18 Fakta Menarik Tentang Film Aashiqui 2 (2013) Yang Kami Percaya Belum Kamu Ketahui


Kisahnya, Penyanyi Rahul Jaykar (Aditya Roy Kapoor) yang sedang manggung di Goa terlibat perkelahian dengan seorang yang dengan lantang mengejeknya dari luar panggung. Akibatnya, konser dihentikan dan Rahul pun beranjak pergi mencari bar di daerah Goa.

Memang, karirnya telah berada di titik nadir, ini diakibatkan kecanduannya pada minuman keras. Di sebuah bar, Rahul sangat menikmati lagunya dinyanyikan seorang wanita berparas cantik, Aarohi (Shraddha Kapoor). Dimana ia bisa menebak kalau cewek tersebut mengidolai dan ingin menjadi seperti idolanya, Lata Mangeshkar.

Lalu, bagaimana selanjutnya? Tonton aja ya, dost! Tapi sebelumnya, simak beberapa fakta menarik tentang film Aashiqui 2 (2013) yang kami percaya belum kamu ketahui.

1. Tiger Shroff, putra dari aktor senior Jackie Shroff dirumorkan awalnya akan memainkan pemeran utama pria di film ini, juga Imran Abbas dan Sushant Singh Rajput ditawari, tetapi mereka menolak karena terikat kontrak film lain, namun akhirnya sangat apik dimainkan oleh Aditya Roy Kapur.

2. Awalnya, sutradara Vishal Mahadkar yang akan mengarahkan film ini, tapi akhirnya Mohit Suri yang dikunci untuk film ini.

3. Oke! Sekarang mari kita jernihkan semua kekeruhan yang menyebabkan para penggemar kebingungan, bahwa Aashiqui 2 dikatakan merupakan sekuel dari film Aashiqui (1990). Padahal bukan, kami rasa film ini hanya terinspirasi saja. Tapi, mungkingkah ada yang tetap ngeyel mengatakan film ini sekuelnya? Kami percaya, iya. (Sekuel adalah karya yang dipublikasikan meneruskan cerita atau mengembangkan tema yang sebelumnya).

4. Aashiqui 2 bercerita tentang seorang bintang rock n roll, Rahul Jaykar, yang perlahan-lahan ketenarannya pudar atau ditelan bumi. Ia juga telah kehilangan kendali terhadap hidupnya sendiri, karena ia tidak bisa berhenti dari kebiasaan buruknya menenggak minuman keras. Penyanyi yang dulunya pernah meraih penghargaan dan menuai kesuksesan, tersungkur jatuh ke jurang kesuraman yang paling dalam.

5. Sutradara Mohit Suri dianggap gagal membangun premis (dasar pemikiran) dan menyempurnakan karakter Rahul dan Aarohi di film ini. Ceritanya juga dianggap terus-menerus dibebani percakapan yang sangat membosankan.

6. Menurut salah satu kritikus film menganggap bahwa Aditya yang berperan sebagai Rahul Jaykar aka RJ tidak meyakinkan dan menarik di film ini. Sementara Shraddha Kapoor yang berperan sebagai Aarohi yang hidup di bawah garis kemiskinan sepanjang film ini ia seperti dibius saja.

7. Terlepas dari banyaknya kritikan terhadap penampilan Aditya dan Shraddha di film ini, tetapi chemistry mereka diakui telah bikin klepek-klepek para penonton. Apa kamu salah satunya?


8. Kepribadian Aditya sebagai Rahul menjadi metafora untuk semua kesuksesan di dunia hiburan yang serba salah. Ia mengejar kesenangan berasal dari botol minuman keras, karakternya menjadi persilangan antara Shahrukh Khan di film Devdas (2002) dan Ranbir Kapoor di film Rockstar (2011).

9. Aashiqui 2 adalah sebuah film romantis yang berhasil menempati ruang di hati kita. Ada banyak momen klise para pecinta di film ini. Pun ada momen yang telah tertanam begitu dalam pada tradisi film bollywood, di film ini dikembangkan menjadi pernyataan-pernyataan cinta masa kini.

10. Sama seperti para hero (pemeran utama pria) di film Mahesh Bhatt (produser) sebelumnya, Rahul digambarkan sebagai seorang pria yang sering bikin ulah dan malu orang yang paling dicintainya, Aarohi.

11.  Aditya dikabarkan pernah datang ke lokasi syuting dalam kondisi mabuk untuk melakukan adegannya secara meyakinkan. Namun, syuting harus dibatalkan karena ia ternyata sudah terlalu mabuk.

12. Tak seperti film-film bollywood yang menghabiskan waktu berbulan-bulan untuk promosi. Aashiqui 2 hanya berpromosi selama 3 (tiga) minggu sebelum rilis. Pun awalnya film ini akan dirilis tepat pada Hari Valentine sesuai dengan tema yang diusungnya, namun batal karena keterlambatan produksi.

13. Bukan suatu kebetulan bahwa film yang telah bikin baper ini terinspirasi dari film drama musikal hollywood karya Frank Pierson berjudul A Star Is Born (1976). Kami sengaja menyebutkan versi musik genre funky psychedelic dari filmnya, bukan versi yang lebih jadul dari filmnya, tepatnya dirilis tahun 1954 (dengan judul yang sama), dimana keduanya memiliki cerita yang sama. Bahkan poster film ini saja tanpa rasa malu menjiplak poster film A Star Is Born (1976).

14. Hrishikesh Mukherji telah membuat film Abhimaan (1973) sangat bermelodi, yang memiliki kesamaan tema dengan film ini. Sangat mudah bagi Hrishikesh menggambarkan karakter Jaya Bachchan sebagai penyanyi yang lebih baik dari Amitabh Bachchan, gegara ia bernyanyi dalam suara merdu Lata Mangeshkar.

Sementara dalam Aashiqui 2, agar cinta Rahul dan Aarohi terbebas dari saling berkompetisi sesama penyanyi, maka salah satu harus membuat pengorbanan besar di akhir film. Yang mana telah sukses bikin para penonton patah hati, terutama cewek-cewek.

15. Musik lagu di film ini sebagian besar digubah oleh Jeet Gannguli, sedangkan Mithoon dan Ankit Tiwari masing-masing menggubah 2 (dua) buah lagu. Untuk lirik lagu, sebagian besar ditulis oleh Irshad Kamil, namun untuk lagu populer Sunn Raha Hai ditulis oleh Sandeep Nath.

Sedangkan lagu paling populer Tum Hi Ho ditulis oleh Mithoon dan lagu terkenal Bhula Dena ditulis oleh Sanjay Masoom. Pun sebanyak 6 (enam) lagu di album Aashiqui 2 dinyanyikan oleh Arijit Singh. Menggembirakan, album soundtrack film Aashiqui 2 sangat populer di India, bahkan lagu Tum Hi Ho dan Sunn Raha Hai berhasil merajai tangga lagu di India.

16. Awalnya, pembuat film tidak berkenan memperkerjakan aktor yang sudah dikenal, sehingga mereka mengadakan audisi secara nasional mencari aktor berbakat dan wajah baru untuk film ini. Namun, karena dirasa para aktor yang ikut audisi tidak menjanjikan, lantas ide ini dibatalkan.

17. Tidak seperti film bollywood lainnya, film ini lebih dulu merilis lagu dari pada trailer film. Lagu yang dirilis adalah Tum Hi Ho yang secara instan populer dan menembus angka 2 juta penonton atau viewer dalam 10 hari rilis di Youtube. Pun lagunya sangat membantu sekali promosi film ini.

18. Ada sebuah kesalahan yang pasti kamu tidak menyadarinya selama ini di film Aashiqui 2. Adegan ketika Rahul di luar panggung berbicara dengan seorang pria yang mengaku sebagai wartawan, kamu jelas melihat ada 3 (pria) yang sedang ngobrol di belakang mereka.


Yang mengejutkan, pada waktu yang sama ternyata ketiga pria tersebut juga sedang bermain musik di panggung mengiringi Aarohi yang sedang bernyanyi.


Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya!  
BERIKAN KOMENTAR ()