14 Juni 2018

15 Fakta Menarik Tentang Film Ae Dil Hai Mushkil (2016) Yang Harus Kamu Tahu


Ae Dil Hai Mushkil ketika dirilis di Uni Emirat Arab, lantas mendominasi headline berita hiburan di sana lantaran keterlibatan aktor tampan dari Pakistan, Fawad Khan, di film ini. Hal itu sangat menarik perhatian, disebabkan ketegangan antara India dan Pakistan sedang memuncak, bahkan kelompok sayap kanan di India menyerukan untuk memboikot film ini.

Para penggemar yang sudah menanti-nanti rilis film ini sempat merasa gelisah dan khawatir banget, bahwa film ini akan dilarang tayang di bioskop manapun di India. Tetapi kekhawatiran para penggemar sirna seketika, ketika produser dan sutradara film ini, Karan Johar, secara simpatik mengajukan permintaan maaf tanpa syarat apapun dan bersumpah tidak akan pernah melibatkan aktor Pakistan dalam proyek film-filmnya yang akan datang. Masalah yang dihadapi film ini pun berakhir sudah.

Ae Dil Hai Mushkil bercerita tentang kisah seorang pria bernama Ayan (Ranbir Kapoor) yang jatuh hati kepada gadis cantik, Alizeth (Anushka Sharma) dan selamanya mencintainya bahkan ketika Alizeth menikah dengan pacarnya, Ali (Fawad Khan). Ayan mencoba untuk bisa move on dari Alizeth dengan mencari hiburan bersama Saba (Aishwarya Rai) yang tak kalah hot dari Alizeth dalam beberapa waktu, namun hatinya masih saja berdetak mengingat Alizeth.

Cara Karan Johar membuat kisah cinta yang tak berbalas ini telah menyentuh jutaan hati para penggemar dan masih tersimpan secara rapi dalam memori. Terlepas dari kisah cintanya, para aktor dan aktris film ini memainkan perannya masing-masing sangat apik, apalagi ditambah penampilan singkat yang memikat oleh Shahrukh Khan dan Alia Bhatt. Juga musik film ini benar-benar brilian yang digubah oleh Pritam dan tidak melupakan lirik indah yang ditulis oleh Amitabh Battacharya.

Jadi, walau kamu sudah pernah nonton apalagi yang belum nonton, yuk! kita simak beberapa fakta menarik tentang film ini yang harus kamu tahu.

1. Ketika perhatian dan debat yang terus memanas seputar penampilan Fawad Khan dalam film ini, karena telah memperkerjakan aktor dari negeri seberang, Pakistan. Pun kamu jangan lupa, film drama romantis tentang cinta tak berbalas ini menyuguhi serangkaian akting cemerlang dari Alia Bhatt dan Shahrukh Khan. Alia adalah aktris yang ditemukan dan diorbitkan Karan, sedangkan Shahrukh diajaknya terlibat di film ini karena kerinduannya yang amat mendalam terhadap sahabat baiknya.

"Shahrukh dan saya punya hubungan kerja yang luar biasa. Saya belum mengarahkan film dengannya selama tujuh tahun terakhir ini, tapi dia akan membuat keributan dalam sebuah film yang akan dirilis hari Diwali ini (Ae Dil Hai Mushkil). Saya menyadari tidak ada yang berubah. Dia tahu persis apa yang saya harapkan darinya dan saya pun tahu betul apa yang dia lakukan." Ujar Karan kepada para wartawan di Festival Film Toronto sebelum film ini dirilis.

Setelah film ini rilis, pun kita tahu peran yang dimainkan Shahrukh sebagai suami Aishwarya Rai dan voila! itu merupakan sebuah reuni setelah 14 tahun mereka tak pernah main film bareng (terakhir, Devdas 2002).


2. Ada desas-desus merebak luas yang mengatakan bahwa Ae Dil Hai Mushkil adalah remake film yang dibintangi oleh Rishi Kapoor, Rekha dan Neetu Singh yaitu Doosra Aadmi (1972), sementara film ini dibintangi oleh Ranbir Kapoor, Anushka Sharma dan Aishwarya Bachchan.

Namun segera Karan menampik desas-desus tersebut dan mengatakan, "Ae Dil Hai Mushkil bukanlah film tentang ketidaksetiaan sama sekali. Moralitas tidak dipertanyakan, bisa dibilang begitu. Lalu, hanya karena sebuah film memiliki empat karakter, lantas apakah dipertanyakan filmnya akan seperti film Kabhi Alvida Na Kehna. Bukan sepeti itu, kan?"

Namun banyak juga yang mengatakan kalau ending film ini mirip banget dengan film Hollywood yang berjudul, The Fault In Our Stars (2014).

3. Menurut Karan Johar, film ini bukan kisah cinta konvensional atau cinta segitiga. Tepatnya, film ini sangat mendalami sebuah hubungan, khususnya patah hati. Dan bagaimana cinta menatamu kembali dan mengajarkanmu sehingga membuatmu menginginkan cinta yang lebih banyak. Pun ia mengaku sejauh karirnya baru film ini ia merasa sangat bersemangat menggarapnya, karena terasa sangat orisinal dan mendalam.

4. Ae Dil Hai Mushkil menjadi film kedua Ranbir Kapoor yang dirilis pada Hari Diwali, yang pertama film Saawariya (2007) - yang sukses di Box Office.

5. Sudah lama Karan Johar mengajak Aishwarya bekerja bareng dalam sebuah film. Pertama, Karan pernah menawarkan Aish sebuah peran di film blockbuster Kuch Kuch Hota Hai (1998) dan ditolaknya. Berikutnya, Karan mengajak Aish lagi untuk ikut terlibat di film Dostana (2008) yang juga dibintangi oleh suaminya, Abishek Bachchan, tapi lagi dan lagi Aish menolaknya.

Pun film ini sebenarnya telah ditolak oleh Aish karena tidak bisa membagi waktu. Namun akhirnya Aish mengatakan ya untuk film ini. Malah kabarnya, Karan pernah mengatakan bila Ranbir dan Anushka tidak berhasil direkrut di film ini, baginya tak masalah, karena ia akan menawarkannya ke aktor atau aktris lain. Akan tetapi, menyangkut karakter yang dimainkan Aish di film ini, hanya Aish satu-satunya pilihannya.

Lama banget, butuh 17 tahun buat Karan mendapatkan anggukan dari Aish untuk bekerja bareng di film - Ae Dil Hai Mushkil.

5. Dilaporkan dalam membuat film ini menghabiskan anggara sebesar 80 crore, dimana film ini mengambil gambar atau syuting di kota London, Wina dan Innsbruck. Tidak termasuk para pemain film ini, sebanyak 73 kru diterbangkan ke Eropa untuk syuting film ini.

6. Kareena Kapoor getol mendukung film ini setelah Karan mengundangnya ke screening khusus di Mumbai. Dimana ia menyebut film ini karya terbaik yang pernah dibuat Karan dan percaya para penonton akan menyukainya.

7. Seharusnya Saif Ali Khan yang akan memainkan peran sebagai Tahir Taliyar Khan di film ini. Namun karena mengalami cedera, akhirnya perannya digantikan oleh Shahrukh Khan.

8. Ada lima atau enam adegan di film ini dihapus, yang menampilkan Fawad Khan dan Aishwarya Rai.

9. Karan Johar ketika pertama kali melihat Anushka Sharma di studio milik Yash Raj ketika syuting film Rab Ne Bana Di Jodi, Karan mengaku tidak menyukai Anushka. Bahkan ia sempat mempertanyakan Aditya yang telah memilih Anushka dari sekian banyak aktris yang ikut casting. Namun, Karan berbalik arah menjadi penggemar berat Anushka setelah menyaksikannya di film komedi romantis, Band Baaja Baarat (2010).

10. Ini bukan petama kalinya buat Karan Johar mengalami masalah dengan Partai Nasionalis Hindu dan kelompok sayap kanan Maharashtra Navnirman Sena (MNS). Film Wake Up Sid (2009), yang diproduseri oleh Karan, partai tersebut merasa sangat tersinggung karena menyebut Mumbai dengan nama lamanya, Bombay. Lantas mereka mengancam akan melarang filmnya kecuali Karan syuting ulang. Namun masalah selesai setelah Karan meminta maaf secara khusus kepada pemimpin partai tersebut.

Terus, film Kurbaan (2009) yang dibintangi oleh Saif Ali Khan dan Kareena Kapoor, MSN menyebut filmnya cabul karena menampilkan foto telanjang Kareena di poster film. Namun tak seberapa lama, kontroversinya hilang begitu saja bak ditelan bumi.


11. Ae Dil Hai Mushkil menjadi film pertama Karan Johar dimana seorang heroin (Aishwarya Rai) lebih tua dari Hero (Ranbir Kapoor).

12. Cerita film ini juga ditulis oleh Karan Johar hanya dalam 30 hari saja.

13. Film ini dibuat hingga selesai butuh waktu 2 (dua) tahun, dari tahun 2014 s.d 2016.

14. Tidak seperti film Karan yang lain, Kajol tidak menjadi cameo di film ini. Eng ing eng! Barangkali itulah salah satu penyebab film ini kurang laku di pasaran.

15. Ae Dil Hai Mushkil berhasil memenangkan beberapa nominasi di ajang Filmfare Award, semuanya dari sisi musik. Sebagaimana Pritam berhasil meraih trofi Pengarah Musik Terbaik, Amitabh Battacharya sebagai Penulis Lirik Terbaik untuk lagu Channa Mereya dan Arijit Singh berhasil membawa pulang trofi Penyanyi Playback Pria Terbaik untuk lagu romantis Ae Dil Hai Mushkil.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya!