14 Mei 2018

19 Fakta Menarik Tentang Film Dil Hai Tumhaara (2002) Yang Mungkin Kamu Belum Ketahui


Kisahnya, Shalu (Preity Zinta) adalah seorang wanita yang menyenangkan dan penuh cinta, tinggal bersama Ibunya, Sarita (Rekha) dan kakaknya, Nimmi (Mahima Chaudry). Shalu dan Nimmi tidak tahu kalau mereka sebenarnya saudara tiri. Dimana Shalu adalah sebenarnya anak suami Sarita dengan selingkuhannya, yang karena mengalami kecelakaan tragis, di akhir hidup suaminya memintanya agar menjaga dan membesarkan Shalu seperti anaknya sendiri.

Meskipun Sarita mau mengadopsi Shalu, tetapi ia belum bisa melupakan perbuatan suaminya dan sakit hatinya, sehingga ia pun membesarkan Shalu tanpa pernah mencurahkan sedikitpun cinta untuk Shalu. Di sisi lain, Shalu sebenarnya sangat cinta kepada Ibunya, Sarita, yang ia percaya sebagai Ibu kandungnya.

Ia berusaha mencari perhatian Ibunya untuk mendapatkan secercah cinta, namun tidak pernah mendapatkannya sama sekali. Akhirnya, ia pun berubah menjadi gadis yang suka memberontak. Tidak seperti Ibunya, kakaknya, Nimmi, malah sangat mencintainya dan selalu mendukungnya.

Singkat cerita, seorang pria menawan bernama Dev Khanna (Arjun Rampal) masuk di kehidupan kedua gadis cantik bersaudara ini. Awalnya, hubungan Dev dan Shalu tidak pernah akur, tapi lambat laun saling jatuh cinta. Di sisi lain, Nimmi mengira kalau Dev mencintainya. Lantas, Ibunya mengajukan proposal (lamaran) pernikahan kepada Ayah Dev.

Ayah Dev tercengang, karena sudah tahu tentang hubungan Dev dan Shalu. Melihat hubungan cinta antara Dev dan Shalu, Sarita berkesimpulan bahwa Shalu telah mencuri Dev dari Nimmi. Lalu, bagaimana selanjutnya? Tonton aja, ya!

Yuk! Simak 19 fakta menarik tentang film Dil Hai Tumhaara yang mungkin kamu belum ketahui

1. Faktanya, Tabu yang pertama kali didekati dan dibujuk untuk memainkan peran sebagai Nimmi.

2. Sharmila Tagore telah menanda tangani kontrak kerja untuk memainkan peran sebagai Sarita di film ini, tanpa alasan yang jelas ia memilih keluar.

3. Sebenarnya, pada tahun 1991 sutradara Rajkumar Santoshi telah bekerja sama dengan Sunny Deol, Dimple Kapadia, Meenakshi Seshadri dan Salman Khan untuk membuat film ini. Shekar Kapur juga telah menanda tangani akan bermain pemeran kunci di film ini. Bahkan telah resmi diumumkan film bakalan dirilis pada bulan Oktober 1991, akan tetapi tanpa penjelasan apa-apa film ini tidak jadi dibuat.

4. Penampilan Preity Zinta sebagai Shalu, dipuji para kritikus dan ia pun masuk nominasi sebagai Aktris Terbaik dalam beberapa ajang penghargaan bergengsi di bollywood.

5. Soundtrack film Dil Hai Tumhaara digubah oleh duo Nadeem-Sharavan, pun sangat menggembirakan karena berhasil memuncaki tangga lagu di India.

6. Namun, sayang film Dil Hai Tumhaara bekerja sangat buruk di Box Office alias gagal.

7. Berarti, ini film kedua Preity Zinta bekerja bareng dengan sutradara Kundan Shah, yang pertama film Kya Kehna (2000).

8. Dil Hai Tumhaara tercatat memiliki durasi lama yang tak biasa pada adegan musik film-film bollywood, terutama pada urutan adegan lagu Mohabbat Dil Kasoon dan Dil Hai Tumhaara. Sejumlah adegan musik atau lagu di film ini digunakan untuk memajukan plot film, bukan sekedar selingan. 

9. Seperti film terakhirnya, Lajja karya Rajkumar Santoshi, Rekha memang berada di kelas atas bollywood. Pertama kalinya, ia menjadi seorang Ibu di layar untuk 2 (dua) aktris komtemporer. Ia tampak cantik banget sebagai Ibu muda, lalu menjadi Ibu tua yang berkarisma dan bermartabat.

10. Kundan Shah nampaknya tidak memperhatikan detail film ini. Ketika Arjun melakukan perjalanan dari Delhi ke Panlapur (setidaknya menghabiskan 6 (enam) jam berkendaraan darat). Ada sebuah adegan ketika dasi dan baju Arjun kotor karena kue, lantas ia ingin pulang ke rumah mengganti bajunya.

Namun gak masuk akal bangetnya, karena Arjun tiba-tiba mengganti bajunya di rumah keluarganya di Delhi, padahal kan ia sudah di Panlapur.


11. Lalu, pada suatu ketika Preity ingin berangkat ke Delhi dari Panlapur, karena merasa takut sendirian ia lantas memaksa Arjun ikut bersamanya. Kali kedua, ketika Preity lari sendirian pada malam hari menuju rumah Arjun untuk menemui Mr. Khanna (Ayah Arjun).

Bahwa Kundan benar-benar telah lupa kalau rumah Arjun ada di Delhi, bukan dekat loh, coba aja bayangin, mengendarai mobil saja dari Panlapur ke Delhi sekitar 6 (enam) jam, berapa lama pula berjalan kaki? Kami kira Preity tak sanggup deh.

12. Usaha yang telah mengalami kerugian besar dan sebentar lagi akan bangkrut. Anehnya, kantornya di daerah kecil di Panlapur lebih besar dan luas dibandingkan kantor perusahaan besar yang ada di kota besar. Absurd!

13. Dimulai dengan film Dil Hai Tumhaara, Jimmy Shergill memiliki hubungan sebatas friendzone dengan Preity. Lalu, diikuti film Mere Yaar Ki Shaadi Hai (2002) ia merelakan tunangannya pergi dengan sahabat baiknya, Uday Chopra, di malam sebelum acara pertunangan.

Lucunya, tidak sampai di 2 (dua) film tersebut, di film Tanu Weds Manu (2011) dan Tanu Weds Manu Return (2015), ia juga harus merelakan Kangana Ranaut jatuh dipelukan R. Madhavan, bukan sekali, 2 (kali) loh ia kena tikung.

Yang paling tragis, di film Saheb, Biwi Aur Gengster (2011), ia menyuruh istrinya agar ia ditembak mati oleh kekasih istrinya.

14. Dil Hai Tumhaara, melemparkan pertanyaan besar kepada kita tentang seberapa banyak masalah yang terjadi pada keturunan dan garis keturunan dalam hal cinta sejati. Juga tentang ketika Shalu (Preity) yang berprofesi sebagai supir di sebuah perusahaan, secara tak terduga ia telah berpartisipasi dalam masalah kemanusiaan dengan anak pemilik perusahaan tempat ia bekerja, Dev (Arjun Rampal). Inilah sebuah film yang memutuskan tali pembatas sosial sesama manusia.

15. Preity Zinta memainkan perannya di film ini sangat bagus. Tetapi, kita telah sering menyaksikannya memainkan peran seperti ini. Salah satunya, tonton aja film Har Dil Jo Pyar Karega, dimana ia menjadi adik ceria yang rela berkorban demi kebahagiaan orang lain.

16. Mahima Chaudry memainkan perannya sebagai kakak yang ideal, yang mencurahkan kasih sayangnya kepada Shalu. Meski perannya di film ini tidak begitu besar, tetapi ia telah membuat kita bersimpati dengan karakternya.

17. Arjun Rampal memainkan peran seorang pria yang menawan dan cerdas di film ini, sehingga kita tentu paham bagaimana 2 (dua) wanita cantik bersaudara bisa jatuh hati kepadanya. Jauh bangetlah dengan 2 (dua) pria yang selalu ngejar-ngejar Shalu.

18. Sedangkan, Jimmy Shergill telah membuat kesalahan mau menerima memerankan Samir,  teman baik masa kecil Shalu. Ia bukannya tidak bagus, tapi karena porsinya terlalu kecil di film ini, sehingga tidak memiliki efek apa-apa untuk karirnya.

19. Rekha seperti biasanya tetap cantik, dan apik memainkan peran Ibu Tiri yang jahat.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya!