15 Mei 2018

15 Fakta Menarik Tentang Film Fanaa (2006) Yang Mungkin Kamu Belum Ketahui


Nyaris semua penggemar film bollywood ikut berbaris penasaran ketika Yash Raj Film mengumumkan dan memutuskan untuk memberikan kejutan terbesar kepada kita. Pada saat Aamir Khan telah selesai dengan film Mangal Pandey dan bersiap-siap untuk rilis film terbarunya, Rang De Basanti, maka desas-desus mulai merebak luas di dataran bollywood.

Yaitu desas-desus tentang Aamir Khan yang akan bekerja sama dengan Yash Raj Film dalam sebuah proyek film drama romantis. Adapun para penggemar sangat mempercayai rumor tersebut, apalagi ketika Kajol juga diberitakan akan menjadi bagian dari film tersebut.

Dan tidak menunggu lama, akhirnya Yash Raj Film mengkonfimasikan kepada publik akan membuat film drama romantis, yang rencananya akan dirilis tanggal 26 Mei 2006, dan telah diberi judul Fanaa. Dimana mendengarkan konfirmasi tersebut, para penggemar melompat kegirangan dan berharap filmnya benar-benar akan mengesankan nantinya.

Nah! Berikut 15 fakta menarik tentang film Fanaa - yang dahulu telah bikin penasaran para penggemar film bollywood - yang mungkin kamu belum ketahui.

1. Kembali pada tahun 2006, jika kamu bertanya kepada para penggemar bollywood, siapa aktor yang akan mereka harapkan menjadi lawan main Kajol yang siap comeback ke layar lebar? Maka 9 dari 10 orang akan menjawab Shahrukh Khan.

Kita tahu itu, bahwa Sahrukh dan Aamir telah lama bersaing di bollywood, namun untuk kali ini Kajol benar-benar telah mengejutkan semua orang, memutuskan untuk bermain film drama romantis dengan Aamir, dimana banyak penggemar merasa skeptis tentang hal ini.

2. Sebelum film ini, Aamir dan Kajol pernah bekerja sama dalam film komedi romantis, Ishq (1997). Artinya, bahwa Fanaa bukan film pertama mereka beradu akting dalam sebuah film.

3. Adalah Kunal Kohli yang bertindak sebagai sutradara film ini. Setelah meraih sukses besar dengan film Hum Tum (2004), nampaknya Kunal tidak berfikir panjang untuk bekerja bareng lagi dengan Yash Raj Film untuk membuat film ini.   

4. Sudah lebih 10 tahun film ini telah rilis, pula nyaris tidak ada ulasan negatif terhadap film ini. Bahkan banyak ucapan terima kasih dari penonton kepada Kunal dan Shibani Bathija (penulis skenario), tentang cara mereka yang telah memberikan kesempatan luas bagi pasangan Aamir dan Kajol di film ini yang menampilkan dengan indah cinta yang tumbuh diantara mereka. Juga, perubahan narasi film yang telah memberikan ketegangan dan konflik di antara mereka dengan baik.


5. Ada dua babak dalam film ini. Pada babak pertama kami percaya menjadi favorit kebanyakan para penonton, kita disuguhi puisi dan adegan romantis antara Aamir dan Kajol. Dimana Aamir yang puitis merasakan degup jantung yang tak biasa kepada seorang Kajol yang menderita kebutaan.

6. Lalu, pada babak kedua, ini benar-benar dipenuhi dengan aksi terorisme, kehilangan keluarga dan kehilangan kepercayaan kepada orang yang pernah dicintai. Terakhir, membiarkan para penonton merasakan patah hati setelah menyaksikan klimaks menyedihkan film ini.

7. Fanaa istimewa karena sejumlah alasan. Musik soundtrack film ini merupakan karya terakhir dari duo komposer ikonik, Jatin-Lalit, sebelum mereka pecah kongsi. Musik film ini disambut hangat telinga para penggemar, sehingga berhasil memuncaki tangga lagu selama berminggu-minggu, terutama lagu Chand Sifarish dan Mere Haath Mein.


8. Karena adanya tekanan dari para politisi, film ini dilarang tayang di bioskop manapun di negara bagian Gujarati. Ini dikarenakan komentar pedas Aamir yang menyinggung kebijakan pejabat di Gujarati yang telah menyengsarakan kehidupan para petani di sana.

9. Bukannya buntung, malah untung. Gelombang massa yang protes di Gujarati terhadap film ini dengan membakar poster film, poster Aamir dan patung Aamir, telah menjadikan promosi gratis buat film ini. Karena banyak orang yang tersita perhatiannya dan menjadi penasaran untuk nonton film ini. Sehingga, akhirnya film ini termasuk salah satu film yang paling laris tahun 2006.

10. 10 tahun lebih telah berlalu, tetapi film ini rasanya baru kemarin dirilis. Ini lantaran fanaa mempunyai pesona tersendiri, kesegaran dan daya tarik yang memikat. Tetapi buat Kunal, setelah film ini sampai saat ini ia belum pernah bikin film yang hits atau laris lagi, nasehat baik untuknya, agar segera bikin film seperti ini dengan memasangkan Aamir dan Kajol lagi, karena kami yakin masih banyak penggemar yang rindu banget melihat pasangan Aamir dan Kajol di layar lebar.

11. Kata Fanaa sendiri berasal dari bahasa Arab yaitu Faana, yang berarti hancur.

12. Awal rencana, latar belakang tempat film Fanaa sebenarnya akan diambil di daerah Khasmir, namun Kajol enggan dan takut ke sana, karena aksi pemberontakan yang kerap terjadi di sana. Sutradara akhirnya memindahkan lokasi syuting film ini ke Gunung Tatra di negara Polandia Selatan.

13. Fanaa dibuat dengan menghabiskan anggaran sebesar 7,4 juta dolas AS dan menjadi salah satu film bollywood termahal pada saat itu.

14. Faktanya, Fanaa merupakan film pertama Aamir Khan berkolaborasi dengan Yash Raj Film.

15. Sutradara Kunal Kohli memberikan konsep naskah film ini kepada Aamir dan Kajol, pun berharap mereka segera menyetujuinya. Namun ternyata mereka sama-sama mengembalikan naskah film ini dengan memberikan revisi pada naskahnya. Yang intinya, mereka menginginkan lebih dalam pada karakter yang akan mereka perankan masing-masing di film ini.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya!