10 Film Brilian Bollywood Non Komersial Yang Didasarkan Pada Kejadian Nyata


Perlu kamu tahu bahwa bollywood bukan hanya membuat film yang menimbulkan riak di Box Office. Lalu, untuk membuat sebuah film tentu butuh anggaran yang tak sedikit, tetapi beberapa pembuat film membuktikan kepada kita bahwa anggaran yang sedikit dan kisah yang realistis adalah norma yang baru.

Dengan pertunjukan yang luar biasa dan kisah nyata yang menyegarkan, jelas preferensi penonton telah berubah, yang mana sebagian film ini masih relevan secara sosial. Beginilah seharusnya, industri hiburan bollywood menghasilkan karya-karya spektakuler yang diakui dunia internasional, bukan cuma sekedar hiburan belaka. 

Yuk! Kita lihat beberapa film brilian bollywood non komersial yang didasarkan pada kejadian nyata dan wajib banget kamu tonton, bila kamu mengaku penonton yang cerdas. 

1. Gattu (2012)


Film yang manis ini telah diputar di Festival Film Anak Internasional ke-17. Gattu adalah kisah yang menarik dari seorang anak kecil yang bersemangat tentang layang-layang. Adapun film ini dirilis pada tahun 2012 dan disutradarai Rajan Khosla.

Yang mana film ini mendapatkan perhatian khusus Deutsches Kinderhilfswerk (Yayasan Anak-Anak Jerman) di Film Festival Internasional Berlin ke-62. Ini benar-benar sebuah cerita sederhana yang memiliki pengaruh kuat, menerima pengakuan dan pujian, sehingga wajib kamu tonton. 

2. Peddlers (2012)


Film ini berlatar belakang kota Mumbai dan sayangnya tidak pernah dirilis. Namun bagi yang pernah nonton, mengaku film ini sangat menyentuh dari sisi skenario dan karakterisasinya, sehingga termasuk salah satu yang terpilih di International Critic's Week. 

Kisahnya berkisar sekitar anak-anak miskin berusia 20 tahun yang terjebak dalam narkoba, dimana Polisi selalu mengintai, mengejar dan menangkapi mereka. Film ini ditulis dan disutradarai oleh Vasan Bala dan karakter utama film ini dimainkan apik oleh Gulshan Devaiah

3. Liar's Dice (2013)


Dibintangi aktor berkelas Nazawuddin Siddiqui dan film ini menjadi wakil resmi dari India untuk memperebutkan piala Oscar dalam ajang Academy Award ke-87, untuk kategori film berbahasa asing terbaik, tetapi sayang tidak masuk dalam nominasi. 

Film drama jalanan ini mengangkat kisah tentang isu-isu nyata yang beredar luas dan menjadi rahasia umum tentang biaya migrasi manusia ke kota-kota lain dan dengan keji mengeksplotasi mereka. Film ini diputar di Sundance Film Festival pada tahun 2014 dan berhasil membawa pulang trofi dari ajang National Film Awards dalam kategori Aktris Terbaik dan Sinematografi Terbaik. 

4. Laal Rang (2016)


Film ini berlatar belakang Haryana yang dibintangi oleh Randeep Hooda dan Akshay Oberoi. Ini adalah film action kriminal yang menyoroti kejahatan serius di tempat penampungan hasil donor darah (Bank Darah), sesuatu yang berefek ke banyak orang. 

Laal Rang disutradarai oleh Syed Ahmad Afzal dan aktris Piaa Bajpai memainkan pemeran utama wanita di film ini. Menggembirakan, film ini menerima sambutan hangat di Box Office ketika dirilis pada tahun 2016. 

5. Parched (2016)


Film yang dibintangi oleh Radhika Apte ini diputar di Film Festival Toronto Tahun 2015. Parched diproduseri oleh aktor tenar Ajay Devgan di bawah spanduk rumah produksinya, Ajay Devgan Films. Kisahnya membahas masalah-masalah yang dihadapi wanita di wilayah barat laut India, yang masih terkungkung tradisi lama, seperti kawin paksa terhadap anak-anak dan masalah sosial lainnya. 

6. Poorna (2017)


Film ini didasarkan pada kisah nyata seorang gadis cilik berusia 13 tahun yang berhasil mendaki gunung tertinggi di dunia, Mount Everest. Poorna disutradarai oleh Rahul Bose yang menceritakan kisah Poorna Malavath yang telah berhasil mengguncang dunia. 

Film ini menunjukkan kepada kita bahwa semangat dan tekad baja akan membuat kita bisa mendapatkan apapun yang kita inginkan di dunia ini. Seperti yang telah dilakukan gadis berusia 13 tahun di film ini, Poorna. 


7. Mukti Bhawan (2017)


Film ini menyoroti kepercayaan yang tidak perlu dipertanyakan dalam kehidupan setelah kematian. Sebagian besar film ini syuting di jalan-jalan daerah Banaras atau dikenal juga Varanasi (kota suci agama Hindu di tepi sungai gangga), yang membahas tentang kematian dan kisah para pendeta yang membantu orang mencapai Nirvana (terbebas dari nafsu atau secara harfiah terbebas dari kemelekatan). 

8. Kadvi Hawa (2017)


Perubahan iklim ekstrim yang terjadi di bumi tempat tinggal kita ini telah mendorong meningkatnya aksi bunuh diri para petani di India. Film ini membahas 2 (dua) topik yang saling berkaitan, sehingga Kadvi Hawa mendapatkan perhatian khusus pada ajang National Film Award ke-64.

Perubahan iklim menyebabkan tanah mengalami kekeringan, sehingga para petani miskin tidak dapat menghasilkan uang untuk biaya sehari-hari mereka, terus menyebabkan mereka melakukan aksi bunuh diri massal. Film ini disutradarai oleh Nila Madhab Panda dan Sanjay Mishra memainkan pemeran utama.

9. Anaarkali Of Aarah (2017)


Film ini menyotori kisah perempuan yang berjuang keras untuk bisa tetap bertahan hidup dalam masyarakat khas India yang didominasi lelaki. Anaarkali Of Aarah disutradarai oleh seorang mantan jurnalis bernama Avinash Das.

Tidak jarang bollywood mengangkat topik mengenai permberdayaan wanita dan kesetaraan gender seperti film ini. Dimana tokoh pratogonis film ini sangat apik dimainkan oleh Swara Bhaskar. Bagi kamu yang berfikiran kritis dan aktivis sosial wajib banget nonton film ini.

10. Shab (2017)


Diarahkan oleh sutradara pemenang National Film Award, Onir dan juga termasuk salah satu dari sedikit pembuat film yang beriorentasi seks sesama jenis atau gay di industri bollywood. Film drama romantis ini menggambarkan gelapnya kompleksitas hubungan manusia.

Dibintangi oleh aktris senior Raveena Tandon dan mengangkat kisah cinta tak biasa yang didalamnya dibumbui pengkhianatan yang kerap terjadi pada hubungan apapun, film ini wajib kamu tonton bagi kamu yang ingin topik baru. 

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya!
advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()