18 Fakta Menarik Tentang Film Don (2006) Yang Kami Berani Bertaruh Belum Kamu Tahu


Don, film yang rilis tahun 2006 telah membawa Shahrukh Khan kembali ke layar lebar dalam peran negatif (penjahat), mungkin hanya ia yang bisa melakukannya. Penggambarannya sebagai sosok Don, begitu kejam tetapi tetap menawan di hati dan mendapatkan pujian dari para penggemar.

Don sebenarnya remake dari film yang dibintangi oleh aktor senior Amitabh Bachchan dengan judul yang sama dan juga plot yang sama, Don (1978). Namun endingnya, sutradara Farhan Akhar sengaja mengubahnya menyesuaikan sensibilitas anak jaman now.

Yang menarik adalah Ayah Farhan, yaitu Javed Akhtar yang menulis naskah asli film Don bekerja bareng dengan Salim Khan (Ayah Salman Khan), dimana Ayahnya rupanya turut membantu Farhan menulis naskah film remake ini juga.

Seru banget nih film, dengan adegan-adegan action (aksi) yang apik, terus penampilan Priyanka Chopra yang memukau, apalagi chemistry antara Shahrukh dan Priyanka yang dapet banget di film ini, sehingga wajarlah filmnya menjadi hits. Pula jangan lupa, lagu-lagu di film ini juga enak didengarkan ratusan kali, seperti lagu Morya Re dan Aaj Ki Raat.

Simak! beberapa fakta menarik tentang film Don (2006) yang kami berani bertaruh belum kamu tahu.

1. Saat syuting adegan perkelahian antara Don (Shahrukh Khan) dan DCP DeSilpa (Boman Irani) di Langkhawi. Sayangnya, koreografer action film ini tidak mampu menciptakan adegannya, dimana saat itu Boman sudah punya jadwal akan segera terbang ke Goa untuk melakukan pemotretan.

Jadi, agar waktu tidak terbuang percuma, Shahrukh mengambil alih sebagai kreografer action untuk adegan ini dan ia menciptakan dan menjelaskannya kepada Boman, seperti kapan ia harus masuk frame dan tetek bengek lainnya. Pun akhirnya syuting adegannya dapat dieksekusi tepat pada waktunya dan Boman pun bisa terbang ke Goa dengan lega.

2. Awalnya, Farhan menginginkan Hrithik Roshan yang akan memainkan karakter Don, setelah mereka pernah bekerja bareng di film Lakshya (2004). Namun, Farhan kemudian merasa bahwa karakternya membutuhkan aktor yang lebih dewasa. Lantas saja pilihannya jatuh kepada aktor berkharismatik, Shahrukh Khan.

3. Koreografer tari veteran, Saroj Khan, setuju untuk membuatkan koreografi versi baru dari lagu populer Khaile Paan Banaras Waala, yang telah dikoreografer oleh mentornya, PL Raj, dalam film aslinya.

4. Selama syuting film ini, cincin pernikahan Shahrukh tetiba hilang dari jari manisnya. Lantas Shahrukh menyuruh semua orang di lokasi syuting mencarinya. Dengan alasan yang tak masuk akal, Shahrukh mengatakan bila cincinnya tidak ditemukan, maka ia harus menikah lagi untuk mendapatkan cincin yang baru. Tak menunggu lama, cincinnya akhirnya ditemukan dan Shahrukh pun tak perlu menikah lagi.

5. 80% film ini syuting di Malaysia. Meliputi beberapa tempat paling populer di sana seperti Menara Kembar Petronas, area Jalan Mesjid India dan Pulau Langkhawi.

6. Dalam adegan club, dimana Kamini (Kareena Kapoor) menari dengan sangat menggoda untuk mencuri perhatian Don. Banyak yang gak tahu bahwa musik yang dimainkan di Club adalah lagu Koi Kahe Kehta Rahe, salah satu soundtrack dari film Dil Chahta Hai (2001), yang juga diarahkan oleh Farhan Akhtar.

7. Selama syuting film Lakshya, Farhan kerap mendengarkan musik CD dari album Bombay The Hard Way-Guns Cars Stars. Di dalam albumnya terdapat satu judul musik yaitu Don. Sementara Farhan asyik mendengarkannya, seketika itu mengingatkannya kembali betapa dulu ketika masih anak-anak ia sangat menyukai film Don. Lantas saja ia mendapatkan ide untuk me-remake filmnya.

8. Dalam lagu Morya Re, Shahrukh sebenarnya menyanyikan sebuah lagu yang sangat religius kepada Dewa Ganesh Chaturti pada Festival Ganesh, yang diikuti dan diramaikan oleh umat Hindu. Ironisnya, Shahrukh Khan adalah Muslim.

9. Komposer trio Shankar-Ehsaan-Loy mendasarkan musik mereka, yang mana mereka mengklaim sangat terinspirasi dari musik dalam film-film yang rilis tahun 1970-an, terutama Shaft (1970).

10. Don dibuat dengan menghabiskan anggaran sebesar 35 crore, dan sangat menggembirakan berhasil meraup pendapatan dari pasar domestik atau India sebesar 51 crore.  Sehingga membuat pembuat film ini bersemangat membuat film sekuelnya, Don 2.

11. Untuk memainkan karakter mereka secara maksimal, baik Shahrukh Khan, Priyanka Chopra dan Arjun Rampal mengikuti latihan insten dibimbing secara khusus oleh ahli bela diri dari Shaolin.

12. Aktor tenar Akshay Kumar menolak peran sebagai Jasjeet Ahuja di film ini, lantaran ia menganggapnya pemain kedua. Pun akhirnya perannya sangat apik dimainkan oleh Arjun Rampal.

13. Farhan Akhtar memutuskan memilih Priyanka Chopra berperan sebagai Roma, karena menganggapnya sangat sempurna untuk peran tersebut. Farhan berkata, "Ada sensualitas jinak dalam dirinya (Priyanka)  yang sesuai banget dengan karakternya (Roma)."

14. Isha Koppikar yang berperan sebagai Anita, sebenarnya perannya sama sekali baru yang tidak ada dalam film aslinya.

15. Setelah menandatangi main film ini, awalnya Priyanka Chopra bersemangat banget, namun beberapa hari kemudian, ia menjadi merasa sangat gugup, bertanya-tanya apakah ia akan dapat memainkan karakternya dengan apik. Film aslinya pernah ia tonton ketika masih remaja, meski ia akan main remake filmnya, ia malah menghindar untuk menonton filmnya lagi, karena ia tidak ingin meniru penggambaran Zeenat Aman sebagai Roma. Maka dengan upaya sadar, ia pun akhirnya memberikan tampilan dan gaya sendiri untuk karakternya.


16. Beda halnya dengan Shahrukh, untuk mendalami katakter Don, ia malah tertarik banget selalu ingin melihat cara Amitabh Bachchan memainkan karaternya dalam film-filmnya, terutama film Don. Tapi, Shahrukh mengaku telah memberikan interpretasinya sendiri untuk perannya sebagai Don di film ini.

17. Rupanya, Perdana Mentri Malaysia, Mahathir Mohammad sebelumnya menolak dan melarang bahkan film-film hollywood syuting di menara kembar Petronas. Tapi untuk film ini, ia memberikan izin syuting bahkan gambarnya diambil di kantor pribadinya di Menara tersebut.

18. Album soundtrack film ini dirilis di iTunes bertepatan dengan rilis salinan fisiknya (CD). Lagunya berhasil merajai tangga musik di India dan albumnya pun termasuk salah satu terlaris tahun 2006 dengan penjualan sebanyak 1,5 juta copy (laporan Box Office India). Bahkan lagu Aaj Ki Raat, digunakan A.R Rahman untuk soundtrack film hollywood, Slumdog Millionare (2008).

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya!
advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()