14 Fakta Menarik Tentang Film My Name Is Khan (2010) Yang Mungkin Saja Belum Kamu Ketahui


My Name Is Khan disebut-sebut salah satu film terbaik yang pernah dimainkan Shahrukh Khan dan disutradarai oleh Karan Johar. Kecerdasan dan gairah film ini dibuat benar-benar spektakuler sehingga membuat film ini mampu mengoleksi pendapatan berlimpah di Box Office.

Mengajarkan kita bagaimana melihat secara positif para penderita autis dan bagaimana pasangan yang berbeda secara prinsip antara Shahrukh Khan dan Kajol bisa hidup harmonis, film ini pantas menjadi salah satu yang paling laris tahun 2010.

Berikut, ada beberapa fakta menarik tentang film My Name Is Khan (2010) yang mungkin saja belum kamu ketahui.

1. Untuk bisa 100 persen melakoni peran sebagai Rizwan Khan, Shahrukh dikabarkan tetap menjadi Rizwan Khan di rumahnya. Ia juga menghabiskan banyak waktu bersama dengan para penderita sindrom aspenger, menonton video dan membaca buku-buku yang berkaitan dengan penyakit itu.

Karan Johar mengakui bahwa Shahrukh sebagai Rizwan Khan di rumahnya. Sebagaimana ia tegaskan, "Itu benar tentang Shahrukh yang tetap berkarakter sebagai Rizwan Khan di rumahnya. Bahasa tubuhnya juga selalu sebagai Rizwan. Saya melihatnya melakukan itu sepanjang waktu. Pun saya tidak berfikir ia akan keluar dari karakter tersebut. Lantaran ketika bersama anak-anaknya ia juga masih menjadi Rizwan Khan."

2. Kareena Kapoor pilihan pertama yang akan memainkan peran sebagai Mandira di film ini, tetapi kehilangan peran tersebut karena Karan Johar lebih memilih aktris favoritnya, Kajol.

3. Rumah Zakir yang ditampilkan di film ini adalah rumah yang sama yang menggambarkan eksterior The Tanners (Rumah Keluarga Tanner) dalam program sitcom (situasi komedi) yang berjudul Full House, yang tayang tahun 1987 di saluran ABC TV.

4. Awalnya, Aamir Bashir yang ditawarkan memerankan Zakir Khan (adik Rizwan Khan), tetapi karena ia ditolak membuat VISA AS, akhirnya Jimmy Shergill yang menggantikannya.

5. Saat syuting urutan adegan banjir yang melanda, tiba-tiba seekor ular besar terlihat. Ular itu tidak dilukai dan dibiarkan pergi. Namun, ular itu muncul sekali lagi ketika Shahrukh syuting adegan tersebut. Seluruh pemain dan kru sangat panik dan segera menarik Shahrukh keluar dari kolam air tersebut.

6. Selama promosi film, Shahrukh ditahan oleh Bea Cukai di bandara AS selama hampir satu jam. Pertama orang mengira bahwa ini adalah sebuah aksi PR Stunt (atau biasa dikenal dengan istilah publicity stunt adalah kejadian di mana sebuah brand melakukan tindakan untuk menyita perhatian orang) untuk promosi film ini, tapi kemudian orang menyadari bahwa ini bukan aksi PR Stunt.


7. Tanay Chheda dipilih yang memainkan peran Rizwan Khan muda, karena ia dianggap sangat mirip dengan Shahrukh Khan. Dan juga, setidaknya ia sudah dikenal penonton internasional setelah ikut terlibat di film Slumdog Millionare.

8. Awalnya, Shabana Azmi yang memainkan peran Ibu Rizwan Khan. Tetapi karena mengalami cedera bahu, Shahrukh memintanya untuk istirahat dan syuting ditunda beberapa hari. Namun, akhirnya Shabana terpaksa mundur dari film ini karena derita tersebut, yang mana akhirnya perannya digantikan sangat apik oleh Zarina Wahab.

9. 20 Tangki air digunakan untuk membuat banjir ecek-ecek di kota Mumbai. Hal itu telah menarik perhatian, karena beberapa daerah di Mumbai pada saat itu sedang dilanda kekeringan.

10. Sutradara Karan Johar dan penulis naskah film ini, Shibani Bathija, mewawancarai Chris dan rekan penulis bukunya, Gisela Slater-Walker, yang telah menginspirasi hubungan romantis di awal film ini.

11. Shahrukh Khan, Kajol dan Karan Johar berhasil membawa pulang masing-masing 1 (satu) trofi bergengsi dari ajang sekelas Filmfare Award, untuk kerja keras mereka di film ini.

12. Musik soundtrack film My Name Is Khan digubah trio komposer handal, yaitu Shankar-Ehsan-Loy. Yang sebelumnya mereka pernah bekerja bareng dengan Karan Johar dalam film hits Kal Ho Naa Ho (2003) dan Kabhi Alvida Na Kehna (2006).

13. Film ini menjadi tanda comeback pasangan fenomenal bollywood, Shahrukh dan Kajol main film bareng, terakhir mereka terlihat bersama di film Kabhi Kushi Kabhie Gham (2001).

14. Di film ini karakter Rizwan Khan digambarkan orang yang fobia warna kuning, Tetapi ada adegan kontradiksi dimana ia memegang labu berwarna kuning.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook atau FOLLOW Twitter kami juga, ya! 
BERIKAN KOMENTAR ()