10 Lagu Cinta Terbaik Bollywood Tahun 1980-an Yang Mestinya Ada Dalam Playlistmu Selamanya


Pada pertengahan tahun 1980-an musik bollywood mengakhiri era gramofon dan awal mula revolusi kaset audio. Lagu-lagu bollywood pada era tahun 1980-an benar-benar menggetarkan dan merdu, dimana kita saksikan banyak lagu yang hits dan laris manis di pasaran.

Era ini cukup istimewa karena banyak musisi meluncurkan karya-karya terbaik mereka.

Para penyanyi playback seperti Alka Yagnik, Udit Narayan, dan Sadhana Sargam, tahun 1980-an jadi awal mula karir bernyanyi mereka.

Kita juga telah diperkenalkan kepada Biddu, seorang komposer musik kelahiran Inggris, yang salah satu karya musiknya dalam soundtrack film Qurbani menjadi sensasional.

Kita tidak dapat melupakan tema-tema sensual, puitis dan disko dari lagu-lagu romantis yang diciptakan selama dekade tersebut. Jadi, mari dan bergabunglah dengan kami dalam perjalanan nostalgia ini. Nah! Berikut 10 lagu cinta terbaik bollywood tahun 1980-an yang mestinya ada dalam playlistmu selamanya.


1. Aap Jaisa Koi - Ost. Qurbani (1980)


Penyanyi lagu bersuara merdu, Nazia Hassan, ditemukan oleh sutradara film ini, Feroz Khan, di sebuah Klub di kota London. Lantas, Feroz meminta kepada teman baiknya, Biddu, menuliskan sebuah lagu yang tepat buat Nazia sesuai sensasi bernyanyinya.

Hal yang fenomenal tentang lagu Aap Jaisa Koi adalah fakta bahwa lagu ini adalah lagu romantis yang dilapisi disko. Bait pertama, "Phool Ko Bahar, Bahar Ko Chaman, Dil Ko Dil, Badan Ko Badan," melambangkan citra seksi aktris Zeenat dalam video klip lagunya.

Anuj Kurmani dari The Hindu brrkomentar, "Lagu ini adalah musik yang membuat Qurbani tak lekang oleh waktu dan membuatnya menjadi usaha yang menguntungkan bahkan sebelum film dirilis."

Nazia Hassan, penyanyi lagu ini diketahui baru berusia 16 tahun pada saat itu dan berhasil membawa pulang trofi pertamanya dari Filmfare Award untuk kategori Penyanyi Playback Wanita Terbaik.

2. Dekha Ek Khwab - Ost. Silsila (1981)


Kita bisa merasakan esensi asmara yang kuat dari Amitabh Bachchan dan Rekha dalam lagu ini.

Amitabh dan Rekha dalam video lagunya kita saksikan berada di daerah pegunungan dan taman bunga yang indah, sambil bernyanyi bagaimana mereka melihat sebuah mimpi dan betapa indahnya asmara yang mereka alami.

Adalah lagu ini dinyanyikan Kishore Kumar dan Lata Mangheskar. Catatan kritikus musik Bhasker Gupta di All Music mengatakan, "Silsila adalah sebuah perayaan puisi dan kehidupan. Setiap lagu-lagunya bernilai tinggi dalam sejarah keseluruhan musik bollywood dan menandakan gelombang musik ketiga di puncaknya."

3. Tu Tu Hai Wahi - Ost. Yeh Vaada Raha (1982)


Indahnya lagu R.D Burman ini adalah bahwa baik Rishi Kapoor dan Poonam Dillon, hanya lip-sinc lagu ini sesekali saja. Lagu ini, menggambarkan semua tentang kekasih hatimu dan memberi tahu dia betapa kamu sangat mencintainya.

"Mil Jaaye Is Tarah Do Lehre, Jis Tarah. Phir Ho Na Judaa, Haan Yeh Vaada Rah", terjemahannya dalam bahasa Indonesia, "Mari kita bertemu seperti dua ombak dan tidak pernah terpisahkan. Ya! Ini adalah janjiku. Sekarang, ini adalah cinta abadi."

Rohit Jahajeeah menulis di Youtube, "R.D Burman memiliki keunggulan dalam membuat lagu ini menjadi hits dan tak lekang oleh waktu. Lebih dari 30 tahun, saya masih mendengarkan lagu ini dan saya tidak pernah bosan."

4. Jaane Kaise Kab Kahan - Ost. Shakti (1982)


Dalam video lagu Jaane Kaise Kab Kahan menampilkan aktor Amitabh Bachchan dengan aktris cantik, Smita Patil.

Kita menyaksikan pasangan ini berada di hutan, memercikkan air dan api bertanya bagaimana, kapan dan dimana mereka jatuh cinta. Lagu dari R.D Burman ini sangat menarik perhatian lantaran sangat menekankan kepolosan cinta sejati.

Kishor Vittal menulis di Youtube, "R.D Burman menggubah musik dengan cara yang sangat indah, sehingga kamu merasa lagu ini dibuat hanya untuk kamu."

5. Saagar Kinaare - Ost. Saagar (1985)


Dari La La La La, bagian awal lagu ini, lantas sebuah citra cinta kaleidoskop berhasil dibuat.

Hero-nya, Rishi Kapoor, si gagah berani dan heroin-nya, si penakut Dimple Kapadia berciuman, saling melempar senyum dan mengekspresikan cinta mereka satu sama lain di pantai. Kami percaya, kamu selalu merasa haus melihat pasangan ini.

Ganesh Kelkar berkomentar di Youtube, "Lagu yang indah, dinyanyikan oleh penyanyi legendaris Kishore Kumar dan Lata Mangheskar."

6. Har Kisi Ko - Ost. Janbaaz (1986)


Feloz Khan, sutradara film ini telah membawa penonton melayang-layang dalam mimpi bersama dengan Sridevi yang mereka cintai - menari dengan sari berwarna merah yang bikin gerah.

"Mendengar lagu ini lagi pada tahun 2016, 30 tahun setelah film ini dirilis. Kamu masih merasakan keajaiban yang sama pada era 80-an," Qashim Shaikh memuji lagu ini di kolom komentar Youtube.

7. Kate Nahi Kat Te - Ost. Mr. India (1987)


Sridevi yang mengenakan sari berwarna biru kehijauan, bergelut dengan Mr. India, pada malam yang basah diguyur hujan. Lagu yang menggoda dari Laxmikant-Pyarelal ini sungguh sangat berkesan.

Di lagu ini, Anil Kapoor memberi tahu Sridevi bagaimana sangat sulit baginya untuk bertahan hidup dan berkata, " Aku Cinta Kamu.". Ini adalah salah satu lagu yang perlu kamu ulang-ulang terus.

8. Mere Pyar Ki Umar - Ost. Waaris (1988)


"My Love Should Be The AgeWhich Begin With You And Ends With You," sepenggal lirik indah dalam lagu ini yang ditulis oleh Verma Malik.

Aktris Amrita Singh dan aktor Raj Babbar terlihat saling berpelukan di ladang dan berjanji untuk tidak pernah berpisah.

Lirik terbaik dalam lagu ini adalah "Teri Khushi Se Hai Khushi. Tere Gham Se Hai Gham." Artinya, "Kebahagian kamu terkait dengan saya dan kesedihan kamu terkait dengan saya."

Pradi Kumar menikmati lagu ini di Youtube dan memujinya, "Lagu yang benar-benar indah. Salah satu lagu terfavoritku, didedikasikan untuk cintaku dan detak jantungku."

9. Gazab Ka Hai Din - Ost. Qayamat Se Qayamat Tak (1988)


Aamir Khan dan Juhi Chawla kawin lari untuk bisa bersama satu sama lain dalam film ini, terus bernyanyi riang gembira tentang hari indah yang mereka alami tersebut.

"Hum Be Akele. Tum Bhi Akele. Maza Aa Raha Hai, Kasam Se," artinya, sepasang kekasih, yang menikmati kehadiran satu sama lain.

Mendengar lagu nostalgia ini, Gandada Gudi menulis di Youtube, "Kenangan! Sulit dipercaya aku punya masa kanak-kanak yang menyenangkan, saya benar-benar merindukan masa kecilku."

10. Dil Deewana Bi Sajna Ke - Ost. Maine Pyar Kiya (1989)


Mengenakan Saree kuning yang indah, Bhagyashree menyanyikan lagu ini dengan hati yang gila disebabkan Salman Khan yang dicintainya.

Musik lagu ini digubah oleh Raam-Laxman, liriknya ditulis oleh Asad Bhopali.

Faktanya, soundtrack film ini oleh Planet Bollywood menempatkannya sebagai favorit kelima dalam daftar 100 Soundtrack Bollywood Terbaik.

Secara keseluruhan, tahun 80-an bollywood dipenuhi pertunjukkan romantis yang bikin kita jatuh cinta.

Selain 10 lagu cinta terbaik bollywood ini, berikut beberapa lagu romantis lainnya dari tahun 80-an yang mesti ada dalam playlist kamu selamanya, yaitu : Dard-E-Dil (Karz, 1980), Humhein Tumse Pyaar Hai Kitna (Kudrat, 1981), Hum Tumhe Chahtein (Qurbani, 1981), Na Jaane Kya Hua (Dard, 1981), Neele Neele Ambar (Kalakaar, 1983) dan Hum Jis Raste Pe (Teri Kasam, 1982).

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya!
advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()