01 Juli 2018

18 Fakta Menarik Tentang Film Dear Zindagi (2016) Yang Kami Berani Bertaruh Belum Kamu Tahu


Apakah kamu cewek bertubuh pendek, manis, mood sering berubah-rubah dan tidak dapat diprediksi? Tapi jujur, tanpamu kami bukanlah siapa-siapa. Pada dasarnya kita lahir di dunia fana ini untuk menjalani kehidupan dengan sebaik mungkin.

Saatnya dan pertama kalinya, film bollywood khusus menguak dimensi kehidupan, komplikasinya dan ketidakpastiannya. Film tersebut tak lain dan tak bukan adalah Dear Zindagi (2016), yang dibintangi aktris muda berbakat Alia Bhatt dan mega bintang Shahrukh Khan.

Sebelum membahas fakta-fakta menarik tentang film ini, penting banget kita untuk menyadari tentang kehidupan ini? Jelas, kehidupan bukanlah sebuah buku dongeng, tetapi buku kehidupan dipenuhi dengan onak dan duri. Sebagian orang sangat beruntung dapat melewatinya dengan suka cita, karena mereka tidak hidup lama, sehingga mereka tidak perlu bertarung lebih lama dengan kehidupan ini.

Jelas, bertarung dengan kehidupan tidaklah sesedarhana yang pernah kita fikirkan. Dimana kita harus bertarung habis-habisan dengan kehidupan ini untuk dapat hidup bahagia. Jika kita menyerah lebih awal, jelas kita akan kalah. Ingat! Kemenangan terbesar kita dalam hidup ini adalah membuat bahagia orang yang kita sayangi dan memastikan kelangsungan hidup mereka.

Simak beberapa fakta menarik tentang film Dear Zindagi (2016) yaang kami berani bertaruh belum kamu tahu.

1. Dear Zindagi menjadi film pertama Ali Bhatt memainkan peran sentral, yang menjadi fokus utama cerita film ini. Sementara Shahrukh Khan dan Kunal Kapoor memainkan peran yang cukup penting di film ini.

2. Pula film ini adalah sebuah mimpi yang menjadi kenyataan buat Alia Bhatt, karena sebelumnya ia selalu ingin sekali main film bareng dengan Shahrukh Khan.

3. Pengarah musik, Amit Travedi, telah memberikan lagu-lagu yang begitu menenangkan dalam film ini. Sebelumnya, film terakhir dimana ia mengarahkan musik soundtracknya adalah film English Vinglish, karya sutradara Gauri Shinde.

4. Perlu kamu tahu Alia Bhatt cuma terpaut beberapa tahun lebih tua dari putri Shahrukh Khan, yaitu Suhana Khan. Namun, Alia dan Sharhukh di film ini chemistry mereka begitu menyegarkan. Film ini bukanlah komedi romantis, tapi berorientasi membawa pesan tentang esensi feminisme.

5. Dulu, Shahrukh telah memperkirakan Alia akan menjadi bintang film populer. Pun ramalannya terbukti benar, malah ia telah bekerja bareng dengan Alia di film ini.

6. Awalnya, Shahrukh ragu-ragu untuk main film ini. Sepanjang karirnya, ia baru diketahui bekerja bareng dengan satu orang sutradara wanita, yaitu Farah Khan - yang filmnya tidak pernah menyampaikan pesan-pesan feminisme. Ya, Dear Zindagi menjadi film pertama Shahrukh Khan mengambil sudut pandang feminim, yang disutradarai wanita pula.

7. Setelah Shahrukh yakin banget dengan film ini, malah ia bukan hanya setuju akan memainkannya, tapi menyatakan keinginannya memproduksinya. Lantas, ini juga menjadi satu-satunya yang diproduksi Chillies Entertainment (milik Shahrukh) dimana ia tidak memainkan karakter sentralnya.

8. Meskipun Shahrukh tahu bahwa ia jauh lebih tua dari Alia Bhatt dan telah mengenal Alia sejak berusia 2 (dua) tahun. Tapi Shahrukh memperlakukan Alia sebagai wanita dewasa di lokasi syuting. Selama syuting, Shahrukh dan Alia sering berbagi pengalaman di luar naskah film.


9. Shahrukh Khan pertama kali melihat Alia ketika ia mengunjungi lokasi syuting film Chaahat (1996), yang disutradarai oleh Mahesh Bhatt (Ayah Alia). Saat itu usia Alia baru berusia 2 (dua) tahun dan seperti anak kecil lainnya, ia banyak bicara serta cari-cari perhatian kepada semua orang. Nah! Pada saat itulah Shahrukh mengutarakan kepada Mahesh kalau putrinya suatu hari nanti akan menjadi bintang.

10. Ada 3 (tiga) nama aktor dalam daftar impian Alia, yaitu Shahrukh Khan, Salman Khan dan aktor hollywood, Hugh Jackman. Satu aktor telah terwujud, sisanya 2 aktor lagi, mungkin Salman Khan berikutnya, karena lebih besar peluangnya.

11. Karakter yang dimainkan Alia sebagai Kaira, sebagian didasarkan pada patah hati pertama yang dialami sutradara Gauri Shinde. Sehingga Alia telah memasukkan beberapa tingkah laku Gauri bahkan gaya bicaranya ke dalam karakternya.

12. Meskipun suami Gauri, R. Balki juga sibuk banget menggarap film Ki & Ka (2016), tapi ia selalu hadir dan mendukung penuh istrinya dalam membuat film ini dalam segala hal. R. Balki bukan hanya duduk menemaninya dan memerhatikan rincian keuangan, tapi ia juga bertindak menelpon Shahrukh menawarkan peran di film ini, juga membuatkan janji bertemu antara Shahrukh dengan istrinya untuk membicarakan dan membahas film ini lebih lanjut.

13. Shahrukh Khan diketahui salah satu penggemar berat aktris Sridevi dan mengaku menyukai film English Vinglish (2012), yang diarahkan oleh Gauri Sindhe. Disamping itu, meski Shahrukh tahu bahwa Alia yang akan menjadi sentral di film ini, ia tetap setuju-setuju aja memainkan peran sebagai Jehangir Khan.

14. Amit Travedi ternyata satu-satunya pilihan Gauri Shendi untuk mengarah musik film ini. Bahkan Gauri mengatakan setiap film yang diarahkannya, Amit harus menjadi pengarah musiknya. Itu sama seperti Ilaiyaraja, pengarah musik favorit suaminya, R. Balki.

15. Film ini didukung Rumah Produksi besar sekaligus, yaitu milik Shahrukh Khan, Karan Johar dan R. Balki. Tapi mereka percaya film ini akan secara bertahap dan pelan mencapai puncak popularitas. Dalam artian film ini lebih besar berada dalam wilayah Kundan Shah-Ketan Mehta dalam karir film Shahrukh Khan dari pada Farah Khan-Rohit Shetty.


16. Sebagian besar gambar film ini diambil di Goa. Rencananya, film ini juga akan syuting di Singapura, tapi batal karena beberapa alasan.

17. Adegan Alia jatuh dari sepeda terinspirasi dari kejadian nyata. Jadi, kejadian itu terjadi di lokasi syuting film ini dan akhirnya diputuskan digunakan di film ini lantaran dinilai sangat menarik.

18. Ada tuduhan film ini telah melanggar hak cipta milik orang lain. Dimana diyakini bahwa film ini mengambil atau menjiplak terlalu banyak dari program TV Kanada, Being Erica, tetapi pembuat film ini dengan tegas membantah tuduhan tersebut.

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE Halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya!