50 Film Underrated Bollywood Yang Wajib Kamu Tonton



Setiap tahun kita berduyun-duyun memenuhi bangku bioskop untuk menyaksikan bintang-bintang bollywood favorit kita yang main dalam film dengan formula slapstik (dagelan) lama yang sama, seperti Dilwale (2015), Rowdy Rathore (2012), Dabangg (2010) dan Ready (2011) - jika disebutkan lagi daftar ini akan semakin panjang, cukup - dan selalu berulang setiap tahunnya dengan judul yang beda.

Pun menurut kamu, film-film tersebut tidak pernah mengecewakan kita karena filmnya memberikan kita hiburan yang menyenangkan - oh! film masala yang menghibur! Namun, dari dulu dan kini, ada juga beberapa film yang tayang di bioskop yang akan mengembalikan kewarasan kita sebagai manusia cerdas.

Pun tidak ada kelangkaan film berkualitas seperti itu di bollywood. Hanya saja kita kurang dapat informasi tentang film-film seperti itu karena kurangnya sensasi pemasaran yang dimunculkan laiknya film komersial - yang kami yakin mereka tidak mau melakukannya, lantas filmnya menjadi tenggelam begitu saja tanpa dihiraukan para penonton.

Berikut, 50 film underrated bollywood yang wajib kamu tonton bagi yang ngaku penonton cerdas dan penyuka film berkualitas.

1. Masaan (2015)


Masaan menampilkan 2 (dua) cerita terpisah di daerah Varanasi (kota suci agama hindu di tepi sungai gangga) tapi yang akhirnya bersatu. Satu, menceritakan perjalanan Devi (Richa Chadha) yang mengalami masalah kehilangan kekasih hatinya dan berusaha mengatasi rasa bersalah atas kematian sang kekasih tercinta.

Kedua, bercerita perjalanan Deepak (Vicky Kaushal), berasal dari keluarga pembakar dalam pemakaman orang hindu di Gats Varanasi. Film ini mendapatkan pujian dari kritikus dan memenangkan beberapa penghargaan dari ajang Festival Film Cannes.

2. Aankhon Dekhi (2013)


Aankhon Dekhi diarahkan sutradara Rajat Kapoor, yang bercerita tentang seorang pria yang memiliki epiphany (momen saat kamu tiba-tiba merasakan bahwa kamu mengerti, atau menjadi tiba-tiba sadar terhadap sesuatu yang penting terhadap kehidupanmu. Atau sebuah pengalaman religius yang luar biasa terjadi) dan bahwa ia hanya akan percaya terhadap apa yang dilihat matanya sendiri.

Sanjay Mishra, yang menjadi pemain utama di film ini telah tampil dengan luar biasa, sebagai seorang patriarki (sistem sosial yang menempatkan lelaki pemegang kekuasaan utama) dari keluarga kelas menengah yang tinggal di Old Delhi.

3. Titli (2015)


Titli adalah anggota termuda dari persaudaraan kelompok kriminal carjacking (pencurian mobil dengan kekerasan dan intimidasi), merencanakan upaya putus asa melarikan diri dari bisnis "keluarga" yang teduh seperti neraka jahanam tersebut. Tetapi rencananya berhasil digagalkan oleh saudara-saudaranya yang kacau dan menikahkannya dengan wanita pilihan hatinya.

Namun sayang, Titli merasa tidak mungkin istrinya, Neelu, bisa dijadikan sekutu dan akan membantunya keluar untuk mengejar impian hidupnya. Lantas apa yang terjadi selanjutnya? Tonton aja, ya! Karena kamu akan disedot ke dalam kehidupan Titli.

4. Filmistaan (2014)


Filmistaan adalah kisah seorang pria penggemar berat film bollywood, bernasib nahas karena kesalahan penculikan dan membuatnya menyeberangi perbatasan saat sedang syuting film. Bahkan ketika ia sudah disandera di Pakistan, baginya satu-satunya harapannya untuk tetap bisa bertahan hidup adalah film bollywood.

Menggembirakan, film ini berhasil membawa pulang trofi dari National Film Award untuk kategori Film Terbaik dalam Bahasa Hindi.

5. Chittagong (2012)


Chittagong disutradarai oleh Bedabrata Pain, yang didasarkan pada pemberontakan Chittagong British India. Film ini dibintangi oleh Manoj Bajpai sebagai pemeran utama pria yang mendapatkan pujian dari para kritikus untuk penampilan cemerlangnya di film ini.

6. Shahid (2013)


Shahid adalah sebuah film biografi yang didasarkan pada kehidupan pengacara terkenal dan aktivis Ham, Shahid Azmi. Fokus terutama film ini pada 2 (dua) kasus besar yang pernah dihadapi pengacara Shahid, yaitu pengeboman kereta api Mumbai tahun 2006 dan serangan bom Mumbai tahun 2008.

Film ini berhasil memenangkan trofi dari ajang National Film Award untuk kategori Aktor Terbaik untuk penampilan brilian Rajkumar Rao dan Hansal Mehta sebagai Sutradara Terbaik.

7. Margarita, With A Straw (2015)


Film ini dibintangi oleh Kalki Koechlin yang memiliki orientasi seks Biseksual dan juga menderita penyakit Cerebral Palsy. Laila, karakter yang diperankan Kalki, mengaku menemukan dirinya sendiri dari film ini. Margarita, With A Straw wajib tonton bagi kamu yang mengaku penyuka film berkualitas dengan kisah yang tak biasa.

8. Gour Hari Dastaan (2015)


Film ini diarahkan oleh Anant Mahadevan, mengangkat kisah seorang pejuang kemerdekaan India dari Odisha, Sri Gour Hari Das. Ia memperjuangkan sertifikat pengakuan atas dirinya sebagai pejuang kemerdekaan yang butuh waktu sampai 3 (tiga) dekade buatnya untuk mendapatkannya. Vinay Pathak yang berperan sebagai pemeran utama diakui luar biasa melakukan pendekatan terhadap karakter sensitif ini.

9. Antardwand (2010)


Film ini didasarkan pada kasus penculikan para lelaki di Bihar. Dimana film ini berhasil menang di National Film Award untuk kategori Film Terbaik mengenai isu sosial yang terjadi. Dan film ini juga mendapatkan pujian dari kritikus film, juga pembuat film komersial seperti Imtiaz Ali dan Rajkumar Hirani.

10. Ugly (2014)


Ugly adalah sebuah film thriller psikologis yang kelam (noir) disutradarai oleh Anurag Kasyap. Film ini menceritakan kisah mengerikan tentang korupsi yang merajalela, ketidakpedulian para pemangku kekuasaan dan kekerasan sistematik yang mulai terungkap ketika gadis cilik berusia 10 tahun dari anak aktor terkenal menghilang.

11. Matrubhoomi : A Nation Without Women (2013)


Film ini berbicara tentang ketidakseimbangan gender di masyarakat dan manyajikan kisah fiksi tentang masa depan ketika jumlah wanita yang tersisa di India sangat sedikit. Film ini adalah pengumuman keras bagi masyarakat yang masih melakukan diskriminasi gender.

12. I Am Kalam (2010)


Seorang bocah mendapatkan inspirasi dari mantan Presiden India, A.P.J. Abdul Kalam dan memutuskan untuk mengubah namanya menjadi Kalam. Di dalam sanubarinya, bocah pedesaan ini mempunyai impian ingin bertemu dengan sang visioner sekali dalam seumur hidupnya. Harsh Mayer yang memerankan Kalam berhasil memenangkan trofi dari National Film Award untuk kategori Artis Anak Terbaik.

NEXT : 50 Film Underrated Bollywood Yang Wajib Kamu Tonton (Part 2)

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW twitter kami juga, ya!
BERIKAN KOMENTAR ()