15 Fakta Mengejutkan Tentang Madhuri Dixit Yang Kami Percaya Belum Kamu Ketahui


Karena aktris cantik Madhuri Dixit telah merayakan ulang tahunnya ke-51 tanggal 15 Mei tahun ini. Berikut 15 fakta mengejutkan tentangnya yang kami percaya belum kamu ketahui. Dari tidak adanya di bollywood seperti dirinya yang menjadi pertama dibayar lebih dari Salman Khan di Hum Aapke Hain Kaun (1994), kami telah menyusun daftar fakta-fakta yang mengejutkan lainnya tentang dirinya.

1.  Ia mendapatkan gelar sarjananya dalam bidang Mikrobiologi. Awalnya, Madhuri tidak tertarik mengejar mimpi dan karir di bollywood. Film pertamanya adalah Abodh (1984), tetapi ia menjadi pusat perhatian dalam film Tezaab (1988).

2. Madhuri adalah satu-satunya aktor wanita bollywood yang masuk nominasi pada ajang Filmfare Award sebanyak 14 kali. Dimana ia telah dianugerahi trofi Black Lady yang ikonik sebanyak 4 (empat) dalam kategori Aktris Terbaik dan 2 (dua) untuk kategori lainnya.

3. Sebagai seorang penari Kathak (Tarian klasik yang berasal dari India Utara) yang terlatih, Madhuri adalah satu-satunya aktor wanita di zamannya yang telah dikoreografi oleh eksponen Kathak, Pandit Birju Maharaj. Bahkan ia dipuji Pandit dan berkata kalau Madhuri adalah penari wanita terbaik di bollywood.


4. Madhuri pernah memakai kostum yang beratnya 30 kg untuk sebuah lagu di film Devdas (2002), dimana kostum tersebut dikonseptualisasikan dan dirancang oleh desainer Neeta Lulla.

5. Seniman terkenal di India, yaitu mendiang MF Husein mengaku sangat dimanjakan kecantikannya dan telah menonton filmnya, Hum Aapke Hain Koun (1994) sebanyak 67 kali. Dimana MF Husein mengatakan kalau Madhuri telah menginspirasi dan mengilhaminya dalam serangkaian lukisan yang telah dibuatnya dan juga sebuah film yang disutradarainya berjudul Gaja Gamini (2000), yang dibintangi oleh Shahrukh Khan dan Madhuri.

6. Seorang penggemar beratnya dari Jamshedpur pernah memohon kepada Pemerintah India untuk menetapkan hari ulang tahun Madhuri menjadi Hari Libur Nasional. Yang gilanya, ia bahkan membuat kalender versinya sendiri dimana Tahun Baru dimulai dari hari ulang tahun Madhuri.

7. Ia menerima penghargaan Padma Shri (2008), penghargaan sipil tertinggi keempat di India.

8. Ia pernah menjadi aktor wanita dengan bayaran tertinggi pada masanya. Kabarnya, ia mendapatkan bayaran sebesar 2,7 crore untuk film Hum Aapke Hain Koun, melebihi bayaran yang diterima oleh lawan mainnya, Salman Khan.


9. Ia menikah di Los Angeles dengan seorang pria yang berprofesi dokter yaitu dr. Shriram Madhav Nene pada tanggal 17 Oktober 1999 dan setelah itu ia mengambil cuti panjang dari film. Ia bahkan menetap di AS dan membesarkan kedua anaknya, Raayan dan Arin. Tapi kini sudah kembali ke India.

10. Ia sering terlibat dalam kegiatan kemanusian dan perlindungan kepada hewan. Sebagaimana ia pernah ditunjuk sebagai Duta Besar Godwill Advocate untuk hak anak-anak dan keseteraan gender wanita pada tahun 2014.

11. Satu bintang di rasi orion telah dinamai dengan namanya, Madhuri Dixit. Mungkin, sekelompok penggemarnya telah membuat dan mengajukannya. Sertifikat Star Foundation berbunyi, "Sebuah benda angkasa (bintang) di langit telah dinamai untuk menghormati Madhuri Dixit dan secara resmi terletak di konstelasi Orion"

12. Ia pernah bersama dengan Mithun Chakraborthy, Aditya Pancholi, Sadashiv Amrapurkar, Shakti Kapoor dan Paresh Rawal, membintangi sebuah film yang diberi judul Maha Paap (1990), tetapi tidak dirilis.

13. Madhuri pernah menandatangani film yang akan disutradarai oleh Vijay Anand, Jana Na Dil Se Door, yang akan dibintangi oleh Dev Anand dan Inder Kumar (akhirnya digantikan oleh Rageshwar). Namun, secara sepihak ia meninggalkan begitu saja film tersebut sebelum syuting dimulai.

14. Debut filmnya flop (gagal), lalu diikuti beberapa film flop. Bila dihitung, ia memiliki 9 (sembilan) film yang flop antara tahun 1984 s/d 1988. Tetapi itu sama sekali tidak menghalanginya dalam mengejar mimpi besarnya di bollywood.

15. Ia juga telah meluncurkan sekolah tari berbasis online, dimana para anak didiknya diharuskan menggugah video tarian mereka masing-masing, mempelajari berbagai gaya tarian dan ikut berkompetisi dalam kontes tari.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami, ya!
advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()