15 Karakter Wanita Tegar Di Film Bollywood Yang Patut Banget Kamu Teladani


Sinema bollywood sering dituduh seksisme (Seksisme adalah bentuk perilaku diskriminatif terhadap gender yang tentunya merupakan perilaku yang tidak baik. Terdengar asing, namun tanpa disadari, banyak orang yang pernah melakukannya).

Contohnya, lihatlah ada apa dengan wanita di dalam item number (Item Number adalah pertunjukan musik yang sering ditampilkan di film bollywood, tetapi sebagian besar tidak penting untuk plot film. Biasanya, lagunya sangat catchy, upbeat dan sering dengan tarian seksual provokatif. Tujuannya, untuk hiburan dan pemasaran film) atau wanita di film bollywood sering dijadikan objek laiknya permen candy yang enak diemut.

Namun, ada juga beberapa karakter wanita yang menonjol banget di film bollywood, yang menggambarkan kehebatan dan ketegaran seorang wanita. Dan berikut 15 karakter wanita tegar di film bollywood yang patut banget kamu teladani.

1. Sashi Di Film English Vinglish (2012)


Kita telah melihat para panutan dimana-mana, tetapi tidak pernah di dalam diri Ibu rumah tangga atau ibu di sekitar kita. Penggambaran Sridevi sebagai game-charger (seseorang yang dengan intuisi dan kharismanya dapat mengubah keadaan yang sedang terjadi) telah mengubah seorang ibu rumah tangga.

Sashi, seorang istri dan ibu yang tidak bisa berbahasa inggris, memunculkan pertanyaan penting tentang nilai dari pekerjaan dan keahlian seorang ibu rumah tangga.

2. Rani Di Film Queen (2014)


Rani, seorang wanita yang kurang lancar berbahasa inggris, pergi ke eropa untuk berbulan madu sendirian dan mencoba menata kembali hidupnya sendiri, setelah ia ditinggal calon suaminya di altar.

Setelah mampu merealisasikan dirinya, selanjutnya ia pun membuang calon suaminya yang brengsek dari fikirannya ke tong sampah. Adakah yang perlu bukti lebih lanjut, bahwa pernikahan bukanlah akhir segalanya bagi wanita?

3. Naina Di Film Yeh Jawaani Hai Deewani (2013)


Keyakinan seorang wanita yang hidup dengan caranya sendiri dan kurangnya hasratnya berubah demi seorang pria, meskipun besarnya cintanya kepada yang ia cintai, itu lah yang membuat karakter Naina layak menjadi teladan.

Tidak sampai di situ, sebagaimana narasi film berakhir dengan Ranbir Kapoor rela meninggalkan pekerjaannya dan memilih kembali kepadanya, oh! bukankah itu naina - seorang wanita yang mampu melakukannya.   

4. Meera Di Film NH10 (2015)


Pantang menyerah dan cerita tentang pemerkosaan yang mengerikan, pembunuhan dan kebencian terhadap wanita, NH10 melihat ke dalam gelapnya kengerian yang dialami oleh Meeta. Anushka Sharma memainkan peran seorang wanita yang berjuang untuk keadilan dan membela dirinya sendiri dalam suatu keadaan yang paling sulit, iya kita tahu ia seorang perempuan, bukan berarti ia harus pasrah terhadap keadaan, kan?       

5. Piku Di Film Piku (2015)


Ini sebuah gagasan bahwa perempuan bisa jadi pengasuh bagi orang tua mereka, mereka bisa jadi tidak menikah dan tinggal di rumah mereka sendiri, itu dinormalisasi di film Piku. Dari seorang Ayah yang feminis seperti karakter Amitabh Bachchan, hingga Piku (Deepika Padukone) yang bebas merdeka, film ini memiliki contoh panutannya masing-masing.

6. Sulu Di Film Tumhari Sulu (2017)


Sulu mengambil ide seorang bibi tetangganya dan memutarnya di kepalanya atau memikirkannya. Ia seorang wanita yang menyenangkan, bersemangat dan sangat ambisius terhadap semua yang diinginkan oleh wanita India, tetapi tidak bisa.

Sulu adalah ikon untuk kelas menengah di India, seorang istri atau ibu yang lincah dan mahir mencari solusi unik terhadap masalah umum yang kerap terjadi di keluarga dan masyarakat.

7. Vidya Di Film Kahaani (2012)


Ini karakter lain wanita tegar yang dimainkan oleh Vidya Balan. Kisah tentang seorang wanita hamil yang berpetualang dalam bahaya untuk membalaskan dendam suaminya adalah ikon. Mengambil alih figur otoritas ketika seorang wanita dalam kondisi terlemahnya, Vidya malah menghancurkan stereotipe sambil menantang para penjahat.

8. Meeta Di Film Hasee Toh Phasee (2014)


Sangat sedikit karakter wanita di film bollywood digambarkan seseorang yang jenius. Meeta (Parineeti Chopra) adalah karakter langka itu. Seorang kutu buku tulen yang merasa bebas terhadap hidupnya dengan fikiran yang brilian. Dimana ia berhasil membuat aktor utama yang ganteng jatuh cinta kepadanya karena kecerdasannya.

9. Bindu Di Film Manthan (1976)


Penggambaran ikonik Smita Patil tentang Bindu, seorang wanita yang menggerakkan dirinya sendiri  memimpin sesama wanita desa untuk membangun koperasi susu lokal, adalah kekuatan pendorong dari film ini. Terinspirasi dari kisah nyata, film ini menggaris bawahi White Revolution (Revolusi Putih) yang sebenarnya, yang telah menjadikan India salah satu produsen susu terbesar di dunia.

10. Ambar Di Film Salaam Namaste (2005)


Ambar adalah salah satu karakter wanita mandiri yang digemari dan sering ditampilkan sebagai aktris utama di film mainstream bollywood. Dimainkah oleh Preity Zinta, ia tidak hanya berhubungan sebatas pacar dengan pria, ia juga telah melakukan seks pra-nikah dengan pacarnya dan memutuskan memiliki bayi di luar pernikahan. Namun bagi kami, Ambar adalah contoh teladan yang buruk, meski ia mandiri.

11. Laila Di Film Zindagi Na Milegi Dobara (2011)


Sesosok karakter wanita tegar, langka dan mandiri dalam daftar peran yang pernah dilakoni oleh Katrina Kaif. Laila hidup laiknya burung yang bebas terbang kemana saja. Dari scuba diving (nyelam) di laut hingga mengendarai sepeda motor, ia tentu saja bukan wanita yang dianggap girly, dan itulah yang menyegarkan dari dirinya.

12. Aditi Di Film Astitva (2000)


Dipermalukan, diabaikan dan dikesampingkan oleh suami dan anak-anaknya. Katakter Tabu sebagai Aditi, melanjutkan perjalanan menemukan jati dirinya dan meninggalkan keluarganya di belakang. Lalu, ia pun mempertanyakan standar ganda dalam masyarakat tentang perilaku wanita versus pria. Astiva berbicara tentang cara pandang baru terhadap sebuah keluarga di India.

13. Jyoti Di Film Khoon Bhari Maang (1988)


Rakhi menjadi seorang femme fatale (wanita misterius dan menggiurkan yang mempunyai pesona untuk menjerat orang yang dincintainya dalam ikatan hasrat yang kuat dan juga wanita yang sering kali curigaan, berbahaya dan mematikan) yang pendendam.

Ini adalah film klasik glamor yang ceritanya berkisar tentang balas dendam, namun Khoon Bhari Maang bukanlah kisah film seperti yang pernah kamu tonton di film-film bollywood.


14. Shivani Di Film Mardaani (2014)


Rani Mukherji sebenarnya banyak memainkan karakter wanita tegar di filmnya. Namun, penggambaran seorang polisi wanita yang mencari tahu orang-orang yang dituduh telah melakukan perdagangan manusia benar-benar brilian.

Seekor srigala betina mengamuk dan mencabik-cabik segerombolan srigala jantan yang ganas, Mardaani adalah sebuah kisah yang benar-benar mengispirasi.


15. Semua Karakter Aktris Utama Di Film Lajja (2001), Parched (2015) Dan Angry Indian Goddesses (2015)


Dari Rekha, Manisha Koirala dan Madhuri Dixit di film Lajja. Ke Radhika Apte, Tannishtha Chatterje dan Surveen Chawla di film Parched. Bollywood telah melihat beberapa karakter tegar dari pedesaan. Mereka tidak hanya menangani pembangunan desa, tetapi mereka melakukannya dari persfektif feminisme, baik dalam menyelamatkan anak perempuan, maupun dalam memerangi struktur sosial yang dianggap tidak adil.


Juga, wanita kalangan urban di Angry Indian Goddesses, melawan semua kekerasan terhadap wanita atau kebencian terhadap wanita. Dan menyoroti kurangnya pilihan yang disajikan kepada perempuan dalam mencari jalan keluar dari kekerasan seksual yang kerap terjadi di India.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya!
advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()