14 Film Bollywood Yang Membuat Kamu Berharap Kembali Ke Masa Kuliah


Tanyakan kepada siapa saja tentang fase kehidupan favorit mereka, lantas kemungkinan besar kamu akan mendengar jawaban masa ketika di bangku kuliah atau sekolah. Kenapa tidak? Bukankah pada masa itu kita masih belum punya kredit rumah, belum punya tanggung jawab terhadap keluarga, banyak kesenangan dan berpura-pura belajar dengan serius.

Ayolah! Akui hal itu! Itulah mengapa bollywood sering kali membuat film bertema tentang anak kuliahan dan sekolah. Pun kami percaya, bahwa kamu sering beristirahat selama 2 (dua) jam dari kesibukan untuk menonton film bertema seperti itu, tujuannya tentu ingin mengenang masa-masa indah tersebut. Pun kamu pasti berharap banget bisa kembali ke masa itu bersama teman-teman kamu.

Berikut, 14 film bollywood yang kami percaya bisa membuat kamu berharap banget kembali ke masa di bangku kuliah.

1. Kuch Kuch Hota Hai (1998)


Setiap kali kita berfikir tentang film anak kuliahan bollywood, maka yang pertama kali terbersit di benak kita yaitu Kuch Kuch Hota Hai. Dan kenapa tidak? film ini mendapatkan status film klasik yang sempurna banget menggambarkan generasi baru modern di layar lebar untuk pertama kalinya.

Kamu tahulah, adegan cewek-cewek memakai rok mini, budaya westernisasi, playboy kampus yang cool banget dan romansa indah anak kampus. Film ini dengan jeli menangkap semua yang mendefinisikan anak Generasi X saat itu. Juga, Kuch Kuch Hota Hai adalah salah satu film yang akan mengingatkan kamu kepada sahabat terbaikmu yang ada pada masa lalumu.

2. 3 Idiots (2009)


Yang ini khusus untuk para pria yang pernah duduk di bangku kuliah jurusan teknik. 3 Idiots adalah film yang wajib kamu tonton, karena film ini didasarkan pada kehidupan kampusmu. Baik itu konsep bromance antara 3 (tiga) orang mahasiswa, romansa anak kuliahan, profesor yang disiplin banget, stres menghadapi ujian atau salah mengambil jurusan.

Film ini dengan pasti akan membangkitkan satu memori tentang masa ketika kamu duduk di bangku kuliah, apalagi kamu yang anak jurusan teknik.

3. Fukrey (2013)


Fukrey adalah salah satu film yang kurang ajar lucu, dan itu tidak diragukan lagi, benar-benar sebuah kejutan. Dengan tidak adanya seorang bintang di film ini, hanya dengan sejumlah aktor pemula, namun film ini sangat memikat karena memiliki alur cerita yang menarik banget.

Nah! Untuk kamu yang tidak pernah merasakan duduk di bangku kuliah, Fukrey akan mengingatkan kamu pada mereka yang pernah duduk di bangku kuliah. Kamu tahulah, anak-anak yang tidak populer di kampus, akan selalu memiliki kesenangan ganda.

Ingat, Fukrey bercerita tentang anak kuliah yang memiliki sedikit uang di saku mereka. Lantas mereka mencari cara menghasilkan uang tambahan, selain untuk menambah uang saku, juga ingin menyenangkan sang kekasih hati.

Tentu saja, kalau kamu termasuk orang yang rada 'gila' di kampus dahulu, film ini pasti akan mengingatkan kamu banyak kenangan pada masa kuliah.

4. Main Hoon Na (2004)


Jika kamu orang yang pernah jadi pria casanova dan cewek yang tomboy, maka Main Hoon Na terasa banget didasarkan pada kehidupanmu. Oh! Juga bagi kamu yang pernah naksir kepada dosen di kampus kamu, maka film ini pasti akan membangkitkan kenangan indah tersebut.

Yang satu ini, memiliki semua unsur dalam kehidupan kampus modern - cinta segitiga, playboy, ikatan persahabatan yang kuat antara cowok dan cewek, serta dosen yang cantik dan hot.

5. Jaane Tu Ya Jaane Na (2008)


Ini untuk semua orang yang pernah jatuh cinta kepada sahabat terbaik mereka di masa kuliah, dan kasus seperti ini banyak sekali terjadi loh. Jaane Tu Ya Jaane Na akan bikin kamu baper. Tapi terlepas tentang cinta-cintaan, film ini juga sangat keren mengangkat cerita persahabatan yang benar-benar sahabat.

Faktanya, memang film ini lebih banyak bercerita tentang percintaan di masa kuliah. Kamu tahulah, jatuh cinta pada sahabat sendiri, tetapi kamu begitu lama menyadarinya atau jatuh cinta pada orang yang salah dan mencari seseorang yang tepat buat sahabat kamu.

Tapi ada satu lagi tema yang aneh dieksplorasi di film ini, yang mana sebagian besar film bertema kampus belum benar-benar memperhatikan antara hubungan rumit saudara kandung (Kakak-Adik Lelaki), namun sangat indah antara karakter Genelia D'Souza dan Prateik Babbar.

6. 2 States (2014)


Pria bertemu seorang gadis, lantas si pria jatuh hati, juga si wanita jatuh hati, sempurna. Film ini menceritakan tentang hubungan seorang pria gagah dari India Utara, Punjabi dengan gadis mungil dari India Selatan, dimana orang tua mereka tidak menyetujuinya.

Sebenarnya, mereka bisa saja kawin lari, tetapi sekali lagi, mereka lebih memilih mendapatkan restu orang tua, agar kelak pernikahan mereka bahagia.

7. Dil Dosti Etc (2007)


Yuk, saatnya kita pindah ke Universitas Delhi (UD), dimana UD merupakan perguruan tinggi yang sering dibicarakan di India. Jadi, film ini dibuat di sekitar UD. Adapun Dil Dosti Etc mengeksplorasi tema yang sedikit lebih gelap, seperti politik anak kampus, pemilihan kampus yang tepat, seks dan masih banyak lagi.

Sementara, salah satu karakter di film ini seorang bocah manja kaya raya, yang suka memanjakan dirinya dalam petualangan seks. Pun karakter yang lain adalah seorang anak kuliah politisi kelas menengah yang berusaha menjadi besar.

8. Rang De Basanti (2006)


Yang satu ini benar-benar salah satu film anak kuliah, yang menyentuh banyak hati orang dan memiliki banyak hal untuk disampaikan kepada penonton. Sementara, kebanyakan film bertema kampus berurusan dengan berbagai masalah kehidupan kampus, film ini juga sama.

Kita tahu di film ini ada sekelompok anak muda yang berasal dari latar belakang berbeda - anak orang kaya, pria muslim kelas menengah yang tertarik pada seni, pria yang selalu bahagia dan beruntung, seorang politisi mahasiswa yang taat beribadah, gadis yang sangat manis dan pria yang lebih tua menolak keras keluar dari kampus, karena ia fikir di luar sana ia tidak akan mendapatkan kedudukan sebagaimana di kampus saat ini.

Lantas ketika mereka menikmati hidup mereka yang riang gembira, jalan-jalan kesana kemari, memakan junkfood (makanan sampah), sampai pada suatu ketika mereka terjerat pada sesuatu yang lebih bermanfaat dari itu, dan mereka pun selanjutnya melakukan tindakan revolusioner.

Jika kamu memiliki teman-teman yang luar biasa saat di kampus, dan kamu juga melakukan sesuatu yang bermanfaat untuk semua orang, maka film ini pastinya akan mengingatkan kamu tentang hal itu semua.

9. F.A.L.T.U (2011)


Setuju, bahwa film ini dijiplak dari film hollywood yang berjudul Accepted. Tetapi itu masuk akal untuk skenario di India, dimana ada sedikit kampus, lebih banyak siswa ingin masuk kuliah dan iuran setinggi langit membebani para mahasiswa.

Ada satu emosi, yang kami yakin semua orang di luar sana mendefinisikan dirinya, yaitu bagian tersulit dari kehidupan kampus adalah mendapatkan pengakuan yang baik.

10. Yaariyan (2014)


Mengejutkan. film ini juga sempat hits di India. Memang, film rata-rata memiliki plot yang biasa, lantas ketika ada plot tentang rasisme di Australia, dimana kehidupan kampus yang ditampilkan masih cukup realistis. Dan hasilnya, sangat berhasil menarik minat penonton.

Akan tetapi film ini masih mengangkat kisah kehidupan kampus yang umum, tentang seorang pria jatuh cinta kepada gadis kutu buku. Tetapi ia takut mengakui hal itu kepada teman-temannya, lantaran takut dibilang looser (pecundang). 

Ya! Apakah kamu salah satunya, gadis kutu buku atau pria yang sedang jatuh hati?


11. Student Of The Year (2012)


Tentu saja drama kampus yang disutradarai Karan Johar ini, sangat mewah, orang-orang besar dan berputar di sekitar anak orang kaya, pun anak yang kaya raya. Karena ini film Karan, maka akan bercerita tentang cinta segitiga anak kampus, dimana seorang gadis jatuh cinta pada sahabat karib pacarnya.

Aduh! Dibangun dengan latar belakang kompetisi antar mahasiswa, film ini mengeksplorasi tema-tema tentang cinta, persahabatan dan semangat kompetitif. Jadi, untuk kamu yang pernah menjadi bintang olahraga pada masa kuliah, yang satu ini pas banget untuk kamu.

12. Yuva (2004)


Yuva tidak sepenuhnya didasarkan pada kehidupan kampus, tetapi sebagian besar bercerita tentang politik mahasiswa tulen. Yuva adalah film pertama yang jenisnya menampilkan politik mahasiswa dengan serius. Ini sangat menakjubkan, kerasa menohok dan sangat realistis.

Karakter Vivek Oberai yang baru saja lulus kuliah, sangat frustasi akan pindah ke luar negeri. Sementara Ajay Devgan, seorang politisi mahasiswa yang mengalahkan politisi mapan untuk bisa duduk di bangku parlemen.

Jika kamu seseorang yang tertarik tentang politik mahasiswa, kamu wajib deh nonton film ini.

13. Wake Up Sid (2009)


Ayolah, akuilah, kalau ini film bertema kampus klasik yang wajib ditonton. Karena mahasiswa dari generasi manapun kamu masih bisa terhubung dengan film ini. Wake Up Sid adalah film yang berhubungan dengan kehidupan kampus dan semua kebingungan yang kamu rasakan.

Seperti, persahabatan yang dibina cukup lama tiba-tiba berantakan, asmara saat kuliah yang putus-nyambung, gagal menghadapi ujian, tidak tahu apa yang dilakukan setelah lulus kuliah, hubungan yang tegang dengan orang tua dan panggilan jiwa untuk melakukan sesuatu yang bermanfaat dalam hidup.

14. Ishq Vishk (2003)


Sama seperti judulnya, film ini mengangkat romansa anak kuliah yang kacau balau. Kamu tahulah, ketika kamu jatuh cinta kepada seseorang, tetapi ia tidak mencintai kamu. Di kemudian hari kalian lantas menjadi pasangan, tetapi kamu menjalin hubungan dengan orang lain.

Bukankah itu sebuah hubungan yang kacau? Tapi itulah romansa yang kerap terjadi pada anak kuliah. Jika kamu memiliki hubungan rumit dan persahabatan pada masa kuliah, tentu kamu akan terhubung dengan film ini.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya!
advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()