22 Fakta Menarik Tentang Film Don 2 (2011) Yang Kami Berani Bertaruh Belum Kamu Tahu


David DeWitt dalam ulasannya di New York Times menyebut Don 2 adalah sepupu yang licin dari film Mission : Immposible, yang dibintangi oleh Tom Cruise, memainkan karakter ikonis Ethan Hunt. Pertama kali Ethan Hunt kita saksikan dalam film Mission : Imposible tahun 1996. Maka bollywood segera membuat film yang menampilkan Akshay Kumar melakukan action persis seperti yang dilakukan Ethan Hunt dalam filmnya.

Lalu, 15 (lima belas) tahun kemudian, 2011, Shahrukh Khan juga kita telah saksikan melakukan action yang sama persis dengan Ethan Hunt dalam film pertamanya yang diarahkan oleh Brian De Palma tersebut. Dan kerennya Farhan Akhtar berhasil membuatnya sama licinnya. Dalam Don 2, Farhan berusaha menawarkan action yang berkilauan di mata kita dan tanpa rasa malu memoles setiap inchi-nya, sehingga secara visual filmnya mulus dan efektif.

Simak beberapa fakta menarik tentang film Don 2 (2011) yang kami berani bertaruh belum kamu tahu.

1. Berbicara tentang Don 2, sutradara Farhan Akhtar bertaka, "Film pertama (Don) adalah visi ayah saya. Ia yang telah menulis naskah asli Don, bekerja bareng dengan Salim Khan, menampilkan Amitabh Bachchan. Tapi Don 2 naskahnya ditulis fans beratnya. Ini adalah benar-benar milik kalian (fans) dan 2 (dua) orang pria yang antusias, Ameet Mehta dan Amrish Shah, yang datang kepada saya dengan ide-ide mereka tentang bagaimana cerita film ini dibawa kedepannya. Saya pun sudah melemparkan ide-ideku kepada mereka. Don 2 pada dasarnya ditulis oleh 3 fans Don yang telah memiliki bola untuk menggiring ceritanya ke depan."

2. Shahrukh Khan yang memainkan peran Don, menggunakan dialog ketika melakukan tawar menawar dengan Detektif Malik - "Buatkan saya tawaran yang saya tidak bisa tolak". Dialognya, modifikasi langsung dari dialog terkenal, "Saya akan membuatnya sebuah tawaran yang dia tidak bisa tolak," oleh Marlon Brando dalam film populer Godfather. Sebagaimana kita tahu, Marlon memainkan peran sebagai "Don" Vito Corleone di film tersebut.

3. Di ending film ini, Don (Shahruk Khan) terlihat mengendarai sepeda motor di jalan tol panjang di atas jembatan. Plat sepeda motornya jelas tertulis Don 3, itu mengisyaratkan kemungkinan akan ada sekuelnya.

4. Menurut sutradara Farhan Akhtar, nama asli Don adalah Mark Donald.

5. Don 2 menjadi film pertama kalinya Shahrukh Khan terlibat dengan sekuel.

6. Pada bulan Pebruari 2011, para aktor terbang ke Malaysia, lantaran beberapa adegan akan syuting di dalam penjara Malaka bersama dengan para tahanan asli. Di dalam penjara mereka disediakan satu blok khusus, pun untuk menghindari hambatan, para kru film harus mengenakan kaos khusus untuk membedakan mereka dengan para tahanan, hal itu perlu banget dilakukan karena kamu tahu sendirilah kerentanan keamanan di penjara.

7. Banyak mobil yang digunakan dalam adegan kejar-kejaran di film ini dari pabrikan Hyundai. Tak pelak, itu lantaran Shahrukh sebagai brand ambssador Hyundai untuk pasar India.

8. Adegan kejar-kejaran mobil dalam film ini menggunakan 67 mobil yang dikapalkan secara khusus dari Korea Selatan, dan telah menutup beberapa jalan utama di Berlin selama 3 (tiga) minggu, salah satunya Gerbang Brandenburg. Maka setiap harinya, rute alternatif dan pengalihan disediakan oleh Polisi lalu lintas sebagai jalan pengganti jalan-jalan yang ditutup selama syuting.

9. Priyanka Chopra menolak menggunakan double stuntman (pemeran pengganti) untuk adegan kejar-kejaran mobil yang tentu saja sangat membahayakan nyawa. Pun kabarnya, Priyanka sebagian besar melakukan adegan aksinya sendiri.

10. Katrina telah lama berkeinginan berkontribusi dalam beberapa cara untuk pasca produksi film. Nah! Di film ini, sutradara Farhan membiarkan Katrina mengedit sedikit bagian film ini untuk memenuhi keinginannya tersebut.

11. Pada hari perdananya diputar di Inggris, film ini berhasil tembus Top 10 Box Office UK (Inggris) pada tanggal 21 Desember 2011 lalu, 2 (dua) hari sebelum dirilis ke seluruh dunia.

12. Adegan terakhir film ini syutingnya dilakukan di Langkhawi, Malaysia, dimana banyak adegan film Don (2006) diambil di sana.

13. Don 2 melakukan syuting di Berlin, Jerman dari tangal 9 Oktober hingga 28 November 2011.

14. Katrina Kaif secara terang-terangan menyatakan keinginanya untuk menjadi bagian dari film Don 3.

15. Selama adegan kejar-kejaran mobil, Shahrukh menuturkan kepada lawan mainnya, Alyy Khan, bahwa ia tidak pernah selama hidupnya menabrakkan mobil dalam kecelakaan. Sementara saat syuting adegan tersebut, ia tidak sengaja telah menghancurkan mobil bersama kameranya. Lantas ia segera meminta maaf kepada tim action dan penuh kerendahan hati ia mengatakan akan menutupi biaya kerusakannya.


16. Don 2 dianggap salah satu film action dengan stylish terbaik dalam sejarah bollywood.

17. Hrithik Roshan sebenarnya pilihan pertama yang akan memerankan karakter Don. Tapi digantikan oleh Shahrukh Khan dan meski tidak jadi, namun di film ini Hrithik sangat senang diajak untuk menjadi cameo.

18. Don 2 sukses besar di Box Office dan berhasil menjadi film bollywood terlaris keempat tahun 2011. Tapi sayang album soundtracknya kurang laku di pasaran.

19. Para kritikus mengulas film ini secara positif, terutama dari sisi kinerja para pemain, sinematografi, desain produksi dan adegan aksinya yang dianggap brilian banget. Itu dibuktikan dalam ajang sekelas Filmfare Award, film ini masuk 5 (lima) nominasi dan berhasil memenangkan 2 (dua) trofi, Best Sound Design dan Best Action.

20. Merokok di Berlin dilarang keras, tetapi mengingat popularitas Shahrukh Khan di kalangan warga Jerman, ia secara khusus diizinkan merokok di salah satu Hotel berbintang di kota Berlin.

21. Peran Shahrukh di film ini bukan hanya menuntutnya sekedar fit aja, tetapi harus atletis, tangguh dan ramping, sehingga sanggup melakukan semua adegan action dengan mudah. Untuk itu, Shahrukh berlatih sangat keras membentuk tubuhnya dan diet protein tinggi.

22. Menurut laporan, Shahrukh Khan yang menyarankan kepada Farhan Akhtar untuk memberikan sebuah peran kepada aktris Lara Dutta. Hal itu dilakukannya sebagai tanda terima kasihnya kepada Lara yang telah main di film Billu, sementara banyak aktris bollywood telah menolaknya.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya!      
advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()