan muncul 8 tahun lalu. Pun butuh waktu lama untuk mewujudkannya.


Adalah sutradara film ini, Maneesh Sharma - sebelumnya bertindak sebagai Asisten Sutradara dalam film Rab Ne Bana Di Jodi (2008) - memunculkan ide untuk membuat film ini 8 tahun yang lalu.

Ide ini terbersit setelah ia melihat banyaknya penggemar Shahrukh yang begitu obsesif menunggunya di luar Mannat hanya untuk melihatnya sekilas.

7. Rumornya, film Fan terinspirasi dari film Hollywood, The Fan (1996).


Ketika trailer pertama film ini dirilis, spekulasi berkembang cukup liar bahwa plot atau jalan cerita film ini tampak mirip dengan film yang dibintangi oleh Robert De Niro, The Fan (1996).

Terlepas dari itu, baik film Fan atau pun The Fan ternyata tidak bekerja dengan baik di Box Office.

8. Fresh! Shahrukh berbagi layar dengan aktris cantik Waluscha de Sousa, Sayani Gupta dan Shriya Pilgaonkar.


Jika kamu fikir semua tentang dosis peran ganda Shahrukh belum lah cukup menarik. Ingat, di film ini ada 3 wanita cantik yang melakoni peran mereka masing-masing dengan baik, yang membuat film ini makin menarik.

Apalagi ketiga wanita cantik ini, sebelumnya belum pernah beradu akting dengan Shahrukh di film. Tentu saja fresh, kita melihat wajah - wajah baru di filmnya, tidak melulu itu aja.

Ini dia ketiga wanita cantik di film Fan :

Waluscha de Sousa berperan sebagai istri Aryan


Shriya Pilgaonkar berperan sebagai Neha (Gebetan Gaurav)


Sayani Gupta berperan sebagai Sekretaris Aryan


9.  Shahrukh menyebut Fan 'film paling spesial' dalam hidupnya


Dalam kata-katanya sendiri "Fan menjadi film yang paling sulit dalam hidupku, dan pada saat yang sama, juga film yang spesial"

Ia berharap para penggemarnya menyukai dan setuju dengannya.

Oke! Apa kamu juga mengganggap film ini spesial?

10. Film ini syuting di Mumbai, Kroasia, London (Inggris) dan Delhi.


Selain film ini melakukan syuting di India, juga syuting di London (Inggris) dan Kroasia. Tentu saja, mata kita akan dimanjakan melihat keindahan tiap kota.

11. Shahrukh terluka ketika syuting di Kroasia.


Pada hari pertama Shahrukh syuting adegan demi adegan begitu intens di Kroasia, kakinya terkilir cukup parah, sehingga ia harus menelan obat penghilang rasa nyeri, dan melakukan fisioterapi untuk dapat berdiri dan berjalan dengan baik.

Syukurlah, tak berapa lama ia lekas sembuh.

12. Fan adalah film pertama yang melakukan syuting di Museum Madame Tussauds, London.


Sebuah adegan di film ini menampilkan Shahrukh berdiri di samping patungnya yang berada di Museum Madame Tussauds. London.

Kabarnya, seluruh tim diminta untuk datang ke London pada saat itu, dan juga diminta mencari cara khusus untuk mendapatkan izin syuting di sana.

13. Dilarang menggunakan Ponsel selama syuting.


Produser film ini menegaskan dari awal kalau mereka tidak ingin tampilan Shahrukh sampe bocor ke publik. Maka untuk menghindarinya, tim produksi dilarang mengambil foto di lokasi syuting.

Bahkan Shahrukh dilarang menggunakan ponselnya.

14. Dalam film ini, sengaja menggunakan rekaman asli para penggemarnya.


Dalam rangka mempertahankan keasliannya, sengaja tim produksi menggunakan rekaman asli para penggemar Shahrukh yang diambil ketika perayaan ulang tahunnya pada tahun 2014 dan 2015.

15. Shahrukh memainkan peran ganda di film ini, sebagai Aryan Khanna dan Gaurav Chandna.


Terakhir, ia memainkan peran ganda dalam film Don (2006). Adapun di film Rab Ne Bana Di Jodi (2008) ia juga memerankan peran ganda, namun dalam karakter (orang) yang sama.

16. Di film ini jangan harap ada nyanyian dan joget-jogetan.


Sebenarnya sih ada lagu Jabra Fan, tapi cuma digunakan untuk promosi film ini. Meski cukup populer dan banyak ditonton di Youtube, akan tetapi lagu Jabra Fan bukan bagian dari soundtrack film ini.

17. Google, Wikipedia, BBC, CNN, IBN dan lain-lain mendeklarasikan kalau Shahrukh adalah aktor bollywood paling populer di dunia.


Juga, dipercaya kalau Shahrukh adalah aktor Bollywood yang memiliki basis penggemar terbanyak di dunia.

18. Termasuk Fan, maka tercatat Shahrukh telah berkolaborasi sebanyak 8 kali dengan Yash Raj Film.


Selama 24 tahun karirnya di industri film bollywood, tercatat Shahrukh telah berkolaborasi dengan Yash Raj Films sebanyak 8 kali.

8 filmnya adalah Darr (1993), Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995), Dil To Pagal Hai (1997), Mohabbatein (2000), Veer-Zaara (2004), Rab Ne Bana Di Jodi (2008), Jab Tak Hai Jaan (2012), FAN (2016).

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu, ya. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya!
advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()