24 Fakta Menarik Tentang Film Dil To Pagal Hai (1997) Yang Mungkin Kamu Belum Ketahui


Dil To Pagal Hai termasuk salah satu film drama romantis bollywood paling populer. Dimana ini tentang kisah cinta Shahrukh Khan dan Madhuri Dixit yang sangat menggairahkan dengan latar belakang musik dansa, pula dapat dianggap sebagai upaya pertama bollywood bergenre musikal yang sukses secara komersial.

Apalagi, musik soundtrack film Dil To Pagal Hai enak didengarkan yang tentu saja bisa merilekskan fikiran kita. Meskipun film ini dikemas komedi romantis, tetapi film ini juga menggambarkan beberapa dimensi hubungan yang berbeda. Ini juga salah satu film pertama bollywood yang fokus pada persahabatan erat antara seorang cowok dengan cewek, dan rasa sakit akibat persahabatan tersebut.

Berikut! 24 Fakta menarik tentang film Dil To Pagal Hai (1997) yang mungkin kamu belum ketahui.

1. Para aktris cantik bollywood, sebut saja : Juhi Chawla, Manisha Koirala, Urmila Mathondkar dan Kajol, menolak memainkan peran sebagai Nisha di film ini. Pun akhirnya sangat apik dimainkan oleh Karisma Kapoor.

2. Keceplosan, Manisha Koirala dalam sebuah wawancara dengan media menyatakan bahwa ia akan main film dengan Yash Chopra tanpa dibayar sepersen pun.

3. Alasan Kajol menolak memerankan Nisha, karena menurutnya perannya kurang mengigit.

4. Karisma Kapoor berhasil membawa trofi pertamanya dari ajang National Award atas perannya di film ini. Pada saat itu usianya baru 24 tahun.

5. Karakter Karisma di film ini sebagai Nisha, dimana Nisha juga karakter Madhuri Dixit dalam film Hum Aapke Hain Kaun (1994).

6. Dil To Pagal Hai menjadi film pertama dan satu-satunya dimana Shahrukh dan Karisma beradu akting di film. 6 (enam) tahun kemudian mereka kembali beradu akting di film Shakti (2003), tetapi Shahrukh cuma sebagai cameo.


7. Dil To Pagal Hai menambah daftar film Hits Madhuri. Setelah film Raja (1995) Madhuri selalu gagal mencetak hits. Namun, setelah film ini, ia juga sabar menunggu sampai 5 tahun untuk dapat mencetak film hits, bahkan sekaligus 2 (dua) film, yaitu : Devdas (2002) dan Hum Tumhare Hain Sanam (2002).

8. Meskipun Uttam Singh sejak tahun 1965 telah bekerja di balik layar sebagai asisten dan komposer musik. Baru film ini yang memberikannya banyak pujian dan penghargaan.

9. Album soundtrack Dil To Pagal Hai menjadi yang terlaris pada tahun 1997. Bahkan penjualan album soundtrack film ini mengalahkan soundtrack film Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995). Artinya, ini juga menjadi album soundtrack terlaris Yash Raj Music sepanjang masa.

10. Meskipun musik soundtrack film ini meraih kesuksesan gemilang, tetapi Yash Chopra (sutradara & produser) tidak pernah lagi bekerja bareng dengan Uttam Singh ataupun anaknya, untuk menjadi komposer musik di film yang mereka produksi.

11. Uttam Singh menawarkan 100 lagu untuk dipilih Yash yang sesuai untuk film ini. Lantas, Yash memilih 9 lagu yang dianggap pas untuk film ini, dan beberapa juga ia pilih yang akan direncanakan digunakan untuk film lain, namun sayang sampai saat ini tidak pernah digunakan sama sekali.

12. Sebelumnya, film ini telah mengalami perubahan judul sebanyak 2 (dua) kali, yaitu pertama berjudul Maine To Mohabbat Kar Li dan kedua berjudul Mohabbat Kar Le.

13. Pada saat itu, bollywood sedang bergejolak memproduksi film bertema keluarga, di dalamnya ada satu atau lebih lagu pernikahan aktris utamanya dan juga lagu ritual pernikahan Hindu yang rumit. Sementara, film ini malah tidak memiliki banyak peran untuk orang tua atau keluarga, malah dari ketiga pemain utamanya, hanya satu yang memiliki keluarga.

14. Film ini menjadi terbesar kedua di Box Office pada tahun 1997.

15. Film ini untuk pertama kali Akshay Kumar dan Madhuri bekerja bareng.

16. Meskipun sebelumnya Shahrukh dan Madhuri telah 2 (dua) kali bekerja bareng di film, namun inilah film pertama mereka yang sukses secara komersial.


17. Sangat jelas, film ini mendefinisikan arti dari persahabatan dan cinta yang sesungguhnya.

18. Film ini telah  menginspirasi banyak sutradara dalam film besutan mereka, 2 (dua) diantaranya : Karan Johar dan Subhash Gai.

19. Sebelumnya, Lata Mangeshkar yang membawakan lagu Le Gayi. Namun, Yash merasa bahwa lagu itu tidak cocok dengannya, maka diputuskan dinyanyikan oleh Asha Bhosle.

20. Lagu ke-9 yaitu Chanda Ki Chandni dalam album film ini tidak digunakan dan dibiarkan saja. Lalu, pada tahun 2008 Yash baru merilisnya.

21. Selama syuting film ini, desas-desus merebak luas kalau Yash diduga telah bermain api dengan aktrisnya, Karisma. Namun, rumor tersebut segera redup sendiri.

22. Juga, kabarnya bahwa Yash ingin menjual hak musik film ini kepada label T-Series. Tetapi karena Lata tidak menyukai dan nyaman dengan perusahaan tersebut, akhirnya hak musik film ini dijual ke HMV.

23. Dil To Pagal Hai menjadi film terakhir dimana Lata menyanyi untuk Madhuri.

24. Selama syuting film ini, sempat beredar rumor kalau Madhuri cuma mendapat peran kecil di film ini. Tentu yang ini hanya rumor belaka saja.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya!
advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()