19 Juni 2018

18 Fakta Menarik Tentang Film Ek Tha Tiger (2012) Yang Harus Kamu Tahu


Sudah 6 (enam) tahun film action yang dibintangi oleh Salman Khan dan Katrina Kaif ini dirilis. Pun tercatat sebagai film terlaris bollywood sepanjang tahun 2012, dimana film ini dicatat menghasilkan pendapatan sebesar 198 crore di pasar domestik atau India, dan dideklarasikan All Time Blockbuster.

Hari pertama film ini tayang di bioskop pada tanggal 15 Agustus 2012 dilaporkan telah berhasil meraup pendapatan sebesar 32 crore. Hal ini menunjukkan ke kita bahwa film ini benar-benar diminati penggemar, meski beberapa kritikus menghujani kritikan pedas terhadap film ini. Salah satunya, Jahanavi Samant dari Mid Day memberikan rating 3 dari 5 bintang dan mempertanyakan apakah Ek Tha Tiger adalah film mata-mata ataukah drama romantis? Menurut kamu, dost?

Film ini sebagaimana kita ketahui menceritakan kisah cinta antara seorang mata-mata RAW (India) dengan kode nama, Tiger, diperankan Salman Khan, dengan seorang mata-mata ISI (Pakistan) bernama Zoya (Katrina Kaif). Tiger pertama kali bertemu dengan Zoya di rumah seorang profesor berkewarga negaraan India yang sehari-hari mengajar di Kampus Trinity, London dan dicurigai telah membantu pertahanan Pakistan.

Tiger yang menjalani misi gagal menghabiskan cukup waktu dengan sang profesor untuk menyelidikinya, namun malah menghabiskan waktu dengan asisten rumah tangga sang profesor, Zoya. Tiger mencoba berteman dengan Zoya untuk mengekstrak informasi darinya, namun ia mulai merasakan getaran yang tak biasa setelah ia semakin dekat dengan Zoya.

Sebelum berhasil mengungkapkan perasaanya, saat Tiger juga sedang menghadiri sebuah acara di kampus, tetiba ia diberi tahu ada sesuatu yang terjadi di rumah sang profesor. Dengan cepat ia menuju rumah sang profesor dan betapa terkejutnya ia menangkap basah Zoya sedang menyalin data rahasia dari komputer sang profesor. Lantas saja Tiger percaya bahwa Zoya sebenarnya adalah mata-mata yang menyamar menjadi mahasiswa dan bekerja di rumah sang profesor. Alih-alih membunuh Zoya, ia meminta Zoya pergi sebelum rekan-rekannya yang lain menangkapnya dan membunuhnya.

Cerita yang menarik, bukan? Penasaran? Tonton aja filmnya, dost!

Tapi sebelum nonton, berikut beberapa fakta menarik tentang film Ek Tha Tiger (2002) yang harus kamu tahu.

1. Saat syuting di daerah yang dekat perbatasan Turki dengan Suriah. Ada sejumlah penembak jitu Turki yang siap siaga di sekitar bukit karena alasan ancaman keamanan di daerah tersebut. Lantas ketika mereka syuting tembak menembak dengan senjata sempat membuat kebingungan. Akibatnya, mereka disuruh tiarap selama 10 menit agar para penembak jitu tahu persisnya dimana mereka syuting. Hal itu penting banget dilakukan, supaya mereka tak sempat dikira teroris dan lantas ditembak kepalanya.

2. Katrina Kaif banyak melakukan adegan action (laga) di film ini dan menjadi pertama kali buatnya. Kabarnya bahkan aksi yang dianggap sulit pun berhasil dilakukannya sendiri tanpa bantuan stuntman. Tak pelak, sebelum melakukan syuting, Katrina telah menjalani latihan berat untuk perannya di film ini.

3. Ek Tha Tiger menjadi film pertama bollywood yang syuting di negara Kuba. Sang sutradara, Kabir Khan, memuji Kuba yang memiliki tempat-tempat indah dan telah mengesankannya. Meski tempatnya sulit dijangkau tetapi menurutnya itu sepadanlah dengan keindahan yang disuguhkan.

4.  Kesuksesan besar film ini telah mengubah kehidupan Kabir Khan. Setelah film ini Kabir mengaku sesuatunya menjadi lebih mudah dan orang-orang semakin percaya kepadanya untuk menggarap proyek-proyek film yang lebih besar dan menantang. Iya, film yang sukses selalu berefek positif kepada para pemain dan orang yang terlibat di dalamnya. Sebelum film ini Kabir diketahui baru mengarahkan 2 (dua) film, yaitu Kabul Express (2006) dan New York (2009).

5. Kabir sangat senang mengarahkan film ini karena ia telah bekerja sama dengan para stuntman dari 14 negara yang berbeda. Adapun film ini syuting di 5 (lima) negara selain India, yaitu Kuba, Irlandia, Turki, perbatasan Suriah dan Thailand.

6. Ek Tha Tiger menjadi film pertama Salman Khan di bawah bendera Yash Raj Films (YRF).


7. Sebelumnya film ini pernah ditawarkan kepada Shahrukh Khan, aktor favorit YRF. Kabarnya Aditya telah mendekati Shahrukh pertama kali, entahlah! akhirnya peran Tiger jatuh ke tangan Salman, yang katanya karena perannya lebih cocok dimainkan oleh Salman dibandingkan Shahrukh.

8. Berasa banget kalau Ek Tha Tiger mendapat sentuhan action hollywood. Dan benar saja, Conrad Palmisano, pengarah action kondang dari hollywood diperkerjakan dalam film ini. Dimana Conrad melatih dengan intens Salman dan Katrina untuk melakukan beberapa aksi yang menantang di film ini. Semisal, Salman dituntun dan dilatih melakukan parkour dengan baik.

9. Kabir mengungkapkan salah satu adegan aksi yang menampilkan Salman dipukuli babak belur di film ini, menurutnya adegannya benar-benar sempurna (karena saat itu Salman sedang menderita masalah ganguan syaraf), dimana Kabir sangat puas mendapatkan ekspresi asli Salman yang sedang merasakan sakit yang sangat parah. (Tapi kasihan Salman)

10. Ek Tha Tiger menjadi film pertama Salman dan Katrina setelah mereka putus cinta. Adapun film terakhir yang mereka mainkan bersama adalah Yuvvraaj (2008).

11. Ek Tha Tiger menjadi salah satu film termahal yang pernah diproduksi oleh YRF, dengan anggaran yang diperkirakan analisis sebesar 70 s.d 80 crore.

12. Salman telah berhasil mencetak rekor, dimana film ini masuk dalam Club 100 (daftar film bollywood yang berpenghasilan lebih dari 100 crore). Tentu film ini sudah masuk sejarah bollywood.


13. Ek Tha Tiger menjadi film keempat Salman Khan yang dirilis secara beruntun hari libur Lebaran, sebelumnya ada film Wanted (2009), Dabangg (2010) dan Bodyguard (2011).

14. Sebelum dirilis, film ini diprediksi bakalan mengalahkan pendapatan film terkenal Aamir Khan, yaitu 3 Idiots (2009) dengan penghasilan sebesar 202 crore di pasar domestik atau India. Setelah rilis, film ini dilaporkan meraup pendapatan sebesar 198 crore, ya! film ini ternyata masih kalah, dost.

15. Semua musik soundtrack film ini digubah kecuali satu oleh Sajid-Wajid. Awalnya, komposer musik terkenal Pritam yang akan mengerjakan musiknya dan poster digital pertamanya pun sudah tertera namanya. Namun Pritam akhirnya keluar dari proyek film ini dan lebih memilih mengerjakan musik soundtrack film Dhoom 3 (2013).

16. Salman Khan dikenal suka melukis di waktu luangnya dan sering menghadiahi lukisannya kepada teman-temannya. Laporan IMDb, adegan Tiger terlihat sedang melukis Zoya (Katrina Kaif), asli sebuah karya terbaru dari Salman. Sepanjang para kru mempersiapkan untuk segera syuting, rupanya Salman menggunakan waktu tersebut dengan melukis Katrina.

17. Ek Tha Tiger melakukan syuting di Turki dalam waktu yang cukup lama dan mereka menemukan tempat hangout yang asyik di sana. Jadi, setiap selesai syuting, Salman dan yang lainnya sering nongkrong di Cafe Del Mar dekat lokasi syuting. Sehingga Cafe tersebut menjadi tempat nongkrong favorit mereka selama di sana. Setelah sering ditongkrongin Salman, nampaknya Cafe tersebut kian hari kian populer, lantas orang-orang di sekitar menyebutnya sebagai Cafe Salman Khan.

18. Juga, ketika Salman syuting di Irlandia, Salman dan mantan Presiden Amerika Serikat, Bill Clinton, menginap di hotel yang sama di Dublin. Laporan Yash Raj Films, pasukan keamanan Bill Clinton heran dan terkejut para fans Salman sering kali memaksa masuk ke hotel tersebut pada jam-jam yang tak biasa bertemu dengannya. Dan demi keamanan Bill Clinton yang harus tetap terjaga, lantas Agen Dinas Rahasia AS turut menjaga keamanan Salman juga.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya!