29 Juni 2018

10 Lagu Cinta Terbaik Bollywood Tahun 1990-an Yang Mestinya Ada Dalam Playlistmu Selamanya


Era 1990-an bollywood banyak merilis lagu-lagu cinta terbaik dan terindah, yang menggambarkan cinta sejati, kesederhanaan dan keluguan. Jejak romantis pada jaman keemasaan ini benar-benar berasa indah sekali, merdu dan makna yang begitu dalam.

Selama dekade ini, kebanyakan orang mendengarkan lagu-lagu cinta favorit mereka melalui kaset, VCD, DVD dan Radio kesayangan.

Tersebarnya Televisi sampai ke daerah plosok-plosok dan bermunculannya saluran musik yang selalu memutar lagu-lagu termasuk bollywood, menjadikan lagu semakin mudah populer di tengah masyarakat.

Setelah sukses besar lagu-lagu cinta bollywood yang dirilis tahun 1980-an, penyanyi playback seperti Alka Yagnik, Udit Narayan dan Sadhana Sargam, sepanjang tahun 1990-an suara mereka yang ada dibalik beberapa lagu ikonik bollywood.

Tidak melupakan penyanyi populer lainnya, seperti Kumar Sanu, Anuradha Paudwal dan Hariharan. Berikut, 10 lagu cinta terbaik bollywood tahun 1990-an yang mestinya ada dalam playlist-mu selamanya.

1. Mujhe Neend Na Aaye - Ost. Dil (1990)


Lagu ini membawa pendengarnya ke alam para pemimpi cinta (Pyaar, Ishq dan Mohabbat)

Dalam video lagu ini, seseorang menyaksikan Aamir Khan dan Madhuri Dixit sedang bercanda ria di sebuah lembah, berbicara tentang malam yang mereka tidak bisa tertidur dan bertanya-tanya dimanakah hati mereka telah hilang.

Lirik indah lagu ini ditulis oleh Sameer, sepenggal liriknya, "Poocho Zara Poocho Kya Haal Hai. Haal Mera Behaal Hai." Mendeskripsikan perasaan mendalam dari sepasang kekasih.

Merasa bernosltagia dengan lagu ini, Fida Imam berkomentar di Youtube, "Old is Gold. Saya sangat suka lagu ini."

2. Dheere Dheere Se - Ost. Aashiqui (1990)


Musik lagu yang tak lekang oleh waktu ini digubah oleh duo Nadeem-Shravan, yang menggambarkan sepasang kekasih, Rahul Roy dan Anu Agarwal yang tidak dapat hidup tanpa satu sama lain. Dheere Dheere Se adalah salah satu lagu cinta bollywood paling populer tahun 1990-an.

Rakesh Budhu dalam ulasannya di planet bollywood sangat memuji lagu ini dan berkomentar, "Rani Mallik sempurna dengan kontribusi lirik yang ditulisnya untuk lagu ini. Sekali lagi, penyanyi Anuradha Paudwal dan Kumar Sanu bernyanyi sangat indah."

Terinspirasi oleh lagu aslinya, sebuah video klip lagu dengan judul yang sama dirilis yang vokalnya diisi oleh rapper Yo Yo Honey Singh, menampilkan aktor tampan Hrithik Roshan dan si cantik Sonam Kapoor. Yang mana videonya termasuk salah satu lagu bollywood yang paling banyak viewer-nya di Youtube.

3. Dhak Dhak Karne Laga - Ost. Beta (1992)


Karena lagu ini Madhuri Dixit dijuluki gadis "Dhak Dhak", tak diragukan lagi, musik lagu ini salah satu gubahan yang paling menggiurkan dari duo Anand-Milind.

Berbagi cerita tentang lagu ini, Madhuri Dixit mengatakan kalau syuting untuk lagu ini dilakukan selama 5 hari.

Lirik lagu ini sangat indah yang ditulis oleh Sameer, "Jadoo Tera Chaane Laga, Meri Nas Nas Mein Samaane Laga," yang menggambarkan bagaimana Anil Kapoor naksir berat kepada Madhuri Dixit.

4. Pehla Nasha - Ost. Jo Jeeta Wohi Sikandar (1992)


"Chale Tum Kuch Na Kaho, Maine Sun Liya. Ke Saathi Pyar Ka, Mujhe Chun Liya." Lirik awal lagu ini, bikin orang tidak bisa tidak jatuh cinta terhadap lagu cinta yang diciptakan oleh Jatin-Lalit ini.

Dibintangi oleh Aamir Khan dan Ayesha Jhulka dalam videonya, keduanya terlihat sedang melamun lantaran telah jatuh cinta. Lagu ini selalu terasa segar hingga saat ini alias tidak akan pernah usang.

Faktanya, lagu ini menjadi yang pertama dikoreografi oleh Farah Khan. Dimana Farah berbicara tentang pengalamannya, "Ini adalah lagu pertama yang saya koreografi dan saya telah mengambil alih dari koreografer Saroj Khan, dalam film ini sebenarnya saya sebagai asistennya. Pun satu orang yang sangat membantu saya pada saat itu adalah Aamir Khan."

5. Ek Ladki Ko Dekha - Ost. A Love Story  (1994)


Soundtrack film A Love Story menjadi album terakhir karya R.D Burman yang dirilis, musiknya dikerjakan sebelum kematian menjemputnya.

Vokal Kumar Sanu benar-benar sangat disukai. Lebih jauh lagi, lirik lagu yang ditulis Javed Akhtar ini benar-benar telah menghangatkan hati orang yang mendengarnya. Sangat puitis dan menekankan keindahan cinta.

Di Youtube, Sunny Singh berkomentar, "Siapa saja orang yang tidak suka lagu ini berarti ia bukan pecinta musik. Ini serius salah satu lagu terbaik yang pernah dibuat."

6. Tujhe Dekha Toh - Ost. Dilwale Dulhania Le Jayenge (1995)


Dalam video lagu ini, Shahrukh Khan dan Kajol saling menyatakan cinta mereka di taman bunga yang indah banget. Lagu ini tidak diragukan lagi adalah salah satu lagu cinta terbaik bollywood dari tahun 1990-an.

Lagu ini kolaborasi antara para musisi berbakat bollywood, Kumar Sanu, Lata Mangeshkar dan Jatin-Lalit. Dalam lagu ini, Shahrukh berpose berdiri dengan kedua tangannya terbuka lebar, selamanya telah menjadi pose khasnya. Sementara Kajol yang barlari ingin mendekap Shahrukh menjadi salah satu momen paling memorable dalam sinema bollyood.

7. Bahon Ke Darmiyan - Ost. Khamosi : The Musical (1996)


Salman Khan dan Manisha Koirala berpelukan dalam lagu ini, menggambarkan dengan indah bagaimana dua insan yang jatuh hati bertemu. Dengan ekspresi yang fasih dan smooth, sutradara Sanjay Leela Banshali telah berhasil menghipnotis para penonton.

Dengan lirik yang indah ditulis oleh Majrooh Sultanpuri dan musik yang digubah oleh Jatin-Lalit, lagu ini benar-benar memukau. Apalagi itu diperparah oleh vokal Hariharan dan Alka Yagnik, yang pasti bikin meleleh.

Santish Borfalkar berkomentar di Youtube, "Lagu yang begitu menyenangkan dan menenangkan fikiran, juga musik yang bagus."

8. Kuch Kuch Hota Hai - Ost. Kuch Kuch Hota Hai (1998)


"Tum Paas Aaye, Yun Muskurane, Tum Ne Na Jaane Kya, Sanpe Dikhaye," bila kita kembali ke tahun 1990-an, siapa sih yang tidak tahu lagu romantis yang hits banget ini?

Trio Shahrukh Khan, Kajol dan Rani Mukherji untuk pertama kalinya berada dalam satu layar, Kuch Kuch Hota Hai menjadi lagu yang tidak ada bandingannya. Alka Yagnik yang mengisi lagu ini mendapat pujian selangit dan membawa pulang trofi kategori Penyanyi Playback Wanita Terbaik dari ajang National Film Award.

Salah satu penggemar Shahrukh Khan berkomentar di Youtube, "Pada tahun 2030 saya akan menonton lagu ini lagi dan lagi."

9. Jo Haal Dil Ka - Ost. Sarfarosh (1999)


Lagu cinta ini tidak seperti yang lain. Keindahan lagu ini terletak karena berasa ada nuansa musik rocknya. Ini adalah salah satu karya terbaik Jatin-Lalit.

Lagu ini menggambarkan bagaimana baik Aamir Khan dan Sonali Bendre perlahan saling jatuh cinta. Menonton romantisme mereka dalam lagu ini chemistry mereka benar-benar dapet banget.

Benyamin Barry berkomentar di Youtube, "ini adalah salah satu lagu romantis terbaik bollywood."

10. Chand Chupa Badal - Ost. Hum Dil De Chuke Sanam (1999)


Sanjay Leela Bhansali berhasil menciptakan moment momerable antara Salman Khan dan Aishwarya Rai dalam video lagu ini.

Musik yang digubah oleh Ismail Darbar, vokal yang diisi oleh Udit Narayan-Alka Yagnik dan lirik indah yang ditulis oleh Sameer, membuat kamu tidak punya pilihan lain selain terpikat pada lagu yang memukau ini.

Vikas Bhatnagar dari planet bollywood berkomentar, "Dengan nada yang sangat merdu dan tidak rumit. Alka Yagnik dan Udit Narayan menceritakan permainan petak umpet bulan."

Inilah 10 lagu cinta terbaik bollywood dari tahun 1990-an yang mesti ada dalam playlist-mu selamanya. Tapi selain ini, masih banyak lagu populer tahun 1990-an yang kami sarankan buat kamu.

Antara lain : Dekha Hai Pehli Baar (Sajaan, 1991), Wada Raha Sanam (Khiladi, 1992), Aisi Deewangi (Deewana, 1992), Bin Tere Sanam (Yaara Dildara, 1993), Tere Dar Par Sanam (Phir Teri Kahani Yaad Aayee, 1993), Raah Mein Unse Mulaqat (Vijaypath, 1994), Do Dil Mil Rahe Hai (Pardes, 1997) dan Pyar Kiya To Nibhana (Mayor Sahab, 1998).

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya!