14 Fakta Mengejutkan Tentang Film Chennai Express (2013) Yang Mungkin Kamu Belum Ketahui


Kisahnya, Rahul Mithaiwala (Shahrukh Khan) adalah seorang pria single yatim piatu, dibesarkan oleh Kakek dan Neneknya dari usia 8 (delapan) tahun. Kakek Rahul mempunyai usaha rantai toko permen. Menjelang perayaan ulang tahun kakeknya ke-100 tahun, 2 (dua) sahabat dekat Rahul mengajaknya bersenang-senang dan berlibur ke Goa.

Namun sedihnya, Kakek Rahul meninggal dunia pada malam perayaan, tepat ketika mereka menonton idola Kakeknya pemain kriket profesional, Sachin Tendulkar. Esoknya, Neneknya memberi tahu Rahul wasiat Kakeknya agar abunya dibagi menjadi 2 (dua) - yang mana satu akan ditebarkan di sungai gangga dan satunya lagi ditebarkan di Rameshwaram.

Sebagai cucu paling disayangi dan dipercaya Kakeknya, Rahul yang diminta secara spesial membuang abu kakeknya di Rameshwaram. Namun, Rahul tampaknya merasa enggan menerima tugas suci tersebut, karena bertepatan ia sangat ingin pergi ke Goa bersama teman-temannya.

Lantas, untuk mensiasati keadaan, ketika sudah berada di stasiun Kereta Api, Rahul berjanji akan membuang abu Kakeknya ke Rameshwaram, tetapi sebelumnya ia ingin melakukan perjalanan panjang dengan abu Kakeknya, padahal niatnya ia ingin pergi ke Goa.

Bagaimana kisah selanjutnya? Tonton aja ya, dost! Film ini sudah sering tayang di TV kok.  Tapi sebelumnya apa kamu sudah tahu fakta-fakta tentang film ini? Nih! Simak beberapa fakta mengejutkan tentang film Chennai Express (2013) yang mungkin kamu belum ketahui.

1. Ini tentu saja mengejutkan semua orang bahwa Deepika Padukone bukan pilihan pertama untuk film yang disutradarai oleh Rohit Shetty ini. Malah aktris dari film Rohit, seri Golmaal, Kareena Kapoor yang menjadi pilihan pertama untuk film ini.

Namun, ketika Kareena Kapoor tidak bisa menganggukkan kepala karena jadwalnya yang sibuk, Rohit terus beralih kepada Deepika. Dalam sebuah wawancara dengan situs Pinkvilla, Kareena berkata, "Rohit benar-benar menginginkan saya di Chennai Express, tapi saya kan sibuk main di film Taalash. Jadi, saya baik-baik dengan itu."

2. Di Chennai Express kali pertama nama aktris utamanya dikreditkan di depan aktor utamanya. Nama Deepika Padukone muncul pertama di layar terus dilanjutkan nama Shahrukh Khan. Hal ini dilakukan karena desakan Shahrukh Khan. Pada Hari Perempuan Internasional, Shahrukh menyatakan bahwa untuk proyek film selanjutnya nama Deepika yang akan pertama kali muncul, baru diikuti oleh namanya selama kredit film. Chennai Express sendiri dirilis bertepatan Hari Perempuan Internasional.

3. Gadis penggoda dari India Selatan, Priyamani, mengguncang kaki dengan Shahrukh di lagu 1234 Get On Dance The Floor. Lagu ini termasuk salah satu yang memiliki tarian paling populer tahun 2013. Sangat sedikit yang tahu koneksi Priyamani ke bollywood. Gadis penggoda ini adalah sepupu kedua dari aktris top bollywood, Vidya Balan. Priyamani juga pernah memenangkan trofi berharga dari National Award untuk penampilannya di film Tamil.


4. Menurut laporan di Dailybhaskar bahwa Chennai Express bukan pilihan pertama judul film ini. Malah, Rohit menginginkan nama filmnya ini memiliki sentuhan India Selatan. Oleh karena itu, Ready Steady Po adalah pilihan pertama sebagai judulnya. Tapi kemudian, untuk menekankan bahwa film ini punya koneksi India Selatan dan menyoroti urutan adegan di kereta api antara Shahrukh dan Deepika, lantas film ini diberi judul Chennai Express, sementara Ready Steady Po dijadikan sebagai tagline film ini.

5. Pembuat Chennai Express juga menargetkan sebuah aplikasi Android untuk film ini sebagai alat promosi. Maka Game Android diluncurkan beberapa hari sebelum film ini rilis. Game ini tentang Shahrukh yang berupaya melindungi dirinya dari penjahat India Selatan. Game ini sempat hits setelah memasuki pasar. Pun ini menjadi pertama kalinya di bollywood aplikasi android dijadikan alat promosi film.

6. Film ini mengejutkan semua orang di hari pertamanya tayang. Sesuai laporan dari koimoi, film ini juga masih mampu mengumpulkan 50 lakh di akhir pekan ke-6 dan oleh karena itu koleksi pundi-pundi keselurahan film ini mencapai 226,70 crore. Chennai Express juga telah menjadi salah satu film terlaris di luar India pada tahun 2013. Selain di India, film ini juga ternyata sangat populer di Mesir.

7. Chennai Express mengusung film bergenre komedi aksi (action). Meskipun film ini dihujani kritik oleh banyak kritikus yang menganggap komedinya telah mematikan fikiran, tetapi film ini menjadi salah satu yang paling hits tahun 2013. Baik itu penyampaian dialog Deepika yang beraksen India Selatan atau trik kharismatik Shahrukh, film ini telah berhasil mencuri hati banyak penonton

8. Lagu Lungi Dance yang dinyanyikan oleh Yo Yo Honey Singh di film ini sangat populer di kalangan anak muda India. Dimana lagu ini merupakan tribute kepada aktor terkenal Rajinikant dari India Selatan.

9. Fakta lain mengejutkan tentang film ini dan menjadi pusat perhatian semua orang adalah persahabatan antara Shahrukh dengan sutradara Rohit Shetty selama promosi film ini.

10. Meskipun Chennai Express memiliki sejumlah momen yang tak terlupakan, yang berhasil membuat kita tertawa dan baper. Tapi ada juga beberapa hal di film ini yang sulit dicerna akal sehat. Kamu tahulah, di film ini Shahrukh ceritanya sudah berumur 40 tahun, lalu ketika ia ingin pergi ke Goa bersama sahabatnya, yang dikira neneknya ke Rameshwaram. Ia masih meminta izin kepada neneknya, dan diantar pula sampai ke stasiun kereta api. Ayolah! Di usia 40 tahun apakah masih meminta izin, sih? dan diantarkan pula ke stasiun?


11. Hanya dalam 2 (dua) hari dost, trailer film ini di Youtube berhasil menembus angka 4 juta penonton atau viewer.

12. Kabarnya, awalnya Shahrukh dan Rohit akan bekerja bareng untuk remake film Angoor (1982). Tetapi setelah membaca naskah film ini, ternyata Shahrukh lebih setuju mengerjakan film ini lebih dahulu, berikutnya baru remake film Angoor. 

13. Deepika, atas perannya di film ini yang dianggap memukau, ia lantas berhasil mengumpulkan 5 (lima) trofi sebagai Aktris Terbaik dari berbagai ajang penghargaan film bollywood dan satu trofi sebagai aktris paling menghibur.

14. Trailer dan poster film ini yang dirilis di Twitter dan Youtube menuai kritikan dari beberapa media Tamil. Yang menuduh film ini telah memparodikan kebudayaan dan bahasa India Selatan. Segera hal ini ditepis oleh Deepika yang mengatakan bahwa sebagian besar kru film ini saja dari India Selatan, bahkan ia sendiri pun.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya!
BERIKAN KOMENTAR ()