25 Juni 2018

17 Fakta Menarik Tentang Film Dangal (2016) Yang Kami Berani Bertaruh Belum Kamu Tahu


Dangal adalah film terlaris tahun 2016 yang dibintangi oleh superstar Aamir Khan. Mengangkat kisah nyata perjuangan hidup Geeta Phogat, pegulat wanita India pertama yang berhasil meraih medali emas dan kerja keras Ayahnya, Mahavir Singh Phogat - diperankan Aamir - yang gigih melatih Geeta dan saudarinya, Babita.

Kisahnya, Mahavir adalah mantan juara pegulat tingkat nasional, yang hampir kehilangan mimpinya setelah istrinya melahirkan 4 (anak) gadis cantik, sementara ia sangat berharap punya anak laki-laki yang akan meneruskan mimpinya menjadi juara gulat tingkat dunia, bukan seperti dirinya juara sebatas tingkat nasional.

Sebenarnya film ini menampar keras masyarakat yang tidak percaya pada kekuatan seorang wanita, dimana film ini jelas banget menyampaikan pesan kepada kita bahwa memiliki anak gadis bukanlah beban atau kutukan dan mereka juga dapat mewujudkan mimpi orangtuanya bila mereka diberikan kesempatan luas seperti anak laki-laki.

Berikut fakta-fakta menarik tentang film Dangal (2016) yang kami berani bertaruh belum kamu tahu.

1. Aktris TV India, Sakshi Tanwar, beralih menjadi aktris layar lebar berperan sebagai istri Aamir, Daya Kaur, dalam film ini.

2. Memainkan karakter Mahavir Singh Phogat, Aamir Khan dituntut menaikkan berat badannya dan hasilnya naik seberat 30 kg. Persisnya berat timbanganya sebesar 96 kg saat sedang syuting film ini. Aamir mengaku menghadapi banyak masalah kesehatan akibat berat badannya yang naik tiba-tiba.

3. Aktris seksi Mallika Sherawat mengikuti audisi untuk peran istri Aamir. Tapi, setelah film ini tayang, Sakshi Tanwar dianggap telah berhasil memenangkan hati para penggemar, sehingga penggemar sulit membayangkan peran sebagai istri Aamir selain Sakshi.

4. Peran yang dimainkan Aamir di film ini dinilai cukup menantang, dimana ia tampil sebagai Mahavir muda berusia 20 tahun dan 60 tahun dalam beberapa adegan.

5. Adik kandung Ayushmaan Khurrana, yaitu Aparshakti Khurana membuat debut bollywood dengan ikut membintangi film laris ini.

6. Kabarnya selesai syuting film ini, Aamir berhasil menurunkan berat badannya kembali seperti di film Dhoom 3 hanya butuh waktu 4 (empat) bulan saja.

7. Keponakan Aamir Khan, yaitu putra dari sutradara Manssor Khan, membuat debutnya sebagai asisten sutradara di film ini.

8. Bharti (Fatima Sana Shaikh), si gadis cilik yang main di film Chachi 420 (1997) memainkan peran sebagai Gheeta Phogat dewasa di film ini. Sementara yang memerankan Gheeta muda adalah aktris berbakat Zaira Wasim.


9. Seperti dijelaskan di atas, Dangal diangkat dari kisah nyata keluarga pegulat Mahavir Singh Phogat. Dimana Mahavir melatih dengan keras kedua putrinya, Gheeta dan Babita, supaya bisa bergulat dengan baik. Hasilnya, keduanya dengan bangga telah berhasil meraih medali emas dan perak dalam kejuaraan gulat Commonwealth Games tahun 2010.

10. Sebelumnya, ada rumor kencang menyebut film ini akan dirilis tanggal 12 Agutstus 2016, tapi film ini ternyata tayang di bioskop pada hari libur Natal.

11. Awalnya, Mahavir memiliki persepsi bahwa anak gadis tidak akan bisa dengan baik bermain gulat, tapi seketika ia berubah fikiran setelah melihat anak gadisnya memukul habis babak belur anak laki-laki sebaya mereka. Akhirnya, ia menyadari bahwa anak gadisnya memiliki bakat dalam olahraga gulat seperti dirinya.

12. Film ini dinyatakan bebas pajak di daerah Uttar Pradesh.

13. Musik soundtrack film ini disusun oleh Pritam dan lirik lagunya ditulis oleh Amitabh Battacharya.

14. Jelas banget, film ini berkisah di seputar hubungan antara Ayah dan anak gadisnya. Meskipun Mahavir tidak sanggup lagi terbang jauh dengan sayapnya dalam dunia gulat yang dicintainya, tetapi ia berhasil mewujudkan mimpinya melalui anak gadisnya.

15. Untuk peran Babita Kurmani ketika dewasa diperankan sangat apik oleh Sanya Malhotra. Sementara yang berperan sebagai Babita Kurmani muda adalah Suhani Bhatnagar.


16. Ide membuat film ini muncul setelah salah seorang dari Disney membaca artikel tentang Mahavir Singh Phogat pada tahun 2012. Di dalam artikel itu berisi tentang bagaimana perjuangan keras Mahavir melatih anak gadisnya hingga menjadi pegulat kelas dunia. Pihak Disney segera mendekati Nitesh Tiwari untuk menulis naskah dan sekaligus menyutradarai filmnya. Lantas Nitesh bertemu dengan Mahavir dan putri-putrinya membahas sekaligus meminta izin untuk membuat film tentang mereka ini.

17. Mungkin banyak dari penonton wanita yang sedih dan kecewa ketika melihat Gheeta harus memangkas rambutnya pendek sekali. Okelah itu kebenaran hidup seorang Gheeta, tetapi ketika kita menyaksikan final antara Gheeta melawan Emily, bahwa ternyata rambut emily tidak sependek Gheeta. Lalu, kenapa?

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya!