19 Fakta Menarik Tentang Ghajini (2009), Film Romantis Aamir Khan Yang Sukses Bikin Air Mata Meleleh


Kisahnya, seorang pengusaha kaya bernama Sanjay Singhania (Aamir Khan) kehilangan ingatan jangka pendeknya setelah mengalami peristiwa mengerikan, dimana kekasih hatinya, Kalpana (Asin), tewas mengenaskan. Lalu, Sanjay menuntut balas dendam kepada para penjahat. Banyak cara yang ia lakukan untuk mengingat-ingat peristiwa tersebut, seperti mentato badannya tertera nama bos penjahat, tempat kejadian dan nomor ponsel. Selain itu, ia juga kerap membawa kamera, memoto orang yang baru ia kenal dan menulis catatan penting dalam hidupnya.

Penasaran seperti apa kisah lengkapnya? Tonton aja ya, dost! Dipastikan air matamu meleleh dan dadamu terasa nyesek banget.

Simak beberapa fakta menarik tentang Ghajini (2009), film Aamir Khan yang berhasil pecahkan rekor dalam sejarah bollywood.

1. Nomor Ponsel yang tertulis di tubuh Aamir Khan yang ditampilkan di film ini ternyata nomor asli yang digunakan seorang wanita di Bangalore. Jadi setelah film ini dirilis, ia banyak mendapatkan panggilan dan SMS. Apalagi itu ditambah distributor dalam memasarkan film ini telah banyak menyebar poster Aamir Khan yang bertato dan dengan sangat jelas terlihat nomor ponselnya sebelum rilis film ini.

2. Ghajini menjadi film pertama India yang diberi sertifikat UA karena banyaknya adegan kekerasan bukan konten seksual.

3. Sebenarnya film ini remake dari film Telugu, Ghajini (2005), yang terinspirasi dari film Memento (2000), karya sutradara kondang Christoper Nolan.

4. Sebenarnya produser tidak tertarik untuk mengontrak aktris India Selatan yang akan menjadi lawan main Aamir Khan di film ini. Tapi Aamir bersi keras agar Asin - pemain utama wanita versi Telugu - tetap dipertahankan, lantas produser mengalah dan setuju, padahal sebelumnya produser telah berharap banget aktris Priyanka Chopra yang akan memainkan peran Kalpana di film ini.

5. Setelah menonton versi Tamilnya, Ghajini (2005), Aamir sangat terkesan dengan ceritanya dan kinerja Asin. Maka ia memutuskan terlibat sepenuhnya dalam remake bollywood-nya dan secara pribadi yang meminta aktris Asin kembali memainkan peran yang sama di film ini.

6. Menurut Aamir Khan, satu-satunya film Tamil yang pernah ia tonton selain Ghajini (2015) adalah Nayakan (1987), yang dibintangi superstar India Selatan, Kamal Hassan.

7. Meskipun ini adalah remake dari film Tamil, Ghajini (2005), tapi klimaks dan beberapa karakter dalam film ini telah ditulis ulang naskahnya.

8. Meski Aamir mengaku sangat terkesan dengan aksi, cerita, skenario dan kisah cinta, setelah menonton versi tamil, Ghajini (2005). Namun, ia masih agak ragu main di film ini atau tidak. Tapi aktor Suriya - aktor utama versi Tamil - terus menyakinkannya untuk memainkan film ini, dan mengatakan kepadanya bahwa ia satu-satunya aktor bollywood yang dapat memainkan karakter Sanjay Singhania secara adil dan apik. Pun akhirnya Aamir yakin banget main di film ini setelah ia bertemu dan berbicara empat mata dengan sutradara film ini, A.R Murugodass.

9. Di poster film ini yang disebarkan secara luas menampilkan gambar Aamir Khan yang kekar berotot dengan perut six-pack. Juga, semua video promosi film ini memperlihatkan adegan Aamir yang bertelanjang dada. Ditambah lagi, Aamir memposting sebuah video saat ia berlatih keras di gym dan sedikit memberikan tips kepada penonton.

10. Ya, klimaks film ini telah ditulis ulang yang ternyata ditulis oleh Aamir Khan sendiri. Seluruh lokasi, insiden dan dialog untuk klimaksnya telah dipoles habis oleh Aamir dan menganggap versi film ini jauh lebih baik dari pada versi tamil-nya.

11. Anil Kapoor mengungkapkan fakta menarik dalam sebuah wawancara ketika ia bertemu dengan Christoper Nolan di Hollywood, rupanya Nolan marah banget film ini sama sekali tidak mencantumkan namanya atau memberikannya uang dikarenakan filmnya, Memento (2000), telah menjadi sumber inspirasi untuk film ini. Tapi setelah pembuat film ini dan Nolan berbicara empat mata, semuanya beres seketika.

12. Ghajini menjadi debut film aktris cantik Asin di bollywood, sebelumnya ia  telah beberapa kali main di film Tamil.


13. Gaya berpakaian yang dikenakan Aamir Khan di film ini dari clothing Van Heusen. Sebelum film ini akan rilis, Van Heusen memutuskan meluncurkan koleksi baju-baju terbaru mereka yang bertema film ini dan menamakannya The Ghajini Colection.

14. Semasa anak-anak, aktris Jiah Khan sangat mengidolai Aamir Khan setelah menyasikan film Rangeela (1995). Debut film bollywood Jiah Khan yaitu Nishabd (2007), disutradarai oleh Ram Goval Varma, yang juga sutradara fim Rangeela. Nah! Film ini sebagai film kedua Jiah Khan, dimana ia merasa sangat senang banget bisa bekerja bareng dengan idolanya, Aamir Khan. Sedihnya, setelah membintangi film Housefull (2010) dan telah menjadi film terakhirnya, karena pada tahun 2013 ia ditemukan tewas gantung diri di rumahnya, Mumbai.

15. Sebelum Jiah Khan dipilih memainkan peran sebagai Sunita di film ini, awalnya aktris berbakat Konkona Sen Sharma yang pertama kali ditawarkan, tapi sayang banget ia menolaknya.

16. Gila! Banyak penggemar meniru gaya rambut Aamir Khan di film ini, yaitu gaya rambut yang kepalanya ada goresan panjang bekas jahitan dan rambutnya dicukur tipis, dimana mereka menyebutnya The Ghajini Cut. Beberapa lembaga pendidikan lantas saja melarang keras gaya rambut tersebut, karena dianggap sangat jelek buat para pelajar dan menurunkan ruputasi sekolah atau perguruan.

17. Sejarah nih! Ghajini menjadi film pertama bollywood yang berhasil meraup pendapatan menembus angka 100 crore di pasar domestik atau India. Setelahnya, mulailah trend Club 100 (film yang pendapatannya di atas 100 crore) yang prestisus.

18. Lagu romantis Guzaarish salah satu soundtrack film ini syutingnya dilakukan di Skeleton Coast, Namibia.  Tempat itu menjadi lokasi syuting film Tamil berjudul (2009), yang dibintangi aktor asli Ghajini yaitu Suriya.

19. Dalam versi bollywood Aamir Khan memainkan peran pratogonis, sementara versi Tamil dimainkan oleh Suriya. Nah! Dalam film Aamir Khan lainnya sebut saja Taare Zaamen Par (2007), Suriya yang memainkan peran Aamir dalam versi Tamil film tersebut.

20. Ada bagian dari film ini terinspirasi dari film sutradara Manoj Kumar, Sajan (1969)

Yuk! SHARE artikel ini via Facebook atau Twitter kamu. Dan jangan lupa, LIKE halaman Facebook dan FOLLOW Twitter kami juga, ya!      
advertisement
BERIKAN KOMENTAR ()