07 Juli 2018

10 Lagu Cinta Terbaik Bollywood Tahun 2000-an Yang Mestinya Ada Dalam Playlistmu Selamanya


Tahun 2000-an diakui sebagai era audiovisual karena promosi lagu dilakukan melalui televisi dan media digital. Meski banyak orang yang masih lebih suka menonton DVD, akan tetapi revolusi internet mau tidak mau perlahan-lahan membuat kita beralih ke era internet yang dinilai lebih mudah diakses.

Gelombang baru ini penyanyi sensansional seperti Atif Aslam dan Shreya Ghoshal disambut gegap gempita para pecinta lagu-lagu bollywood dan mendapat tempat di hati. Popularitas mereka berada pada posisi puncak dengan bakat bernyanyi mereka yang benar-benar brilian dan juga lagu-lagu mereka yang hits dan mudah diingat.

Jadi, mari kita sejenak kembali ke era tahun 2000-an, masa yang luar biasa mendengarkan lagu-lagu cinta terbaik bollywood.

1. Suraj Hua Maddham - Kabhi Khushi Kabhie Gham (2001)


Shahrukh Khan dan Kajol menari di sekitar Piramida di Mesir dalam video lagu ini, yang kami percaya tidak ada yang lebih romantis dari pada ini.

Lagu ini menjadi salah satu aransemen terbaik dari Sandesh Shandilya dan lirik terindah yang ditulis oleh Sameer. Apalagi vokal penyanyinya membuat kita yang mendengarnya merasakan keteduhan dan jatuh hati lagi.

Faktanya, penyanyinya, Sonu Nigam berhasil membawa pulang trofi Penyanyi Playback Pria Terbaik dari IIFA Awards dan Zee Cine Awards pada tahun 2012.

Rakesh Budhu salah seorang kritikus musik dalam ulasannya di planet bollywood memuji lagu ini setinggi langit.

2. Saathiya - Saathiya (2002)


Aslinya, lagu ini diaransemen oleh komposer kenamaan, A.R Rahman berjudul Pachchai Nirame (Sakiye) untuk film Tamil, Alaipayuthey, dimana lagunya dinyanyikan oleh Hariharan. Sementara versi bollyoodnya dinyanyikan oleh Sonu Nigam, keduanya sama-sama memukaunya.

Berkat lagu ini Sonu Nigam memenangkan penghargaan Penyanyi Playback Pria Terbaik pada ajang IIFA Awards dan Zee Cine Awards.

Dalam video klipnya Vivek Oberoi menunjukkan betapa ia telah jatuh cinta kepada Rani Mukherji dan selalu menyanjungnya. Ini sesuai dengan liriknya yang sempurna menggambarkan karakter Rani, seorang gadis polos yang pantas untuk dicintai.

Shom Chivikula dalam ulasannya di rediff berkata, "Salah satu lagu terbaik Sonu Nigam, musik dan vokalnya sama-sama mengesankan."

3. Jadu Hai Nasha Hai - Jism (2003)


Lagu Shreya Ghoshal ini sangat populer, sehingga ia berhasil menyabet penghargaan Penyanyi Playback Wanita Terbaik dari beberapa ajang penghargaan bergengsi bollywood seperti IIFA Awards dan Zee Cine Awards.

Dalam videonya, John Abraman dan Bipasha Basu berada di pantai indah berhasil menciptakan suasana yang sempurna untuk beromantis. Apalagi, itu ditambah vokal yang mengisi lagu ini berhasil menggambarkan bahwa cinta itu benar-benar memabukkan.

Deepa Gumaste dari Rediff memuji lagu ini dan mengakui musikmya benar-benar memikat.

4. Main Yahaan Hoon - Veer Zaara (2004)


Sutradara terkenal Yash Chopra dengan film ini telah berhasil menciptakan momen yang emosional dan memorable banget dalam sejarah bollywood.

Kita telah menyaksikan sendiri bagaimana seorang Zaara (Preity Zinta) yang telah jatuh cinta kepada Veer, selalu terbayang akan sosok Veer (Shahrukh Khan) dan merasakan kehadiran Veer setiap saat. Hal ini jelas menekankan kepada kita, kalau kita jatuh cinta kepada seseorang, maka dipastikan ia akan bersemayam dalam fikiran kita setiap saat.

Musik lagu ini diaransemen sangat brilian oleh Madan Mohan, yang sedikit diubah oleh anaknya, Sanjeev Kohli. Kritikus Subhash K Jha dalam ulasannya di indiaglitz berpendapat bahwa musik lagu ini sangatlah indah.

5. Mere Haath Mein - Fanaa (2006)


Chemistry Aamir Khan dan Kajol sebagai Rehaan dan Zooni di film ini benar-benar fenomenal.

Mere Haath Mein adalah sebuah lagu yang menyenangkan untuk didengarkan berulang kali, dimana lagu ini menyampaikan pesan bahwa dunia ini tampak serasa seperti surga bagi dua kekasih yang sedang berbunga-bunga.

Bagian terbaik lagu ini, sepenggal puisi yang dibacakan oleh pemain utama film ini, menggambarkan betapa indahnya bulan di langit hitam setelah kita menemukan orang yang kita cintai.

6. Maula Mere Maula - Anwar (2007)


Ini salah satu aransemen musik terbaik dari Mithoon yang telah ditonton sekitar 92 juta di Youtube.

Salah satu penonton Youtube, Sidharta Bhagat berkomentar, "Lagu ini benar-benar menyentuh banget dari sedikit lagu terbaik belakangan ini. Setiap nadanya benar-benar menakjubkan."

Jelas, lagu ini menyentuh banget gegara diperkaya vokal Roop Kumar Rathod yang romantis, menenangkan dan relegius. Apalagi ditambah lirik indah yang ditulis oleh Sayeed Qadri, yang menyajikan betapa menariknya cinta.

7. Yeh Ishq Hai - Jab We Met (2007)


Kareena Kapoor yang memainkan karakter Geet terlihat riang gembira, berlari dan menari di daerah Manali yang indah.

Dalam videonya, Kareena menggoda Shahid Kapoor (Aditya) yang terlihat kusut disebabkan patah hati. Chemistry mereka di film ini benar-benar dapet banget.

Lirik lagu ini menunjukkan ke kita bahwa cinta itu perasaan surgawi yang menakjubkan.

Mari kita bertepuk tangan yang meriah buat Pritam yang telah mengaransemen lagu ini dan vokal Shreya Ghoshal yang tidak ngebosanin.

8. Pehli Nazar Mein - Race (2008)


Dalam videonya, Bipasha Basu dan Akshaye Khanna menari di atas kapal pesiar, beromantis di sirkuit balap dan mengendarai mobil sport. Jelas, itu mencerminkan fantasi penonton betapa enaknya hidup bergelimang harta dan memiliki seseorang yang istimewa dalam hidup ini.

Jonginder Tuteja dalam ulasannya di bollywood hungama berkomentar, "Lagu ini bergaya barat tetapi melodinya bergaya bollywood yang membuat lagu romantis ini wajib kamu dengar."

9. Tujh Mein Rab Dikhta Hai - Rab Ne Bana Di Jodi (2008)


Sepenggal liriknya, "Aku melihat Tuhan dalam dirimu, Apa yang harus kuperbuat? Kepalaku terntunduk sujud menyembahmu, Apa yang harus kuperbuat."

Dalam videonya, seorang pria biasa Raj aka Surinder (Shahrukh Khan), membawa istrinya Taani (Anushka Sharma) ke rumah-rumah ibadah agama.

Pesan moral lagu ini menyoroti bahwa cinta itu sangatlah mendalam seperti spritualitas.

10. Tera Hone Laga Hoon - Ajab Prem Ki Ghazab Kahani (2009)


Duet penyanyi Atif Aslam dan Alisha Chinai untuk lagu ini unik dan luar biasa. Liriknya menggambarkan bagaimana seorang pria bernama Prem (Ranbir Kapoor) telah jatuh cinta kepada seorang gadis cantik bernama Jenny (Katrina Kaif) setelah bertemu dengannya.

Setiap bait lirik lagu romantis ini memaksa pendengar untuk memegang erat tangan pasangannya (kalau jomblo pegang ponsel yang erat aja ya).

Music India memuji lagu ini dan berkata, "Atif Aslam kali ini terndengar sangat fantastis. Dan ia didukung oleh Alisha Chinai yang memiliki vokal sangat manis. Secara musikal, lagu ini sangat lembut, merdu dan easy listening."

Selain 10 lagu cinta terbaik di atas, penyanyi Rahat Fateh Ali Khan juga diakui telah memberikan dampak yang besar pada era 2000-an dengan sejumlah lagu hits-nya, diantaranya : Jiya Dhadak (Kalyug, 2005), Teri Ore (Singh Is Kinng, 2008), O Re Piya (Aaja Nachle, 2007), Bol Na Halke Halke (Jhoom Barabar Jhoom, 2007) dan Lagi Maan Ki Lagan (Paap, 2003).

Terus, tambahan sejumlah lagu cinta terbaik dari tahun 2000-an yang juga mesti ada dalam playlistmu, sebut saja : Tere Bina (Guru, 2007), Hey Shona (Ta Ra Rum Pum, 2007), Na Tum Jaano Na Hum (Kaho Na Pyaar Hai, 2000), Dil Ne Yeh Kahan Hai Dil Se (Dhadkan, 2000), Humko Humise Churalo (Mohabbatein, 2000), Tumhe Jo Maine Dekha (Main Hoon Na, 2004), Tauba (Chalte Chalte, 2003) dan O Re Chori (Lagaan, 2001).

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya!