15 Fakta Menarik Tentang 3 Idiots (2009), Film Terlaris Bollywood Yang Bikin Kamu Kangen Banget Masa Kuliah


3 Idiots adalah salah satu dari beberapa film bollywood yang tetap terukir indah dalam memori para pecinta film India. Drama epik yang menceritakan ketiga sahabat ini telah menyentuh hati kita yang paling dalam. Dibintangi mega bintang Aamir Khan, R. Madhavan dan Sharman Joshi berperan sebagai mahasiswa teknik, tak banyak yang tahu bahwa film ini sebenarnya terinspirasi dari Novel karangan Chetan Bhagat yang berjudul Five Point Someone.

Selain mereka bertiga, di film ini kita juga akan melihat penampilan ikonis dari aktor senior Boman Irani yang berperan sebagai Rektor Kampus yang berpenampilan sangat unik, juga Kareena Kapoor yang kita tak percaya banget sebagai putrinya.

Terus, ada juga penampilan menarik dari aktor Omi Vidya sebagai Chatur Ramalingam aka The Silencer, dimana 3 Idiots menjadi debut bollywoodnya yang dengan aktingnya telah bikin banyak orang berdecak kagum. Bukan hanya akting yang luar biasa dari para pemain film ini, juga lagu-lagu di film ini enak-enak banget, seperti All Izz Well, Zoobi Doobi dan Jaane Nahin Denge, yang bila sekali dengar aja kita langsung menyukainya.

Film ini banyak mendapatkan penghargaan, 3 (tiga) trofi dari National Film Award dalam kategori Film Populer Terbaik, Lirik Terbaik dan Audiografi Terbaik. Sangat membanggakan, film ini bukan hanya hits India, tetapi sangat gegap gempita disambut penonton Internasional. Sebagaimana film ini telah digolongkan sebagai film tervaforit ke-12 di negeri tirai bambu, Tiongkok, sementara di Korea Selatan di situs populer di sana, Naver, penonton menilai film ini dengan rata-rata 9,4 dari 10 bintang.

Dirilis tahun 2009, artinya film ini sudah berumur 9 tahun dihitung semenjak dirilis, tapi tahukah kamu fakta-fakta menarik seputar film yang keren ini, kalau belum, berikut kami rangkum dari berbagai sumber fakta menarik tentang film ini.

1. The Imperial Collage Of Engineering, yang menjadi tempat ketiga pemeran utama film ini menimba ilmu, sebenarnya adalah Indian Institute Of  Management, Bangalore.

2. Untuk adegan mabuk di film ini, Aamir menyarankan agar para aktor benar-benar mabuk pada saat syuting sehingga terlihat meyakinkan. Tapi apa yang terjadi? Karena dalam kondisi mabuk, yang ada syuting adegannya sering diulang, yang menyebabkan rol kamera habis dan para kru harus membelinya lagi. Sutradara Rajkumar Hirani yang agak geram dengan sengaja meminta adegannya diulang-ulang terus sembari menunggu rol kamera yang baru.

3. Dalam sebuah wawancara, Vidhu Vinod Chopra, produser film ini mengungkapkan bahwa ide agar menggunakan helikopter terbang sebagai bahan percobaan salah satu mahasiswa dalam film ini adalah Dia Mirza.

4. Awalnya, Shahrukh Khan yang ditawarkan memainkan peran sebagai Rancho di film ini, tapi ia menolaknya karena masalah jadwal dan akhirnya perannya dimainkan apik banget oleh Aamir Khan.

5. Kareena Kapoor diketahui sejak lama ingin berkolaborasi dengan sutradara Rajkumar Hirani. Oleh karena itu, ia yang mendekati Rajkumar untuk memainkan karakter Pia.

6. Aktor senior Sanjay Dutt dipertimbangkan sebuah peran di film ini tetapi itu tidak terjadi. Bahkan Arshad Warsi juga ditawarkan untuk memainkan peran dari salah satu karakter Farhan atau Raju. Namun, Arshad tidak bisa menganggukkan kepala karena terbentur jadwal. Kedua karakter tersebut juga pernah ditawarkan kepada Saif Ali Khan dan John Abraham, tetapi akhirnya yang kita saksikan sangat apik dimainkan oleh R. Madhavan (Farhan) dan Sharman Josi (Raju).

7. Aamir yang memerankan sebagai Rancho sepanjang durasi kita melihatnya seorang yang tak mau diam, ia selalu grasak-grusuk dan berjalan kesana-kemari. Rupanya, ia melakukannya setelah mengamati keponakannya (Imran Khan) dan berkesimpulan bahwa generasi jaman now tidak pernah diam.

8. Episode kehamilan menjadi adegan terpenting di film ini, yang seharusnya adegan tersebut awalnya akan ada di film Rajkumar yang lain, yaitu film komedi medis berjudul Munnabhai MBBS. Tapi akhirnya Rajkumar berfikir bahwa adegan tersebut diperlukan di film ini dan lebih masuk akal.

9. Rumah Sakit yang ditampilkan di film ini, dimana Sharman Joshi mendapatkan perawatan intensif setelah mencoba bunuh diri adalah Rumah Sakit Fortis, Nodia.


10. Film ini dilaporkan melakukan syuting terbalik, sebenarnya semua adegan aktivitas di perguruan tinggi di film ini dilakukan belakangan, setelah semua adegan yang lain telah selesai.

11. Aamir dikenal sebagai Mr. Perfectionist, dalam setiap peran yang akan dilakoninya selalu mempersiapkannya matang banget, supaya perannya terlihat meyakinkan. Sebagaimana untuk film ini, ia telah menjalani diet yang amat ketat dan menahan nafsunya untuk tidak makan kue ulang tahun yang lezat. Berbicara tentang hal itu, sang aktor berkata, "Saya masih hidup kok dengan susu dan beberapa buah pisang ketika saya dituntut menurunkan berat badan untuk peran Rancho di film ini."

12. Karakter Phunsukh Wangdu (nama karakter lain Aamir di film ini) terinspirasi dari Sonam Wangchuk, seorang Insiyur dari Leh.

13. 3 Idiots menjadi film bollywood pertama yang berhasil meraup pendapatan sebesar 200 crore di pasar domestik atau India. Sementara total penghasilannya dari penayangannya di berbagai negara dicatat sebesar 395 crore. Dimana film ini ketika tayang di bioskop di Tiongkok sangat hits dan mereka bahkan tertarik untuk me-remake filmnya.

14. Ada kemungkinan besar film ikonis ini akan dibikin sekuelnya. Aamir sekali waktu pernah mengungkapkan kepada media bahwa Abhijat Joshi sedang menulis naskah sekuelnya.

15. Vidhu Vinod Chopra berjanji bahwa film ini akan dirilis secara resmi di Youtube setelah selesai tayang di bioskop, tetapi ditunggui sampai sekarang belum juga terjadi, janji tinggallah janji.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya!
advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()