05 Juni 2018

50 Film Underrated Bollywood Yang Wajib Kamu Tonton Bagi Yang Ngaku Penonton Cerdas Dan Penyuka Film Berkualitas (Part 2)


Lagi, ini dia 50 film underrated bollywood yang wajib kamu tonton bagi yang ngaku penonton cerdas dan penyuka film berkualitas (part 2).

13. Dasvidaniya (2008)



Film ini dibintangi sangat apik oleh Vinay Pathak, yang bercerita tentang kisah seorang pria yang mengetahui bahwa hidupnya tidak lama lagi di dunia, cuma tinggal 3 (tiga) bulan lagi. Dengan demikian ia telah membuat daftar 10 (sepuluh) hal yang harus dikerjakannya sebelum kematiannya. Dasvidaniya mendapatkan pujian selangit dari kritikus film.

14. 15 Park Avenue (2015)



Film ini adalah kisah tentang Meethi, diperankan oleh Konkona Shen Sharma, yang menderita penyakit skizofrenia. Juga, film ini menyoroti hubungan sesama saudara kandung antara Meethi dengan kakaknya, Anjali, diperankan oleh Shabana Azmi. Disutradarai oleh Aparna Sharma, film ini berhasil memenangkan trofi Film National Award dalam kategori Film Fitur Terbaik dalam Bahasa Inggris.

15. Rockford (1999)



Rockford adalah kisah seorang bocah lelaki berusia 13 tahun, Rajesh, yang dikirim ke SMA Rockford Boy. Dimana ia mengalami sukacita dan kesedihan hidup di sekolah asrama pria tersebut, yang harus belajar mandiri tanpa di bawah pengawasan orang tuanya. Disutradarai oleh Nagesh Kukunoor dan melalui karyanya ini ia mendapatkan tepuk tangan dari penonton cerdas.

16. Raincoat (2004)



Pada sore hari yang diguyur hujan, seorang istri yang kesepian bertemu dengan pria yang pernah menjadi tunangannya. Keduanya mengalami kesulitan hidup yang parah dan mencoba untuk saling membantu satu sama lain. Film yang disutradarai oleh Rituparno Ghosh ini berhasil membawa pulang trofi dari ajang National Film Award untuk kategori Film Fitur Terbaik dalam Bahasa Hindi.

17. The Blue Umbrella (2005)



Film ini diadaptasi dari novel karya Ruskin Bond dengan judul yang sama dan disutradarai oleh Vishal Bhardwaj. Ini adalah kisah seorang gadis yang menemukan payung jepang berwana biru dan sangat terpikat oleh keindahannya. Payung itu kemudian hilang sehingga ia menderita patah hati dan mencari pencurinya sampai ketangkap.

18. The Last Lear (2007)



Film ini didasarkan pada drama semi-otobiografi Ulpat Dull dimainkan Aajker Shahjahan. Sementara film ini dibintangi oleh Amitabh Bachchan sebagai Haris, seorang aktor teater Shakespeare yang sudah tua.


19. Manorama Six Feet Under (2007)



Kisahnya, seorang detektif amatiran (Abhay Deol) beraksi di kota sunyi di daerah Rajasthan, lalu menemukan dirinya telah terperangkap dalam jaring kebohongan, penipuan dan pembunuhan. Meski film ini tidak mulus secara komersial tetapi para kritikus sangat menghargai dialog-dialog yang ditulis film ini.

20. Sankat City (2009)



Kisahnya, sekelompok pencuri mobil kelas teri yang tanpa sadar telah masuk dalam daftar hitam sebuah gangster kejam. Sankat City disutradarai oleh Pankaj Advani dan memiliki nuansa dark comedy (komedi hitam).

21. Monsoon Wedding (2001)



Disutradarai oleh Mira Nair, film ini telah dikultuskan selama bertahun-tahun. Berlatar belakang pernikahan, film ini menyoroti berbagai karakter dan kisah mereka. Selain itu, isu-isu tentang pelecehan seks terhadap anak-anak juga diangkat di film ini. Menggembirakan, film ini berhasih meraih trofi Golden Lion dari ajang Festival Film Venesia.

22. Astitva (2000)



Film ini adalah kisah seorang wanita yang masa lalunya kembali padanya setelah kematian guru musiknya. Astitva berhubungan dengan Sauvinisme (paham cinta tanah air (patriotisme) berlebihan) hal-hal yang tertanam kuat dalam masyarakat India (mungkin juga di Indonesia). Disutradarai oleh Mahesh Manjrekar dan dirilis dalam 2 (dua) bahasa, yaitu Hindi dan Marathi.

23. My Brother Nikhil (2005)



My Brother Nikhil adalah kisah seorang pria yang diketahui mengidap virus HIV yang mematikan. Latar tempat film ini di Goa pada akhir tahun 80-an ketika HIV masih sangat tabu di masyarakat India. Nikhil, diperankan Sanjay Suri dikucilkan masyarakat dan hanya menerima dukungan dari kakaknya (Juhi Chawla) dan pacar tersayangnya (Purab Kohli). Pada saat rilis, film ini sempat bikin heboh penggemar dan menjadi salah satu film terbaik pada topik yang diangkatnya.

24. Mirch (2010)



Film yang dibuat oleh Vinay Shukla ini adalah kompilasi dari 4 (empat) cerita pendek yang diatur dalam narasi utama. Kisah-kisahnya terinspirasi dari kisah-kisah Panchtantra (karya sastra berasal dari Khasmir) dan dibayangkan dalam latar belakang kontemporer yang jauh berbeda.

NEXT : 50 Film Underrated Bollywood Yang Wajib Kamu Tonton Bagi Yang Ngaku Penonton Cerdas Dan Penyuka Film Berkualitas (Part 3)

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kamu juga, ya!