24 Juni 2018

15 Fakta Menarik Tentang Bodyguard (2011), Film Terlaris Bollywood Yang Dibintangi Oleh Salman Khan Dan Kareena Kapoor


Tidak ada rahasia yang perlu ditutupi bahwa film Bodyguard (2011) yang dibintangi oleh Salman Khan dan Kareena Kapoor ini remake dari film malayalam dengan judul yang sama. Bukan itu saja, semua orang yang pernah nonton ini tahu banget bahwa film ini meniru kisah cintanya dari film terlaris Aamir Khan, Ghajini (2009) dan klimaksnya dari film terkenal Shahrukh Khan, Kuch Kuch Hota Hai (1998).

Kisah cinta film ini, Lovely Singh (Salman Khan), seorang Bodyguard yang hot dan bikin meleleh mendapat tugas mengawal si cantik Divya (Kareena Kapoor), maka Lovely pun selalu mengikuti Divya kemana-mana. Risih karena selalu dikawal, Divya beberapa kali mencoba mengalihkan tugasnya. Terakhir, Divya sering menggodanya melalui panggilan telepon anonym, sampai-sampai Lovely jatuh hati kepada gadis penelepon yang akhirnya mengaku bernama Chayya.

Kisah cinta ini jelas mengingatkan kita kembali pada kenangan asmara di film Ghajini. Bedanya, di Ghajini, Aamir Khan yang berbohong dan tidak pernah mengungkapkan identitas aslinya kepada Asin. Lalu, kamu pasti bertanya di bagian mana pula film ini terkait dengan film Kuch Kuch Hota Hai? Oke! Bukankah di film ini menampilkan adegan seorang Ibu yang sakit parah di ranjang menulis catatan hariannya yang ditujukan kepada putranya, berisi tentang narasi flashback kisah hidupnya. Bukankah itu mirip dengan Anjali di film Kuch Kuch Hota Hai, menerima wasiat berupa catatan Ibunya memintanya menyatukan kembali cinta pertama Ayahnya.

Mengetahui sedikit fakta di atas, penasaran, gak? Jika iya. Yuk! Tonton segera film ini. Tapi sebelumnya, simak beberapa fakta menarik lainnya tentang film Bodyguard (2011) yang kami berani bertaruh belum kamu tahu.

1. Lagu populer Teri Meri yang dinyanyikan romantis banget oleh Rahat Fateh Ali Khan dan Shreya Ghoshal, musiknya jelas banget dijiplak dari lagu perayaan Natal rakyat Rumania jadul berjudul La Vitleem Colo-n- Jos (Turun Di Betlehem).

2. Salman Khan telah menawarkan peran sebagai Ayah Lovely kepada sahabat baiknya, Sanjay Dutt, tetapi Sanjay menolaknya karena beralasan ia merasa usianya dengan Salman terpaut tidak cukup jauh. Akhirnya, Salman memutuskan dan meminta peran tersebut dihapus dari naskah filmnya.

3. Kabar bahagianya, Bodyguard menjadi film blockbuster pertama Salman Khan dipasangkan dengan Kareena Kapoor. Sebelumnya, mereka pernah dua kali memainkan film bersama tapi gagal bikin penonton terkesan dan terseok-seok di Box Office, yaitu Kyon Ki (2005) dan Main Aur Mrs. Khanna (2009).

4. Shatrughan Sinha didekati untuk memainkan peran sebagai Ayah Divya. Namun, ia menolaknya dan mengatakan hanya ingin memainkan peran seorang Ayah untuk film putrinya, Sonakshi Sinha. Lalu, Raj Babbar yang akhirnya memainkan peran tersebut sangat apik.

5. Awalnya, Nayantara pemeran utama wanita dalam versi film Malayalam, Bodyguard (2010), yang ditawarkan membintangi film ini. Namun ia menolaknya karena alasan tidak ingin memainkan peran yang sama lagi. Tapi jujur, saya tidak bisa membayangkan aktris lain yang membintangi film ini selain Kareena Kapoor yang tampil cantik banget.

6. Bodyguard menjadi film pertama Salman Khan bekerja bareng dengan aktor senior Aditya Pancholi.

7. Perusahaan Keamanan, Tiger, di film ini benar-benar nyata ada loh di India, dimana orang yang mengawal sehari-hari Salman Khan, yaitu Sera, salah satu petugas keamanan dari Tiger. Sebelumnya, beberapa perusahaan jasa keamanan telah mendekati Salman untuk mempromosikan mereka di film ini, tetapi ya! Salman lebih memilih mempromosikan perusahaan yang memperkerjakan Sera, pengawal setianya. 

8. Aditya Pancholi ditambahkan dalam daftar pemain utama pada detik-detik terakhir untuk memainkan peran antagonis. Perannya di film ini benar-benar mematikan dan telah bikin penonton terkesan.

9. Komposer berbakat Himesh Reshammiya bekerja menciptakan musik soundtrack film ini dan butuh selama 6 (enam) tahun Himesh menjadi komposer musik film Salman lagi, terakhir film Kyon Ki (2005).

10. Banyak yang gak tau, sebenarnya suara karakter Chayya menggunakan suara Karisma Kapoor, dimana karakternya dimainkan oleh adiknya sendiri, Kareena Kapoor.

11.  Sutradara film ini, Siddique, mengirimkan versi asli Malayalam film ini kepada produser,  lalu memberikannya dan meyakinkan Salman Khan. Nah! Setelah menonton filmnya, Salman sangat terkesan dan terus setuju untuk memainkan film ini.

12. Pada hari perdana film ini tayang di bioskop, berhasil meraup pendapatan yang sangat menggembirakan sehingga termasuk salah satu film bollywood berpendapatan tertinggi hari perdananya. Pun Bodyguard dinobatkan sebagai film bollywood terlaris pada tahun 2011 dengan perolehan pendapatan sebesar 148 crore.


13. Hari pertama syuting film ini dilakukan pada tanggal 16 Januari 2011 di Kampus Symbiosis International University yang terletak di Pune. Ruang kelas dan gedung yang digunakan adalah kampus Lavale - Manajemen Bisnis. Selesai di sana, mereka melanjutkan syuting di kota Patiala, Punjab.

14. Awalnya, 2 (dua) lagu soundtrack film ini dijadwalkan gambarnya akan diambil di Eropa, tapi kemudian dialihkan ke Film City, Mumbai, untuk menghemat biaya lantaran setelah dihitung-hitung anggarannya telah melewati yang direncanakan semula.

15. Bodyguard membawa pulang sejumlah trofi penghargaan dan masuk nominasi pada ajang penghargaan bergengsi di bollywood.  Salah satunya, Filmfare Award, dimana ada 3 (tiga) kategori film ini masuk nominasi, yaitu Aktor Terbaik, Penyanyi Playback Pria Terbaik dan Penyanyi Playbak Wanita Terbaik.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya!